Urbanhire Jobseeker

Yang Harus Diperhatikan Saat Cari Kerja Di New Normal

22

Jun 2020

Urbanhire – Ketika kamu ingin cari kerja di new normal, kamu harus perhatikan beberap hal ini. Tetapi sebelum membahasnya, kamu pasti sudah tahu kalau pandemi ini membuat sebagian rekan-rekanmu atau bahkan kamu mengalami PHK. Engga main-main, jumlah yang di PHK saat ini sudah lebih dari 3 juta karyawan. Mau tidak mau saat ini kamu dan rekan-rekanmu yang terkena PHK harus mencari pekerjaan baru kan? Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika cari kerja di new normal.

Dari Offline Menjadi Online

Ketika kamu sedang cari kerja di new normal, yang harus kamu perhatikan adalah perubahan di dunia kerja. Sebelum terjadi pandemi, banyak pekerjaan yang dikerjakan secara konvensional atau offline. Nah sekarang mulai banyak bergeser atau berubah. Dunia kerja mulai bergeser ke online. Kamu bisa lihat saat ini, jika ada tes atau interview pekerjaan pasti beralih ke online. Selain itu banyak lowongan pekerjaan yang memberikan persyaratan bisa bekerja secara online. Untuk itu kamu harus mempersiapkan peralatan yang mendukung ketika kamu harus online (tes/bekerja).

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kuning Untuk Mencari Kerja

Meningkatkan Kemampuan Teknologi & Digital

Masih berkaitan dengan hal pertama yang sudah dibahas. Ketika kamu sedang cari kerja di new normal dan ketika semua berubah menjadi online kamu harus mengimbanginya dengan meningkatkan kemampuan teknologi dan digital kamu. Kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam hal digital marketing terutama untuk kamu yang terjun di bidang penjualan. Ingat ketika masa seperti saat ini hanya memiliki satu kemampuan atau skill tidak lah cukup untuk bersaing saat mencari pekerjaan. Banyak saingan kamu yang memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri saat perusahaan berhenti melakukan perekrutan. Jadi kamu harus dan wajib memiliki kemampuang yang banyak untuk bersaing di masa seperti ini

Mulai Sadar Akan Dana Darurat

Hal yang terakhir ketika kamu cari kerja di new normal adalah memiliki rencana atau perencanaan finansial khususnya dana darurat. Pandemi ini memberikan hikmah bahwa pengaturan finansial sangat penting terutama harus memiliki dana darurat jika terjadi kondisi seperti ini. Kamu harus mulai mengatur keuanganmu dan menyiapkan dana darurat karena kondisi seperti ini penuh dengan ketidakpastian. Dan kamu juga harus pandai mengatur keuangan ketika mencari pekerjaan di tengah pandemi ini.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mencari pekerjaan di masa new normal ini. Kamu juga bisa mencari pekerjaan tanpa keluar rumah melalui Urbanhire. Agar kamu cepat mendapat panggilan sebaiknya kamu lengkapi profil kamu sebelum melamar sebuah pekerjaan. Untuk pengguna smartphone android kamu bisa download aplikasi Urbanhire Jobseeker jika kamu ingin mencari pekerjaan sambil bersantai tanpa harus membuka laptop kamu.