Urbanhire Jobseeker

Tips Sukses Membangun Karir di Tempat Baru

19

Aug 2019

Blog

Urbanhire – Setelah mendapatkan pekerjaan baru dengan susah payah jangan lupa untuk memberikan apresiasi diri atas hasil pencarian kerja yang sukses. Eittts, tapi kesuksesan ini tidaklah cukup karena sekarang saatnya kamu menyiapkan diri untuk membuat kesan pertama yang baik di hari pertama bekerjamu nanti.

Hari pertama kamu bekerja merupakan hari yang paling penting dalam menentukan apakah kamu cocok untuk posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Kenapa demikian? Karena keputusan untuk mempekerjakan kamu oleh HRD hanya didasari oleh informasi terbatas. Tentu secara kualifikasi mungkin kamu sudah memenuhi kriteria perusahaan tetapi secara lapangan semuanya kembali lagi kepada etika bekerja mu yang pastinya akan diawasi oleh atasanmu sampai kamu dengan resmi lepas dari masa pelatihan bekerja / masa percobaan.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Meniti Karir Buat Generasi Muda

Oleh karena itu, kamu perlu memperlihatkan kesan baik yang optimal sejak awal masa jabatan. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mempersiapkan pekerjaan lebih awal, sehingga kamu dapat membuat kesan yang baik pada rekan kerja baru mu. Berhati-hatilah untuk mendapatkan kepercayaan atasan dan kolega mu, jalin hubungan positif di dalam departemen mu sendiri dan di luarnya. Pastikan kamu berada dalam posisi untuk melakukan pekerjaan mu yang terbaik. Hal tersebut akan menciptakan fondasi karir yang sangat baik untuk masa depan mu bersama perusahaan. Untuk lebih jelasnya dibawah ini kami rangkum 20 tips pekerjaan untuk memulai pekerjaan baru.

  1. Bergaul lah dengan orang-orang positif, dan hindari pengeluh dan pemalas dengan cara apa pun. Hindari perbincangan tentang sesama karyawan dikantor karena kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan mengutip pembicaraanmu atau menuduh mu akan pembicaraan tersebut. Jika seseorang mulai mengeluh atau bergosip langsung kepada mu, cobalah untuk tetap “netral” jika memungkinkan. Jika Anda tidak dapat beralih topik, maka coba hentikan pembicaraan negative tersebut dengan mengajukan pertanyaan yang membangun.
  2. Kenalilah pekerja terbaik dikantormu analisis apa yang membuat mereka sukses dalam peran mereka.Hal tersebut bisa memberi mu gambaran tentang keterampilan, kemampuan, atau prestasi apa yang dihargai di perusahaan.
  3. Nilai preferensi dan harapan atasan mu. Dengarkan dengan cermat arahan yang ia berikan, dan juga minta saran rekan kerja tepercaya lainnya tentang cara untuk memenuhi harapan atasan mu.
  4. Pastikan supervisor kamu mengetahui status proyek mu, sehingga ia mengetahui nilai yang Anda tambahkan ke departemen Anda.
  5. Mintalah masukan dan bantuan ketika kamu bingung, tetapi cobalah untuk tidak membebani orang lain dengan mengajukan banyak pertanyaan. Cobalah untuk menyelesaikan sebanyak mungkin masalah pekerjaanmu sendiri atau dengan masukan dari kolega didepartemen mu.
  6. Terlibat secara strategis dalam rapat dan percakapan. Dapat dimengerti jika kamu akan merasa sedikit bingung untuk mengejar beberapa hal yang mungkin cukup baru dan belum kamu kuasai. Namun, terdiam di sebuah meeting tidak akan membuat kesan yang bagus. Sebagai gantinya, kamu bisa mendengarkan dengan cermat pembicaraan yang sedang berlangsung dan berbicara atau mengajukan pertanyaan cerdas.
  7. Bangun hubungan komunikasi terbuka antara supervisor dan anggota tim mu, kamu bisa memulainya dengan pertemuan mingguan atau pembaruan email atau messenger yang berulang. Hal Ini tidak hanya akan memberi supervisor mu kesempatan untuk tetap up-to-date dengan pencapaian mu, tetapi kamu juga dapat membuat dan mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan sehingga kamu dapat mengajukannya pada satu waktu alih-alih menanyakanya satu-satu sepanjang hari atau minggu.
  8. Berusahalah untuk datang lebih awal dan / atau tinggal lebih lambat dari atasan mu untuk membuktikan bahwa kamu siap bekerja keras.
  9. Kembangkan hubungan kerja yang positif dengan staf di semua tingkatan perusahaan, terutama dengan orang-orang yang bekerja sama dengan mu. Tidak hanya hubungan yang kuat akan meningkatkan pengalaman kerja mu secara keseluruhan, tetapi sebagian besar perusahaan melakukan evaluasi staf sehingga penting untuk berhubungan baik dengan rekan kerja yang mungkin sedang mengevaluasi mu.
  10. Mintalah saran atau kritik secara berkala dan berikan respons positif terhadap kritik yang membangun. Jelaskan kepada supervisor mu dan staf lain bahwa kamu siap untuk bekerja lebih baik.
  11. Buat rencana pengembangan profesional dengan tujuan dan sasaran yang jelas yang menguraikan apa yang akan kamu pelajari dan keterampilan apa saja yang akan kamu peroleh. Konsultasikan dengan manajer, Departemen Sumber Daya Manusia, atau profesional di bidang mu dan cari tahu sertifikasi, kursus, dan / atau gelar apa yang akan berdampak dalam memajukan karir mu kedepan.
  12. Perhatikan berapa banyak waktu yang kamu habiskan selama tahun pertama kamu bekerja. Karena beberapa bulan pertama di pekerjaan baru sangatlah penting untuk mempercepat kenaikanmu dalam posisi baru, kamu harus menghindari mengambil cuti panjang jika memungkinkan, dengan pengecualian liburan yang direncanakan sebelumnya dan sudah kamu ungkapkan selama proses wawancara. Jika kamu harus mengambil cuti karena alasan apa pun, lakukan segala yang kamu bisa untuk memastikan hal tersebut tidak  akan mempengaruhi posisi dan pekerjaan mu secara negatif.
  13. Berpartisipasi dalam kegiatan kantor. Lakukan yang terbaik untuk mengambil hati rekan kerjamu dengan mengikuti kegiatan sosial perusahaan  sehingga kamu dapat mengenal rekan kerja mu secara pribadi.
  14. Bergabunglah dengan kelompok profesional nasional dan regional di bidang keahlian mu serta hadiri pertemuan dan sesi pelatihan. Mengambil posisi kepemimpinan dan menjadi sukarelawan untuk  sebuah komite juga merupakan cara yang bagus untuk bersosialisasi dan meningkatkan visibilitas kamu secara profesional.
  15. Tinjau akun media sosial mu dan pastikan setiap informasi pribadi yang terlihat oleh publik mencerminkan citra profesional.
  16. Kenali mentor potensial dalam perusahaan mu. Pertimbangkan staf senior sangat berdampak  besar pada pekerja di posisimu. Meskipun orang-orang ini mungkin cukup sibuk, ajaklah mereka  untuk minum kopi atau hanya berjalan-jalan bersama demi membangun hubungan kerja yang harmonis.
  17. Sampaikan terima kasih dan pertahankan hubungan dengan orang lain, seperti referensi pekerjaanmu, yang membantu membuka jalan mu ke pekerjaan baru.
  18. Jaga dirimu! Memulai pekerjaan baru dapat melelahkan secara mental dan fisik. Namun tentunya kamu tidak ingin kelelahan pada hari pertama bekerja. Pastikan untuk menjaga kesehatan mu dan meluangkan waktu melakukan kegiatan olahraga yang menyegarkan.
  19. Selalu bekerja dengan pikiran yang positif! Hal yang cukup disepelekan tapi sebenarnya sangat penting dalam menjaga attitude pekerja yang baik. Pikiran yang positif dapat membuatmu lebih kreatif dan bersemangat dalam bekerja.

Baca juga: 7 Kunci Merantau dengan Sukses

Nah itu dia tips-tips sukses dalam memulai pekerjaan baru. Bagaimana? Apa kamu sudah siap untuk menjalani hari-hari barumu dikantor? Kalau iya, persiapkan dirimu dari sekarang dan selalu semangat untuk mencapai yang terbaik!

Buat kamu-kamu yang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kegemaranmu, terus semangat!! Banyak pekerjaan yang menarik dari perusahaan-perusahaan berkualitas di Urbanhire. Buat akunmu dan lengkapi profilmu, sekarang juga!