tips wawancara kerja untuk si introvert

Kamu mungkin sering dengar kalau berkarir akan lebih mudah untuk orang ekstrovert ketimbang introvert. Padahal, orang introvert tidak berarti pemalu atau sulit bekerja di tengah orang banyak. Orang introvert memang cenderung lebih suka bekerja sendiri atau dianggap susah berkembang, tetapi ada banyak kelebihan dari kepribadian introvert yang bisa kamu “jual” ke calon atasan.

Jadi, bagaimana caranya agar kamu yang introvert dapat juga bersinar seterang orang-orang ekstrovert?

Untuk orang introvert, suasana wawancara kerja mungkin akan menegangkan dan membuat gugup. Jangan khawatir! Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya:

  • Pelajari materi wawancara dan berlatih

Jika kamu melamar suatu posisi spesifik, pastikan kamu pelajari apa saja yang dibutuhkan perusahaan dari posisi tersebut. Hal ini agar setiap jawabanmu bisa lebih spesifik dan meyakinkan. Jangan lupa mencari tahu tentang latar belakang serta visi dan misi perusahaan, agar jawabanmu lebih “nyambung” dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Sebagai seorang introvert, kadang kala kamu tidak dapat mengungkapkan dengan lugas apa yang ada dipikiran. Berlatihlah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sekiranya sering ditanyakan.

  • Bangun koneksi

Kekuatan seorang introvert terletak pada kemampuannya membangun koneksi individu. Saat memasuki ruang wawancara, pastikan kamu ‘in the zone’ dan siap untuk diwawancara. Bangun koneksi dengan panelis wawancara kamu dari awal. Walaupun sebagai seorang introvert kamu tidak suka berbasa-basi, kali ini sangat penting untuk bisa sedikit memulai basa-basi untuk mencairkan suasana.

Suasana yang sedikit rileks juga dapat membantumu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan lebih baik.

 

  • Kenali dirimu dan tonjolkan kelebihan dirimu

Tahukah kamu kalau orang introvert punya keunggulan yang berguna di tempat kerja? Orang introvert cenderung bisa memberi kepercayaan lebih pada timnya, tidak terlalu banyak mengatur (micro managing), serta punya daya empati yang bisa membantu mengubah situasi negatif menjadi positif. Orang introvert biasanya juga menyukai kestabilan, sehingga cocok untuk perusahaan yang membutuhkan karyawan loyal.

Kenali dirimu dan sifat introvertmu yang dapat menjadi asset perusahaan. Mulai pikirkan bagaimana sifat introvertmu ini dapat berkontribusi dalam posisi atau perusahaan yang sedang  kamu lamar.

  • Berikan contoh nyata.

Orang introvert biasanya tidak pandai menyombongkan diri atau ‘bragging’. Ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan membuat daftar pencapaian kamu yang paling kamu banggakan. Berikan contoh-contoh nyata di mana kamu pernah menerapkan keunggulanmu sebagai seorang introvert. Misalnya, ceritakan bagaimana kamu mengatasi perbedaan pendapat di antara rekan-rekan satu tim dan memastikan timmu mendapat hasil memuaskan. Atau, jelaskan bahwa kamu adalah orang yang bisa membuat anggota tim merasa “didengar” saat sedang berbagi ide.

Akhirnya, jangan sampai kamu merasa bahwa kegugupanmu “salah”. Sebaliknya, kendalikan kegugupan itu dan jadikan cambuk untuk membuat wawancaramu berjalan lancar. Dengan persiapan, wawancara bukanlah hal yang susah untuk seorang introvert. Sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kamu? Cari saja di Urbanhire!

 

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!