Urbanhire Jobseeker

Tips Sukses Bekerja di Perusahaan Startup

11

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Bekerja di startup saat ini merupakan pilihan utama para jobseeker (pencari kerja). Terutama bagi mereka yang berstatus sebagai fresh graduate di mana berniat mencari banyak pengalaman atau sosok yang menyukai tantangan ketidakmapanan perusahaan rintisan. Terlepas dari apa pun alasan memilih berkarir di startup, yuk simak dulu tips sukses berikut!

Tantangan dalam Berkarir di Perusahaan Startup

Tidak dapat dipungkiri, bahkan dengan sadar diketahui oleh para calon maupun karyawan di perusahaan startup bahwa pilihan karir mereka memiliki banyak risiko. Terdapat banyak tantangan dalam bekerja dengan sebuah perusahaan rintisan, terlebih jika statusnya masih early stage. Di mana berarti perusahaan masih meraba-raba dalam setiap sektor.

Apa saja sih tantangan atau kemungkinan buruk yang dapat terjadi dengan bekerja di perusahaan startup?

1. Tidak Ada Jaminan Finansial

Sebagaimana yang ditawarkan oleh korporasi mapan. Sebuah perusahaan rintisan mayoritas belum stabil dalam bidang keuangan. Terkadang pendapatan yang masuk ke perusahaan bisa sangat besar, namun ada saatnya justru mengalami kerugian signifikan. Otomatis, situasi tersebut turut berpengaruh pada unstability finansial karyawan.

2. Kecil Kemungkinan Mendapatkan Promosi Jabatan

Sebagus apa pun kinerja kamu di perusahaan, tapi jika startup tempatmu bernaung kalah dalam persaingan, perusahaan mungkin bisa berjalan namun sulit berkembang. Dengan kondisi seperti itu, sulit bagimu untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di perusahaan.

3. Ancaman Kegagalan Bisnis di Depan Mata

Bekerja di startup yang masih dalam tahap awal akan membuat kamu selalu was-was atas kemungkinan risiko kebangkrutan bisnis akibat kegagalan operasional. Sebab, satu sektor saja di perusahaan rintisan gagalm dapat memengaruhi keseluruhan lini perusahaan. Ancaman menjadi pengangguran menantimu setiap saat.

Baca juga: Working at a startup: Are you in for the money or for the values?

Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sukses Berkarir di Startup

Kamu perlu memahami bahwa sumber daya manusia yang produktif sangat berperan besar dalam kelangsungan sebuah perusahaan rintisan. Sebab itulah startup tidak membutuhkan banyak karyawan karena mereka yang terpilih biasanya individu terbaik yang dapat meng-handle banyak hal terutama mencegah hingga mengatasi situasi darurat.

Lantas, apa sih yang bisa kamu lakukan agar bisa memiliki karir yang cemerlang di perusahaan rintisan sekaligus membuat tempatmu bekerja meraih posisi yang lebih baik?

1) Belajar Non-Stop

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan ketika bekerja untuk perusahaan startup adalah terus belajar. Bukan dalam artian melanjutkan pendidikan formal sambil bekerja, tapi kumpulkan sebanyak mungkin hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu saat ini. Perluas wawasanmu dengan hal-hal yang sekiranya memudahkan dan melancarkan profesimu. Jika memungkinkan, sekaligus memajukan perusahaan tempatmu bernaung.

2) Menjalani Profesi Multi Tasking

Ketika kamu bekerja di startup, penting untuk menjadi sosok yang multi tasking dalam hal profesi. Bukan dalam artian kamu melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan, melainkan bersedia untuk merangkap jabatan berikut job deskripsinya. Jadi, misalkan kamu adalah desainer web di perusahaan, lalu kamu merangkap posisi copy writer.

Meskipun tampak merepotkan, tapi menjalaninya akan membuat pengalamanmu menjadi berlipat ganda. Hal ini tentu baik untuk perjalanan karirmu sendiri di masa mendatang. Selain itu, kamu juga akan belajar untuk menjadi sosok yang lebih tangguh melalui aksi multi peran seperti ini.

3) Menjaga Passion dalam Bekerja

Passion atau gairah menjadi poin yang penting untuk kesuksesanmu di perusahaan rintisan. Ketika memasuki dunia kerja dan tantangan di lapangan terlalu too much untuk kamu atasi, dapat timbul rasa bosan hingga akhirnya kamu kehilangan semangatmu bekerja. Jika sudah begitu, tidak ubahnya dengan kamu perlahan membunuh karirmu sendiri karena malas berutinitas.

Baca juga: Loncatan Karir dengan Bekerja di Startup

4) Konsisten Menjadi Kreatif

Kreativitas karyawan merupakan penentu kesuksesan dari sebuah startup. Jadi, kalau kamu mengharapkan perjalanan karirmu di perusahaan rintisan mulus tanpa kendala berarti, pertahankan—jika bisa tingkatkan—kreativitasmu. Terutama startup saat ini cenderung menekuni bidang industri kreatif. Jangan ragu untuk mengeluarkan ide-ide kreatifmu selama bekerja di startup.

5) Jalin Koneksi Seluas Mungkin

Keberlangsungan sebuah perusahaan ditentukan pula dari luasnya koneksi yang dimiliki. Dalam hal ini, koneksi dapat dibangun oleh siapa saja yang berkaitan dengan perusahaan startup tersebut, di mana karyawan termasuk pula di dalamnya. Selain baik untuk perusahaan, dengan memperluas koneksimu juga akan baik untuk diri sendiri.

Utamakan koneksi dengan sosok-sosok yang berpotensi menjadi investor untuk perusahaan. Semakin banyak investor dan nominal investasi yang didapat bertambah besar, maka secara tidak langsung karirmu pun akan semakin terjamin. Tidak hanya perusahaan startup itu yang berkembang, tapi posisimu bisa semakin aman bahkan dapat semakin melonjak.

6) Atur Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Hanya karena bekerja di perusahaan rintisanrelatif lebih santai dibandingkan dengan perusahaan konvensional, bukan berarti kamu boleh berleha-leha membuang waktumu yang berharga. Pastikan untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Bagi waktumu secara maksimal ; bekerja, rutinitas sehari-hari, dan istirahat. Dengan memiliki kualitas waktu yang baik, kinerjamu di perusahaan akan meningkat.

7) Selalu Peka Terhadap data

Detail data yang berkaitan dengan operasional perusahaan perlu untuk mendapatkan perhatian lebih dari kamu jika ingin sukses dengan startup tempatmu bernaung. Contohnya seperti naik turunnya saham perusahaan jika sudah masuk ke pasar saham. Bisa juga dengan turut mengontrol jumlah investasi masuk yang berperan penting soal operasional perusahaan.

Kesimpulannya, kalau kamu ingin bekerja di startup dan memiliki karir yang sukses di sana bukanlah hal yang mustahil. Dari deretan tips di atas juga tidak ada yang terlalu sulit untuk dilakukan. Bahkan di perusahaan rintisan, kamu dapat mengeksplorasi kemampuanmu semaksimal mungkin berkat adanya kesempatan yang tidak terbatas.

Semoga tips-tips tadi bermanfaat. Jika kamu sedang merencanakan perjalanan karir, coba cek Urbanhire. Ada lebih dari 18.000 lowongan tersedia yang dapat kamu lamar dan jangan lupa untuk membuat akun Urbanhire terlebih dahulu ya!