Urbanhire Jobseeker

Tips Kreativitas: Tips Mengelola Kreativitas Dalam Suatu Industri

22

Jul 2019

4-Tips-Mengelola-Kreativitas-suatu-Industri-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Dampak yang paling berpengaruh dari kreativitas adalah mampu membuka hasil yang lebih bermakna. Ketika kamu terus bekerja dengan cara yang selalu kamu miliki, tidak ada cara untuk mengambil risiko dan menemukan cara baru untuk melaksanakan tugas, yang menghilangkan kemungkinan kreativitas di tempat kerja.

Dibawah ini adalah tips kreativitas untuk meningkatkan kreativitas di tempat kerja. Kiat-kiat ini berasal dari perusahaan di industri kreatif dan non-kreatif. Mereka akan memberi kamu wawasan tentang cara memicu kreativitas, bahkan jika kamu tidak berada di industri kreatif.

Apa saja tips kreativitas yang mungkin bisa kamu contoh dalam lingkungan industri?

  1. Mengundang orang luar untuk melihat proyekmu

Pengalih dayaan bukan istilah baru, tetapi dapat sangat berguna saat mencoba memicu kreativitas. Agen periklanan menggunakan istilah out thinking untuk merujuk pada praktik mereka yang memanfaatkan orang luar untuk menemukan perspektif baru tentang suatu proyek. Orang luar ini tidak ada hubungannya dengan proyek, bukan bagian dari agensi, dan tidak dalam industri klien.

Baca juga: 7 Tips Karir Sukses Untuk Wanita

  1. Dukungan untuk berkolaborasi langsung

Melalui kolaborasi, kamu bisa mendapatkan perspektif baru dan beragam tentang suatu proyek, yang mungkin tidak kamu miliki jika kamu mengerjakan sesuatu sendirian. Manajer dapat mendorong kolaborasi dengan memastikan bahwa kantor tersedia bagi orang untuk berkolaborasi. Ikatan pribadi dan kontak pribadi dengan rekan kerja membuatnya menyenangkan untuk bekerja dan membuka kreativitas dengan bantuan dari semua orang di tim.

  1. Gunakan permainan agar bekerja lebih menyenangkan

Kapan kamu memikirkan dan merasa kamu paling kreatif? Kamu mungkin mengingat kisah dari masa kecilmu. Itulah sebabnya menggunakan permainan anak kecil bisa jadi berguna. Dengan kata lain,kamu harus membuat pekerjaanmu lebih menghibur dan berkomitmen. Kamu dapat menerapkan permainan anak kecil seperti dengan mencari, menjelajahi, mengumpulkan, mempersonalisasikan, membandingkan, memilih, membeli, dan berbagi. Dengan menerapkan strategi ini ke tempat kerja perusahaan kamu, kamu juga mendorong partisipasi pribadi. Kemudian karyawan dan manajer akan menjadi lebih terlibat dan berkomitmen untuk pekerjaan mereka.

  1. Diversifikasi tim dalam perusahaan

Tim yang beragam dapat menggabungkan banyak keterampilan yang berbeda, yang dapat digunakan untuk menginspirasi orang lain. Kemudian setiap anggota tim dapat mempelajari sesuatu yang baru dari masing-masing kolega. Seringkali, perusahaan mempekerjakan orang yang memiliki metode serupa untuk menyelesaikan tugas. Kamu ingin meminimalkan praktik ini, karena kreativitas terletak pada penggunaan berbagai taktik pemecahan masalah. Dengan kata lain, tim yang beragam membawa perspektif baru tentang penyelesaian masalah.

Baca juga: Rasanya Bekerja di Industri Kreatif

  1. Minta ide dari karyawan yang kreatif

Saat membuat keputusan tentang perusahaan kamu, ide-ide karyawan sering kali diabaikan. Sebagian besar karyawan berada di kantor selama sekitar 40 jam per minggu. Jadi mereka tahu jika sesuatu perlu diubah, dan mereka sering punya ide sendiri. Namun, mereka mungkin tidak mendatangi kamu dengan ide untuk perbaikan. Jadi, tanyakan kepada karyawanmu tentang pendapat dan ide mereka. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah melibatkan karyawanmu dan mendapatkan lebih banyak ide tentang cara meningkatkan tempat kerja.

  1. Latih karyawan agar lebih kreatif

Luangkan banyak waktu untuk melatih karyawanmu. Dengan menginvestasikan waktu dalam pelatihan, kamu memastikan bahwa mereka tahu semua yang seharusnya mereka lakukan, dan mereka bekerja seperti yang kamu inginkan. Ketika kamu selesai melatih karyawanmu, mereka tahu apa yang bisa mereka bawa ke perusahaan, dan bagaimana mereka bisa menjadi bernilai. Kemudian mereka akan merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan lebih berdedikasi pada pekerjaan mereka.

  1. Memahami visi dan misi perusahaan

Masukkan misi dan visi perusahaan dalam sorotan. Semua karyawanmu harus sepenuhnya menyadari strategimu, karena itu akan menciptakan ikatan yang lebih kuat antara perusahaan dan karyawannya. Maka semua orang akan tahu apa yang sedang mereka kerjakan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan.

  1. Membangun berdasarkan nilai-nilai perusahaan

Salah satu cara untuk meningkatkan pola pikir kreatif di tempat kerja adalah mengetahui nilai-nilai. Penting untuk mendefinisikan nilai-nilaimu, dan memastikan bahwa semua orang di perusahaan mengetahuinya. Dengan begitu, semua orang berada di halaman yang sama tentang ke mana harus pergi berikutnya, dan tidak ada miskomunikasi. Ketika karyawan dan manajer mengetahui nilai-nilai perusahaan, mereka merasa lebih terhubung dengannya. Mereka tahu mengapa mereka bekerja, dan bagaimana berkontribusi.

Baca juga: Ayo Gunakan Teknologi untuk Mencari Pekerjaan!

  1. Buat Pandangan yang jelas tentang arah perusahaan

Setiap orang di perusahaan harus memiliki visi yang jelas tentang arah perusahaan di masa depan, dan bagaimana karyawan menciptakan nilai di dalam perusahaan. Karyawan harus merasa dihargai, dan mereka harus tahu bahwa apa yang harus mereka lakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Situasi ini akan menciptakan suasana terbuka bagi karyawan.

  1. Temukan sudut pandang baru dalam pemecahan masalah

Ketika kamu tidak dapat mengubah cara berkinerja sehari-hari, lihat cara dalam memecahkan masalah. Kamu dapat melihat berbagai hal dari berbagai perspektif, dan mempertimbangkan cara-cara baru untuk menemukan solusi melalui keterampilan karyawanmu. Ambil beberapa langkah ke belakang, dan lihat gambar yang lebih besar.

Nah, itulah beberapa tips kreativitas yang mungkin bisa kamu bertimbangkan dalam dunia industri agar mutu perusahaan lebih meningkat. Kreativitas adalah segalanya yang dapat menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya menjadi ada. Namun, tidak mudah untuk menumbuhkan kreativitas tanpa adanya usaha.

Bagaimana? Sudah mendapat ide-ide baru untuk mengembangkan usaha dan pekerjaanmu. Buat kamu para jobseeker yang masih mencari pekerjaan atau sedang ingin melamar pekerjaan sekarang bisa menggunakan teknologi digital seperti melalui Urbanhire. Terdapat lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka, lamar sekarang dengan membuat akun pencari kerja dan melengkapi profil Urbanhire-muBuruan lama sekarang!