Tips-Ngabuburit-yang-Bermanfaat-Untuk-Jobseeker-Cover-Blog

Urbanhire – Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam. Pada bulan ini, orang akan menikmati puasa mereka dengan ngabuburit. Ngabuburit maksudnya adalah menghabiskan waktu bersama rekan-rekan sambil menuggu waktu berbuka puasa. Ngabuburit bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi kamu yang sedang mencari-cari kerja. Ngabuburit bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan setelah lebaran nanti. Mungkin, saat ini kamu belum mempunyai pekerjaan dan butuh pekerjaan. Tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan waktu ngabuburit mu melakukan hal yang bermanfaat, jobseeker. Berikut adalah beberapa tips ngabuburit yang bermanfaat untuk jobseeker.

Tentukan koordinator untuk acara ngabuburit

Setiap kali kita ingin mengadakan acara, termasuk ngabuburit dibulan ramadan, ada baiknya jika kita mempersiapkannya dari awal. Dimulai dari pemilihan koordinator acara. Siapa yang akan dijadikan koordinator. Jika kamu adalah orang yang memiliki ide ini dari awal, tidak ada salahnyan jika kamu yang menjadi koordinator. Koordinator adalah orang yang mengatur acara serta menginformasikan undangan kepada rekan-rekan yang lain. Kamu juga boleh meminta rekan atau teman kamu sebagai koordinatornya.

Ajak semua rekan dan teman dari berbagai profesi

Dalam kasus ini, kamu adalah seorang yang belum mempunyai pekerjaan dan membutuhkan pekerjaan. Jadi, jika kamu akan mengadakan acara ngabuburit, sebaiknya kamu undang teman-teman kamu yang sudah bekerja. Jangan minder karena kamu belum bekerja karena tujuan kamu adalah untuk mencari informasi lowongan kerja dari acara ngabuburit ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ajak teman kamu sebanyak-banyaknya, terutama teman-teman yang sudah bekerja. Anggap saja ini adalah acara reuni yang memberikan manfaat. Nantinya, ketika kamu berkumpul dengan mereka, kamu bisa berbagi atau sharing tentang pekerjaan. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja diperusahaan yang sama dengan teman kamu.

Baca juga: 4 Profesi Idaman Generasi Milleninals

Tentukan tempat dan waktu yang tepat untuk ngabuburit

Mencari tempat yang nyaman adalah hal yang paling penting jika kamu ingin mengadakan acara ngabuburit bersama teman-temanmu. Dimana tempat yang cocok untuk ngabuburit? Sebenarnya, semua tempat bisa menjadi tempat ngabuburit, tapi alangkah baiknya jika kamu pilih tempat yang sudah menyediakan hidangan buka puasa karena ngabuburit ini bukan sekedar kumpul-kumpul, tapi juga untuk menikmati buka puasa. Pukul berapa ngabuburit dimulai? Secara umum, ngabuburit bisa dilakukan setelah ashar atau pukul 3 ke atas. Jangan lupa untuk menentukan tanggal ngabuburit. Anda punya waktu 30 hari selama bulan ramadan, tapi biasanya ngabuburit bersama teman-teman dilakukan seminggu sebelum lebaran tiba.

Persiapkan dana untuk keperluan ngabuburit

Ngabuburit bersama dengan teman kerabat kamu pasti membutuhkan biaya. Biaya tersebut digunakan untuk membayar sewa tempat serta hidangan untuk berbuka puasa. Tentunya, biaya tersebut juga tergantung seberapa besar acara ngabuburit kamu. Tidak perlu mewah karena tujuan ngabuburit ini adalah untuk menjalin silaturahmi serta mencari informasi tentang lowongan pekerjaan dari teman kamu yang sudah bekerja. Apakah biaya tersebut akan ditanggung oleh koordinator atau setiap orang harus membayar biaya sesuai dengan yang ditentukan. Misalnya, kamu bisa mempersiapkan dana untuk sewa tempat dan makan, atau kamu dapat meminta ke beberapa teman kamu untuk patungan bersama untuk biaya persiapan tersebut.

Baca juga: 7 Tips Tetap Semangat Bekerja Selama Bulan Puasa

Pesan tempat jauh-jauh hari sebelumnya

Selama bulan ramadan, akan ada banyak orang yang ngabuburit dan memilih tempat yang cocok untuk berkumpul. Jangan heran jika banyak tempat yang sudah di pesan terlebih dahulu. Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk memilih suatu tempat, sebaiknya kamu segera memesan tempat tersebut sebelum dipesan orang lain. Tentunya, dana yang sudah terkumpul dapat digunakan untuk membayar DP sewa tempat beberapa hari sebelum acara dimulai.

Tidak boleh menggunakan gadget ketika ngabuburit

Ngabuburit tujuannya adalah untuk bersilaturahmi, jadi seharusnya tidak ada diantara kamu yang menggunakan atau memainkan smartphone ketika sedang berkumpul. Buatlah peraturan bersama yang mana setiap orang tidak boleh mengeluarkan handphonenya atau kumpulkan semua gadget menjadi satu dan simpan didalam tas. Jadi, tidak ada satupun yang memegang handphone ketika berkumpul bersama hingga suasana akan menjadi lebih akrab dan harmonis. Inilah kesempatan kamu untuk mencari tahu tentang informasi kerja dari temanmu. Mungkin, mereka bisa berbagi pengalaman satu sama lain, termasuk dirimu yang juga belum bekerja. Siapa tahu satu diantara temanmu bisa membantu kamu dalam urusan ini.

Baca jugaBagaimana Cara Memperbaiki Kemampuan Komunikasi Di Tempat Kerja?

Bercakap-cakap dengan serius tapi tetap santai

Ketika berkumpul dalam acara ngabuburit, tentunya kamu harus ngobrol dengan santai. Tapi, meskipun santai, sebaiknya kamu juga membicarakan hal-hal serius, namun jangan terlalu tegang. Buatlah suasananya mencari ceria dan menyenangkan sambil menunggu berbuka puasa. Sebelum berbuka, kamu boleh bercanda-canda dengan teman kamu. Setelah berbuka, kamu bisa melanjutkan obrolan yang serius tentang bagaimana cara mendapatkan kerja dan berbagi pengalaman dengan kerabatmu. Ngabuburit tentunya harus mengenal waktu, jangan lupa untuk beribadah sholat maghrib bersama di mesjid terdekat dan kemudian lanjutkan acara setelah beribadah. Ngabuburit tidak perlu lama sehingga kamu masih bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Nah, itulah beberapa tips ngabuburit untuk jobseeker selama bulan ramadhan sehingga acara ngabuburit tersebut akan lebih bermanfaat. Tentunya, kamu bisa mengundang semua teman sejawat untuk bergabung bersama. Agar tidak minder, kamu bisa ajak juga teman kamu yang juga belum mendapatkan pekerjaan sehingga bisa berbagi satu sama lain. Ceritakan semua pengalaman kamu dan dengar cerita dari yang lainnya.

Yang masih bingung dimana dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu, yuk mari lihat di Urbanhire, banyak sekali perusahaan terbaik yang dapat kamu temukan! Buat akun Urbanhire-mu sekarang, lamar pekerjaan ke lebih dari puluhan ribu lowongan pekerjaan yang berkualitas!