Urbanhire Jobseeker

Tips Riset Perusahaan Sebelum Datang Interview

27

Jul 2020

Urbanhire – Riset perusahaan sebelum melamar pekerjaan atau sebelum datang interview merupakan keharusan. Alasannya HR dan user akan menanyakan pertanyaan yang selalu ditanyakan ketika interview, yaitu “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?”. Pertanyaan ini merupakan pertanyaan untuk mengukur seberapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu tidak melakukan riset atau mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan yang kamu lamar, kamu pasti akan kesusahan dalam menjawab dan peluang kamu diterima semakin kecil. Nah, Urbanhire kasih kamu tips untuk mencari tahu perusahaan sebelum melamar atau melakukan tes interview.

Pelajari Orang-Orang Yang Bekerja Di Perusahaan Tersebut

Hampir semua perusahaan pasti memiliki website untuk menunjang bisnis mereka. Cobalah memulai riset perusahaan melalui website tersebut. Lalu cari nama-nama direksi atau kepala divisi yang ditampilkan di website perusahaan. Keluarkan lah jiwa reporter alias “kepo” mu, lihat media sosial mereka untuk melihat postingan mereka mengenai perusahaan dan pelajari bagaimana mereka menceritakan perusahaan. Cek platform profesional mereka, coba membuka obrolan dan ajukan pertanyaan seputar perusahaan. Tapi ingat jangan sampai berlebihan ya, itu bisa merugikan kamu sendiri karena kamu akan dianggap orang yang menyeramkan karena sudah masuk ke dalam privasi mereka.

Baca Juga: Cara Menonjol Di Antara Kerumunan Pencari Kerja

Cari Tahu Media Sosial Perusahaan

Hampir sama seperti website, semua perusahaan di era sekarang pasti memiliki media sosial. Cobalah kamu lihat postingan akun media sosial perusahaan yang kamu tuju. Lihat apa yang perusahaan bagikan kepada publik dan bagaimana mereka membuat konten promosi, konten artikel yang dibagikan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pengikutnya. Cara ini akan membuatmu merasakan nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan. Jika kamu menemukan sesuatu yang menarik coba tanyakan ketika interview atau masukan kedalam surat lamaran.

Lihat Apa Kata Karyawannya

Kamu bisa riset perusahaan yang kamu lamar dengan cara melihat review atau ulasan karyawan yang bekerja atau sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut. Mencari review atau ulasan karyawan saat ini sangatlah mudah. Kamu tinggal cari di internet dengan keyword review plus nama perusahaannya. Kamu bisa baca-baca review tersebut dan menilai bagaimana perusahaan yang kamu tuju dalam menjalankan bisnisnya dan bagaimana memperlakukan karyawannya.

Jadi sebelum kamu melamar pekerjaan dan datang ke tes interview sebaiknya kamu harus melakukan riset kecil-kecilan tentang perusahaan yang kamu tuju. Di Urbanhire, terdapat fitur yang bernama career page. Nah kamu bisa melihat-lihat bagaimana perusahaan yang ingin kamu lamar melalui career page. Kamu akan menemukan profil perusahaan, visi dan misi perusahaan bahkan kegiatan-kegiatan perusahaan bersama karyawan-karyawannya.