Tips-agar-tetap-produksi-saat-puasa-19

Urbanhire – Bulan puasa sudah didepan mata, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan selama puasa.  Nah, meskipun kamu harus bangun dini hari untuk sahur dan menaham lapar dan haus seharian, tapi bukan berarti kamu bisa mager seharian dan produktifitas tidak boleh menurun. Jangan sampai produktivitas selama bulan puasa menurun sehingga prestasi kamu menjadi turun. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bugar dan fit selama berpuasa sehingga tidak perlu mengorbankan produktivitas. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif selama berpuasa.

Perhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka

Banyak orang yang makan banyak saat sahur dan berbuka dengan harapan agar bisa kenyang lebih lama. Faktanya makan makanan yang ebrgizi jauh lebih penting daripada hanya makan banyak. Makan makanan bergizi seimbang bisa membuat kenyang lebih lama dan membuat tubuh tetap berenergi. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung gizi seimbang seperti serat, protein, dan karbohidrat. Hindari terlalu banyak makan makanan berminyak karena bisa mengacaukan kinerja lambung. Bila ingin berat badan tetap stabil selama berpuasa, kamu perlu membatasi makan dan minuman manis.

Atur jam kerja dengan baik

Selama berpuasa tidak akan ada yang berubah dengan jam kerja. Semuanya akan tetap berjalan seperti biasanya tanpa pengurangan jam kerja. Hanya saja jadwal kerja bisa berubah menyesuaikan dengan jadwal puasa misalnya jam masuk kerja dimajukan agar bisa pulang lebih cepat dan tidak ada jam makan siang. Dengan adanya perubahan jam kerja, kamu harus menyesuaikannya dengan pekerjaanmu. Bila dirasa tidak mungkin menyelesaikan semua pekerjaan, kamu bisa membuat agenda kerja yang baru sehingga semua pekerjaan bisa dicicil dan tetap selesai pada waktunya.

Banyak minum air putih

Selama berpuasa mungkin es campur atau kolak pisang terlihat lebih menggiurkan dari pada air putih. Padahal bila anda ingin tetap bugar dan fit selama berpuasa, jumlah air putih yang dibutuhkan tidak boleh kurang. Minum air putih yang cukup bisa membuat badan tetap segar dan tidak dehidrasi meski berpusas seharian. Kamu bisa minum air putih saat berbuka puasa, sebelum tidur, dan saat sahur.

Istirahat bila tubuh merasa lelah

Agar fokus dan konsentrasi tetap terjaga, kamu perlu istirahat dengan cukup. Beri waktu setidaknya lima menit setiap jam agar tubuh cukup beristirahat. Istirahat yang dimaksud tidak melulu tentang tidur, tapi kamu bisa mengobrol dengan rekan atau sekedar jalan-jalan ringan di dalam kantor. Dengan cara ini motivasi dan konsetrasi kerja tetap terjaga dan produktivitas tidak menurun.

Baca juga: Tips Agar Tetap Fit Bekerja Setelah Seharian Berpuasa

Sempatkan olahraga

Meskipun sedang berpuasa namun bukan berarti kamu bisa libur berolahraga ya. Olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit meski dalam keadaan berpuasa. Kamu hanya perlu memperhatikan intensitas dan porsi olahraga. Pilih olahraga yang ringan dan hindari melakukan olahraga berat. Sesuaikan intensitas olahraga dengan kekuatan fisik kamu dan jangan terlaku memaksakan. Olahraga seharusnya membuat badan menjadi fit dan bugar dan tidak menyebakan lemas, letih, dan lesu selama berpuasa.

Perhatikan jam tidur

Tidak hanya jam kerja yang berubah selama puasa namun juga jam tidur. Hal ini karena kamu harus bangun dini hari untuk sahur. Agar jam tidur tetap terpenuhi, kamu bisa tidur lebih awal sehingga bisa bangun sahur tepat waktu. Selain itu, kamu juga bisa tidur siang sebentar agar tubuh tidak terlalu lelah. Setelah sahur, usahakan untuk tidak tidur lagi karena bisa menyebabkan banyak efek buruk seperti kepala pusing, perut perih, dan badan pegal-pegal.

Kurangi aktivitas yang tidak penting

Karena energi saat berpuasa terbatas, kamu bisa mengurangi aktivitas yang tidak perlu. Buatlah prioritas kegiatan apa saja yang perlu kamu lakukan selama bulan puasa ini dan mana yang sekirangan kurang penting. Misalnya kamu bisa berhenti begadang untuk nonton bila atau stalking akun mantan hingga larut malam. Selain mengurangi aktivitas yang kurang penting, kamu juga perlu mengatur intensitas buka puasa bareng karena meskipun sepele aktivitas ini bisa menguras banyak energi.

Hindari lembur

Bila di tempat kerja kamu tidak ada pegurangan jam kerja, kamu bisa mengatur jadwal kerja seefektif mungkin. Sebisa mungkin hindari menunda pekerjaan karena hanya akan membuat pekerjaan menumpuk dan menyebabkan kamu harus bekerja lembur. Buatlah jadwal prioritas mana pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar kamu tidak perlu menunda pekerjaan.

Baca juga: 7 Tips Tetap Semangat Bekerja Selama Bulan Puasa

Disiplin dalam bekerja

Ketika kamu sudah membuat agenda kerja baru untuk bulan puasa, kamu harus disiplin dalam menerapkannya. Bila tidak disiplin, semua agenda kerjamu akan sia-sia saja dan pekerjaan akan tetap menumpuk. Hindari menunda pekerjaan bila bukan karena hal yang sangat mendesak. Semakin kamu menunda suatu pekerjaan, maka pekerjaan akan semakin menumpuk dan memberakan kamu sendiri.

Menjauh dari hal negatif

Jangan biarkan puasa, lemas, dan perut lapar mengganggu mood kerja kamu. Tetaplah bekerja seperti biasa dengan tulus dan tetap tersenyum kepada rekan agar suasana kerja tetap menyenangkan. Jauhkan diri dari segala hal yang menyebabkan konsentrasi pecah seperti notifikasi aplikasi, chatting, atau sosial media lainnya. Simpan smartphone sejenak saat sedang bekerja sehingga kamu bisa tetap konsentrasi dan produktif. Dengan cara ini pekerjaan akan lebih cepat selesai dan tidak perlu menunda pekerjaan.

Bekerja dan puasa adalah bentuk ibadah. Lakukan dua hal tersebut dengan ikhlas dan dengan hati yang bahagia. Sehingga pekerjaan bisa tetap produktif dan puasa bisa lancar hingga lebaran datang.

 

Cari kerja? Cek Urbanhire sekarang! Ada lebih dari 20.000 lowongan pekerjaan yang sedang terbuka dan menanti untuk kamu lamar. Yuk isi waktu ngabuburit mu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Jangan lupa buat akun Urbanhire dan lengkapi profilnya sebelum melamar ke perusahaan-perusahaan ya!