Urbanhire Jobseeker

Wajib Tahu! Dunia Kerja Butuh Orang-Orang Seperti Ini

5

Aug 2019

Wajib-Tahu-Dunia-Butuh-Orang-Orang-Seperti-Ini-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Hi Jobseeker!! Selama 2 bulan kedepan, Urbanhire bekerja sama dengan IGN punya serial blog menarik tiap pekannya. Kami mau memberikan tips-tips yang bisa membuat kamu makin bersinar di masa-masa produktif ini. Siap ya?

Pada blog hari ini, kita akan sama-sama tahu orang seperti apa sih yang sebenernya dicari oleh perusahaan-perusahaan keren di luar sana? Ini dia rahasianya, spesial buat kamu.

  1. Orang Yang Sudah Selesai Dengan Dirinya

Apa kira-kira yang terpancar dari orang-orang besar di skala nasional maupun internasional? Saat mereka diwawancara, diajak bicara, bahkan bekerja sama, ada satu kesamaan dalam diri mereka. Mereka adalah orang orang yang bergerak karena sebuah misi hidup. Mission Driven.

Sebut saja Nadiem Makarim, yang tergerak untuk membantu para tukang ojek—dan sekarang berevolusi menjadi membantu memudahkan dan mensejahterakan kehidupan orang indonesia. Begitu pula dengan Achmad Zaki, pendiri Bukalapak yang sejak awal fokus pada peningkatan derajat UMKM. Mereka adalah salah dua dari sekian banyak orang Hebat yang Sudah selesai dengan dirinya sendiri.

Bagaimana denganmu? Apa yang ingin kamu capai? Apakah kamu sudah selesai dengan dirimu sendiri?

Selesai dengan diri sendiri erat kaitannya dengan tahu apa misi hidup yang ingin dijalani. Namun, tidak terbatas di situ, mereka yang sudah selesai dengan dirinya sendiri mampu mengendalikan dan memberikan yang terbaik untuk dirinya, jika dalam istilah modern mereka adalah orang orang yang punya mindfullness.

Mereka yang sudah selesai dengan dirinya sendiri adalah mereka yang sudah paham betul akan adab dasar dalam kehidupan. Adab sudah menjadi bagian dari dirinya yang tak bisa dipisahkan. Jika kamu sudah selesai dengan diri sendiri, maka perjalananmu di dunia kerja akan menjadi lebih bermakna. Kamu akan bekerja di tempat yang sesuai dengan misi hidupmu dan akan sangat menikmati setiap mili pekerjaan yang dilakukan di sana.

 

  1. Orang Yang Respect sama 3 Hal Ini

Pernah mendengar bahwa kunci kesuksesan seseorang tergambar dari bagaimana ia memperlakukan dan menaruh hormat pada 3 hal kunci dalam kehidupan: Waktu, Orang Lain, dan Sistem.

Respect to time. Ketika ada sebuah janji jam 7 pagi. Orang yang memiliki ini akan punya prinsip “jam 7 adalah jam 7” dan “lebih awal lebih baik”. Bisa dipastikan ia punya niatan untuk telat karena ia yakin setiap yang terlibat dalam perjanjian itu sudah bersusah payah mau mengorbankan aset paling berharga dalam kehidupan untuk sebuah pertemuan.

Respect to people. Akan ada suatu masa di mana kamu akan berhadapan dengan orang yang jauh lebih muda, lebih tidak berpengalaman, atau lebih tidak bisa diandalkan. Lebih mengejutkannya lagi, bahkan bisa saja dia menjadi atasanmu. Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah ia juga manusia yang layak dihormati sebagaimana dirimu juga butuh dihormati.

Respect to system. Aneh tapi nyata, kamu mungkin sering mendapati kejadian di mana kelompokmu sudah menyepakati sebuah hal bersama namun salah satu di antaranya bisa dengan mudahnya mengabaikan hal tersebut. Kesepakatan sudah dibentuk, sistem sudah terwujud, namun selalu ada orang yang tidak siap meski secara sadar sudah ikut menyetujuinya. Semoga kita bisa berbenah ya.

 

  1. Orang Yang Fokus Terhadap Hal Hal Penting

Sering menemukan orang-orang yang bicara soal orang lain yang tidak dia sukai? Ya, sering! Bagaimana kalau pembicaraan itu dilakukan di jam kerja? Bisa jadi memang di situ pusatnya, hehehe.

Kamu mungkin pernah menjadi korban pembicaraannya juga. Satu hal yang perlu kamu ketahui, jangan sampai kamu menjadi mereka. Mereka membicarakan orang lain karena merasa topik itu jauh lebih penting dibandingkan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Saya yakin kamu bukan orang seperti itu kan?

Kamu adalah orang yang mission driven (seperti poin pertama), oleh karenanya tetaplah fokus pada hal-hal penting yang bisa membawa manfaat bersama untuk diri sendiri, perusahaan, dan seluruh orang yang terlibat di dalamnya.

 

  1. Orang Yang Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing sudah bukan lagi jadi ajang keren-kerenan karena kini bahasa asing sudah menjadi kebutuhan, terutama bahasa inggris. Sudah menjadi rahasia umum kalau di dunia yang semakin mengglobal ini, Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan dan mendatangkan banyak manfaat.

Jangan lagi menjadi katak dalam tempurung. Kamu mesti “main yang jauh” untuk melatih kemampuan bahasa inggrismu. Ikuti event-event skala internasional agar dirimu secara tidak langsung dipaksa untuk saling bercakap dalam Bahasa inggris.

 

  1. Orang Yang Punya Network Luas

Zaman udah borderless, masa temanmu masih itu-itu aja. Tahu nggak? Kita saat ini hidup di dunia yang paling keren dari sisi kemudahan mengakses segala hal. Teknologi komunikasi sudah semakin murah, perjalanan kemana mana juga semakin terjangkau biaya transportasinya.

Miliki jaringan pertemanan yang luas, berkualitas, dan kalau bisa bukan hanya dari satu daerah atau negara. Saat masuk sebuah perusahaan, ini menjadi salah satu tolok ukur juga, lho. Semakin luas networkmu dan tau apa yang bisa kamu manfatkan dari sana untuk pertumbuhan perusahaanmu, semakin tinggi juga peluang numerasi yang bisa kamu dapatkan.

 

  1. Orang Yang Leadership Skills nya bukan Kaleng-Kaleng

Leadership tidak bisa dinilai oleh diri sendiri melainkan dari orang lain yang berinteraksi dan memantau keseharianmu. Namun, kamu bisa kok membiasakan diri untuk memperkokoh Leadership dalam dirimu.

Pertama, Coba biasakan berinisiatif dalam melakukan kebaikan sekecil apapun, hal ini akan menjadi penggerak bagi yang lain dan turut menirunya dalam waktu dekat atau lambat. Kedua, saat seseorang mendapati masalah, jadilah yang pertama untuk membantu mencarikan solusi. Ketiga, Selalu nuansakan kepositifan dimanapun kamu berada. Dari ketiga hal tersebut kata kunci penghubungnya adalah inisiatif.

 

Bagaimana serial blog kali ini? Semoga bisa membawa dampak positif dalam kehidupanmu setelah berhasil mempraktekkannya satu persatu ya. Untuk bisa mendapatkan 6 poin tadi, khususnya poin Nomor 2 sampai 6, kamu bisa ikut beragam kegiatan seru di dalam maupun di luar negeri, salah satunya  Global Goals Model United Nations 

Sampai Jumpa Pekan Depan!

 

Tulisan ini adalah guest post dari International Global Network (IGN) – Indonesia.

IGN atau yang kepanjangannya adalah International Global Network menghubungkan pemimpin muda & masa depan ke dunia. Merupakan suatu organisasi yang memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan para anak muda jaman ini yang ingin mengembangkan karir nya dan mendapatkan pekerjaan yang dapat menjamin masa depan yang cemerlang.

IGN percaya bahwa setiap orang pantas mendapat kesempatan untuk belajar dengan paparan global di dunia yang maju ini. IGN menciptakan peluang bagi semua orang sehingga mereka dapat tumbuh dan memiliki motivasi untuk menjadi pemimpin masa depan

Dengan misi “Menghubungkan para pemimpin pemuda ke dunia” IGN selalu berusaha untuk berinovasi berbagai program sebagai platform strategis bagi kaum muda untuk mengembangkan, mengeksplorasi, dan membuat perubahan untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik.