pernikahan

Menikah merupakan impian semua orang. Tetapi setiap orang memiliki target menikahnya masing-masing. Ada yang memilih untuk menikah di usia muda, ada pula yang memilih untuk fokus ke karier terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menikah muda, berikut empat langkah mengelola gaji agar rencana menikah Anda segera terwujud

1. Kalkulasi biaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tetapkan target. Anda harus menargetkan kapan pernikahan Anda akan dilangsungkan, di mana resepsi akan diadakan, di mana Anda akan tinggal bersama pasangan, serta hal-hal lain menyangkut kehidupan Anda selanjutnya.

Setelah menetapkan hal tersebut, kalkulasikan biaya yang dibutuhkan dan waktu yang Anda punya untuk mempersiapkan dana tersebut.

2. Buat tabungan khusus

Untuk mengamankan anggaran persiapan pernikaha Anda, siapkan tabungan khusus yang hanya ditujukan untuk rencana pernikahan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memisahkan dana untuk menikah Anda dengan kebutuhan lain.

Biasanya setiap bank memiliki program tabungan di mana fitur-fitur layanannya terbatas sehingga Anda bisa mengurangi melakukan transaksi sembarangan.

3. Tekan biaya sehari-hari

Anda pasti telah menyiapkan anggaran tersendiri untuk kebutuhan sehari-hari. agar rencana menikah Anda dapat terwujud dengan cepat, tekanlah pengeluaran sehari-hari Anda.

Misalnya, ketika berangkat kerja Anda bisa membawa bekal agar tidak perlu jajan di kantor. Selain itu, kurangi belanja hal-hal yang tidak Anda butuhkan.

4. Sesuaikan jumlah tabungan

Yang harus Anda ingat adalah besarnya anggaran pernikahan yang Anda buat tahun ini, tidak akan sama lagi pada saat Anda hendak menggelar pernikahan. Oleh karena itu, usahakan selalu menyesuaikan jumlah tabungan yang Anda setor setiap bulannya dengan berapa biaya yang Anda butuhkan untuk menikah.

5. Tingkatkan karier anda

Hingga akhirnya kamu menikah, kamu memerlukan lebih dari sekedar mengatur keuangan dan pengeluaran. Kamu perlu juga untuk fokus pada pemasukan yang berasal dari karier. Salah satu cara untuk meningkatkan karier adalah dengan mendapatkan pekerjaan baru. Seperti diungkap dalam artikel sebelumnya mengenai alasan untuk pindah kerja, kamu dapat menemukan bahwa pindah kerja bermanfaat untuk kemajuan kariermu. Setelah mengetahui alasan-alasan yang relevan untuk pindah kerja, barulah kamu dapat melihat lowongan-lowongan yang sedang terbuka.

Sumber: KompasKarier