Urbanhire Jobseeker

Tips Networking bagi Fresh Graduate

23

Dec 2019

Blog

Urbanhire – Menjadi seorang Fresh graduate memang menjadi momen paling penting dan ditunggu-tunggu bagi kamu yang akan mulai meniti karier demi masa depan yang cerah.  Setelah lulus kuliah, tentunya ajang mencari kerja menjadi faktor utama kamu untuk direkrut oleh perusahaan-perusahaan andalan kamu.  Setelah diterima bekerja, sebaiknya kamu mulai bergaul secara profesional dengan rekan kerja maupun atasan.  Bila perlu, carilah juga koneksi di luar perusahaan yang akan menguntungkan perusahaan kamu sendiri dan perusahaan koneksi kamu tersebut. 

Untuk itu, salah satu cara agar kamu bisa cepat sukses dan berkembang di perusahaan tempat kamu bekerja nantinya adalah dengan networking.  Melangkah maju dengan memiliki jaringan atau koneksi yang luas adalah sarana paling penting untuk pencapaian karier kamu.  Simak beberapa tips networking penting bagi kamu sebagai fresh graduate agar bisa bersaing secara profesional di dunia kerja nantinya:

Tunjukkan Semangat yang Tinggi untuk Industri dan Perusahaan

Pada umumnya, para fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja yang banyak.  Namun, jika kamu dapat menunjukkan semangat yang tinggi di bidang kamu dan untuk bekerja di perusahaan pilihanmu, maka kamu dapat menciptakan networking dengan para senior kamu.  Dengan semangat yang tinggi tersebut akan membuat para senior dan juga atasan kamu terkesan dengan sikapmu itu.

Selebihnya, jika kamu menunjukkan minat pada orang yang kamu ajak bicara, perwakilan perusahaan akan terbuka ketika kamu mengajukan pertanyaan.  Alihkan pembicaraan pada pertanyaan yang nyata.  Pertanyaan seperti bagaimana mereka terlibat dengan perusahaan pada awalnya adalah satu pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan. 

Baca juga: Mengawali Karir dengan Maksimal

Manfaatkan Status Fresh Graduate Kamu

Kamu tidak usah minder dengan status fresh graduate kamu.  Sebagian lulusan baru akan takut dengan persaingan yang ketat di dunia kerja. Namun sebaliknya, sebenarnya status itu akan menguntungkanmu.  Bagaimana tidak?  Dengan status itu akan ada banyak pihak yang mau membantumu meraih posisi yang kamu inginkan di sebuah perusahaan. 

Jika sudah mendapatkan beberapa nama perwakilan dari perusahaan andalan kamu, maka sudah saatnya kamu membuat koneksi dan mulai menghubungi mereka.  Dengan waktu yang ada, gunakan sebaik-baiknya untuk networking.  Jadilah pendengar yang baik dan catat semua hal-hal penting yang disampaikan oleh para ahli koneksi kamu. 

Networking dengan cara Berteman untuk Memperluas Koneksi

Salah satu cara networking yang ampuh adalah berteman dengan semua orang di perusahaan, khususnya yang terlibat di divisi kamu.  Intinya adalah untuk memperluas koneksi kamu agar setidaknya kamu tahu seluk beluk perusahaan.  Karena sebagai karyawan pemula, kamu harus tahu apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Tak hanya itu, kamu dapat belajar dari para senior bagaimana menjalin networking secara profesional jika pekerjaan kamu melibatkan banyak orang.  Tidak ada salahnya jika networking kamu dengan para rekan kerja atau karyawan dari divisi lain menjadi sahabat kamu di tempat kerja.  Asal, usahakan untuk tidak terlibat dengan gosip atau hal-hal yang akan mengganggu kesempatan kamu untuk berkembang.

Baca juga: 10 Manfaat dari Pengalaman Menjadi Seorang Internship

Fokus dan Siap dengan Strategi

Dalam networking pun kamu harus fokus dan memiliki strategi untuk menjalin hubungan profesional yang baik dengan semua orang yang terlibat di tempat kerja.  Pada event penting di kantor lah waktu yang bagus untuk networking.

Dalam acara-acara tersebut, fokus utama kamu adalah mencari seorang target profesional.  Sudah pastinya ada banyak perwakilan profesional yang bisa menjadi target networking kamu.  Tapi dengan banyaknya target, setidaknya kamu harus menyusun strategi siapa saja yang cukup penting untuk menjadi bagian dari networking kamu.

Memperkenalkan Diri Di Akhir Acara

Nah, setelah kamu menemukan target profesional kamu dalam event penting kantor, ada baiknya kamu memperkenalkan diri di akhir acara.  Kenapa di akhir acara?  Karena pada dasarnya, di penutupan acaralah segala sesuatunya akan mudah diingat atau dikenang.

Nah, justru jika ingin diingat oleh seseorang yang sangat penting atau beliau adalah panutanmu di tempat kerja, tunggu sampai acara selesai untuk sesi berbincang-bincangnya.  Ada baiknya kamu memberikan kartu nama kepada panutanmu tersebut.  Tak lupa untuk berusaha membuka hubungan networking dengan sang panutan agar mendapatkan support untuk meraih sukses di tempat kerja.

Selalu Follow-up dengan Semua Koneksi

Tips networking terakhir bagi para fresh graduate yang sangat penting untuk dilakukan, adalah selalu follow-up dengan semua koneksi profesional kamu.  Tak hanya membuat koneksi yang baik, ada baiknya untuk follow-up dan tetap berhubungan. 

Memang tidaklah gampang untuk membuat koneksi, terutama dengan orang-orang yang mempunyai jabatan tinggi.  Akan tetapi, sangatlah gampang untuk kehilangan semua koneksi itu.  Maka dari itu, yakin dan percaya diri lah bahwa kamu bisa tetap networking dengan semua koneksi kamu. 

Bahkan, dengan hal-hal kecil pun, seperti mengucapkan selamat ulang tahun pada salah satu koneksimu sudah cukup untuk follow-up sederhana.  Ingat, janganlah berhubungan disaat perlu saja.  Terkadang situasi tersebut agak kurang sopan dan membuat orang malas untuk membantumu di kemudian hari. 

Baca juga: Keuntungan Mencari Kerja di Bulan Desember

Jadi, betapa pentingnya networking itu untuk kesuksesan karier kamu, khususnya bagi kamu yang baru saja lulus kuliah.  Agar kamu bisa terus berkembang di tempat kerja, carilah koneksi sebanyak-banyaknya.  Dengan itu, kamu akan mendapatkan banyak bantuan dan pelajaran berharga dari mereka yang sudah berpengalaman. 

Tak hanya itu, kamu akan mendapatkan banyak teman tak hanya di divisi kamu, tapi juga departemen yang lainnya.  Jadi, jangan menunda nya.  Segera lakukan setelah mendapatkan tawaran kerja!

Buat kamu para UrbanGen yang masih bingung mencari lowongan kerja lainnya? Coba cari di Urbanhire! Buat akunmu dan jangan lupa untuk melengkapi profil kamu dulu ya agar perusahaan-perusahaan juga dapat dengan mudah mencari kandidat seperti kamu.