Urbanhire Jobseeker

Tips THR: Tips Agar THR mu Bermanfaat dan Tidak Cepat Habis

8

May 2019

Tips-supaya-THR-gak-cepet-habis-19 No Tags

Urbanhire – Lebaran adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tapi, bukan hanya itu yang paling penting bagi mereka karena mereka menunggu kedatangan THR sebelum lebaran tiba. THR atau tunjangan hari raya adalah bonus bagi mereka yang bekerja disebuah perusahaan. Biasanya, THR akan diberikan pada saat gajian terakhir pada bulan ramadan. Banyaknya THR tergantung pada kebijakan perusahaan. Ketika kamu mendapatkan THR, tentunya kamu bisa menggunakan uang tersebut sesuka hati kamu.

Kamu bisa memanfaatkan uang THR mu untuk keperluan sehari-hari selama ramadan. Beruntung jika kamu bekerja diperusahaan besar dengan jabatan yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan THR diatas 10 juta atau bahkan lebih. Seberapa banyak pun THR yang kamu dapatkan, akan cepat habis jika kamu tidak bijak dalam menggunakannnya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memtimbangkan segala sebelum kamu menggunakan THR kamu.

Tapi, mungkin kamu perlu tips THR agar THR yang didapat lebih bermanfaat dan tidak mudah habis. Berikut adalah beberapa tips THR yang bisa kamu pertimbangkan.

Gunakan THR mu untuk hal-hal yang diperlukan

Berapa banyak THR yang kamu dapatkan? Tidak penting berapa jumlah THR yang kamu dapatkan, tapi kamu harus menggunakannya untuk hal-hal yang diperlukan. Ini adalah tips THR pertama yang harus dipertimbangkan. Setelah kamu mendapatkan uang THR, jangan langsung gunakan untuk berfoya-foya. Sebaiknya, uang THR tersebut kamu gunakan untuk hal-hal yang penting misalnya membeli baju lebaran, membeli kue lebaran, dan sebagainya. Intinya, kamulah yang menentukan seberapa penting hal tersebut untuk kehidupan, terutama untuk kebutuhan lebaran.]

Baca juga: Cara Menggunakan THR Agar Membawa Berkah

Gunakan THR untuk kirim salam tempel atau angpao

Lebaran identik dengan salam tempel. Malu rasanya jika kamu tidak bisa memberi salam tempel kepada keponakan atau adik-adik kamu. Jika kamu tidak mau menggunakan uang gaji bulanan, maka kamu bisa memanfaatkan uang THR yang kamu dapatkan. Tidak perlu banyak, setidaknya kamu bisa menyisakan setengah dari sisa THR kamu. Kamu bisa memasukkan uang-uang tesebut kedalam amplop dan kemudian berikan kepada keponakan-keponakan pada saat lebaran tiba. Hal ini akan sangat menyenangkan berbagi kebaikan dengan yang lainnya.

Simpan uang jika tidak ada keperluan penting

Tentuna, mendapatkan THR merupakan anugerah yang besar dan sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang. THR ini bisa jadi perlu atau mungkin tidak begitu diperlukan. Maka dari itu, ketika kamu mendapatkan THR, ada baiknya kamu tabung saja. Kamu bisa simpan di akun bank kamu. THR ini bisa digunakan suatu waktu ketika kamu membutuhkannya nanti. Mungkin, saat ini keperluan lebaran sudah tercukupi dan tidak ada lagi yang ingin kamu beli. Jangan gunakan uang THRmu untuk hal yang tidak penting apalagi keuangan kamu saat ini tidak begitu baik. Jika kamu tidak bisa menabung seluruhnya, maka kamu bisa menyisihkan sebagian atau sekita 50% dari THR yang didapat. Setidaknya, ada sedikit yang kamu sisihkan untuk keperluan dikemudian hari.

Jangan lakukan pemborosan selama bulan ramadan

THR yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk keperlua apa saja. Namun demikian, kamu tidak boleh boros karena pemborosan hanya akan merugikanmu. Bagaimana cara menghemat uang THR selama bulan ramadan? Ada baiknya, jika kamu memiliki uang THR, kamu beli kebutuhan sehari-hari untuk berbuka dirumah. Boleh berbuka diluar atau ngabuburit dengan teman, tapi jangan terlalu sering karena hal itu termasuk pemborosan. Ingat, lebaran nanti akan lebih banyak pengeluaran karena kamu mungkin akan pergi berwisata dengan keluarga. Jadi, uang THR yang didapat bisa disisihkan untuk keperluan lebaran, paling tidak setengah dari THR yang didapat.

Baca juga: Tips Merencanakan Buka Puasa Bersama Rekan Kerja

Bagi uang THR sesuai kebutuhan yang diperlukan

Kamu sebenarnya bisa mencatat apa saja yang kamu butuhkan selama ramadan hingga menjelang lebaran nanti. Disini, menghitung atau memperkirakan jumlah pengeluaran sangatlah pentng. Ada baiknya, jika kamu mendapatkan uang THR, kamu bisa bagi-bagi uang tersebut untuk berbagai keperluan. Misalnya, keperluan selama bulan puasa sebanyak 2 juta rupiah. Kemudian, keperluan untuk lebaran 3 juta rupiah. Kamu juga bisa mencatat hal-hal kecil yang membutuhkan biaya misalkan biaya ngabuburit selama bulan ramadan, ongkos transportasi mudik lebaran, uang untuk salam tempel, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, kamu hanya menggunakan uang THR mu untuk keperluan ramadan dan lebaran, sementara kamu tidak mengurangi uang gaji bulananmu sedikit pun. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih hemat dan bisa menabung untuk keperluan setelah lebaran usai.

Kesimpulannya, THR adalah uang pemberian dari perusahaan atau bonus setiap tahun yang kamu dapatkan untuk biaya lebaran. Beberapa perusahaan memberikan THR diawal bulan ramadan sedangkan yang lainnya memberikan THR diakhir bulan ramadan. Apapun itu, kamu harus pandai menggunakan uang THR yang didapatkan. Jika tidak, semua uang THRmu akan ludes tak tahu kemana rimbanya. Ingatlah bahwa kebutuhanmu sangat banyak dan jangan gunakan THRmu untuk hal-hal yang tidak perlu. Seperti yang telah dijelaskan pada tips THR diatas, kamu bisa menggunakan uang THR untuk hal-hal yang bermanfaat. Jika tidak ada kebutuhan yang perlu dibeli, sebaiknya kamu simpan uang THRmu di bank atau paling tidak kamu bisa menyisihkan uang THRmu setengah dari total yang didapatkan. Itulah  beberapa tips THR yang mungkin bisa kamu pertimbangkan agar kamu bisa lebih bijak lagi dalam memanfaatkan uang THR selama bulan ramadan hingga menjelang lebaran nanti.

Yuk, lebih cermat dalam penggunaan uang THR nanti supaya di masa depan kamu memiliki tabungan dan investasi yang melimpah, tentu senang dan bahagia dong. Buat kamu yang lebaran ini mudik ke pulang kampung hati – hati dalam perjalanan semoga sehat dan selamat sampai tujuan.

Libur lebaran sambil mencari karir yang baru ? Yuk buat dan lengkapi profile kamu di Urbanhire Intip juga sekarang berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker. Yang sudah punya akun di urbanhire, jangan lupa untuk lengkapi profilmu, agar mempunyai peluang lebih banyak lagi untuk di lirik oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mencari pekerja.