Urbanhire Jobseeker

Tips Kerja Keras Untuk Peningkatan Karir

7

Oct 2019

Blog

Urbanhire – Kamu yang berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan tentu mendambakan peningkatan karir. Tidak perlu merasa malu, karena hal tersebut sejatinya merupakan sesuatu yang wajar. Tentu kamu pun tidak ingin memiliki karir yang stagnan alias jalan di tempat, bukan? Tapi, bagaimana sih cara efektif agar perjalanan karir kamu terus menanjak?

Jadilah Rekan Kerja Yang Menyenangkan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika mengharapkan karir cemerlang di masa mendatang adalah dengan menjadi sosok kolega yang membuat orang sekitar merasa nyaman. Generasi milenial mengenalnya dengan istilah supel alias pandai bergaul. Mungkin kamu lantas bertanya-tanya antara korelasi ramah dalam pergaulan dengan jaminan karir masa depan.

Jadi, ketika kamu memiliki predikat sebagai sosok yang positif, maka orang-orang sekitarmu tidak akan merasa ragu untuk merekomendasikan namamu jika ada sebuah polling promosi. Mendapatkan jumlah suara tinggi dalam sistem voting semacam itu tentu akan memuluskan jalur karirmu. Tapi ingat, menjadi supel berbeda dengan bertingkah layaknya penjilat.

Terus Belajar Terutama Pada Senior

Salah satu penyakit yang menjangkiti seseorang ketika sudah mendapatkan pekerjaan adalah keengganan untuk mengeksplorasi diri sendiri. Mereka cenderung memilih untuk berpegang pada pakem yang ada, mencari aman, dan hanya mematuhi instruksi. Tidak ada keinginan untuk upgrade kemampuan dengan terus mempelajari hal-hal baru, terutama dari para senior di perusahaan.

Padahal, dengan belajar pada mereka, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang perusahaan maupun bidang pekerjaanmu. Kamu bisa meningkatkan skill dalam bekerja sehingga berpengaruh positif terhadap perusahaan. Efek tersebut sangat baik untuk upaya peningkatan karir yang kamu dambakan. Jadi, jangan malas untuk terus belajar dan terutama mengeksplor dirimu, ya.

Baca juga : Tips Bekerja Cerdas

Kinerja Maksimal dan Terorganisir

Kamu tipe pegawai yang mengerjakan tugas secara random dengan memilih mana yang mudah dan menjadikan tugas sulit sebagai prioritas terakhir? Taktik itu bisa dikatakan adalah langkah yang salah jika kamu mengharapkan karir yang bersinar. Mengerjakan tugas yang sulit di akhir justru berisiko gagal menyelesaikannya akibat dikejar waktu.

Jadi, bekerjalah secara terorganisir mulai dari menyelesaikan tugas yang rumit dahulu baru tugas-tugas ringan. Dengan demikian, semua dapat diselesaikan tepat waktu. Selain itu, jangan menahan diri dengan bekerja separuh hati. Tampilkan produktivitas terbaikmu di tempat kerja. Perusahaan tentu lebih menghargai para pekerja keras, terlebih jika impact-nya bagus untuk bisnis mereka.

Bangun Koneksi Yang Luas

Hanya karena kamu bekerja di sebuah perusahaan, bukan berarti seluruh hidupmu hanya berkutat di sana. Karir seseorang dapat cemerlang salah satunya disebabkan oleh kepemilikan koneksi di luar perusahaan yang kuat. Mengenal banyak orang otomatis mendapatkan lebih banyak informasi penting yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan perusahaan.

Jadi, ketika kamu menginginkan peningkatan karir, penting untuk memiliki koneksi seluas mungkin. Selain untuk mencari informasi menguntungkan bagi perusahaan tempat kamu bernaung, bisa juga digunakan sebagai bentuk asuransi maupun proteksi diri atas posisimu saat ini. Koneksi bisa membantu melindungi diri kamu jika kemudian kamu diperlakukan secara tidak adil oleh employer.

Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Lebih Tinggi

Jabatan yang tinggi biasanya mengharuskan calon yang mendudukinya untuk memiliki standar tertentu. Salah satunya adalah minimal jenjang pendidikan. Tidak peduli seberapapun berbakat kamu, jika latar belakang pendidikan terakhir tidak memenuhi syarat, maka kamu pun akan kalah. Untuk itu, semakin tinggi posisi yang kamu incar, kamu pun harus meneruskan pendidikan.

Jangan khawatir waktumu keteteran hingga pekerjaanmu terbengkalai bila harus kerja sambil melanjutkan pendidikan. Dewasa ini sudah ada kelas khusus yang hanya masuk saat akhir pekan di mana mayoritas mahasiswa yang mengambil program tersebut memang bekerja. Tapi bukan berarti kamu bisa bersantai-santai. Lebih cepat kamu lulus, lebih tinggi pula peluangmu.

Baca juga : Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Menunjukkan Apresiasi Terhadap Hal Yang Berkaitan Dengan Orang Lain

Kemampuanmu dalam mengapresiasi atau minimal bereaksi terhadap orang lain sejatinya juga termasuk dalam bekal untuk meningkatkan karir yang kamu miliki. Seperti apa bentuk apresiasi sederhana itu? Yakni meminta maaf jika melakukan kesalahan dan berterima kasih atas bantuan orang lain. Sosok seperti ini adalah karakteristik yang dibutuhkan dalam upaya peningkatan karir.

Selain menunjukkan dirimu sebagai seseorang yang bertanggung jawab, tindakan semacam itu juga sebagai simbol leadership yang baik. Sebab, pemimpin seharusnya berpegang teguh terhadap aturan sehingga tidak mengutamakan ego pribadi ketika memang menyadari melakukan kesalahan. Jadi, orang yang merekomendasikanmu untuk kesempatan promosi memang mengambil keputusan tepat.

Disiplin Waktu

Salah satu kualitas yang wajib kamu miliki di tempat kerja adalah kedisiplinan soal waktu. Tidak hanya saat kamu masuk dan pulang kerja sesuai jadwal, namun juga kemampuan menyelesaikan tugas sesuai tenggat yang ditentukan. Sebab, waktu adalah suatu hal berharga yang acap kali dianggap remeh, terutama karyawan yang merasa terlindungi kontrak.

Mereka lantas mengabaikan tentang ketepatan waktu dalam segala hal, kemudian menyesal ketika laporan kinerja mencatat ketidakdisiplinan tersebut dan berpotensi kehilangan segalanya. Karena itu, tidak peduli semulus apa pun karirmu di perusahaan tempatmu bekerja, berpegang teguhlah pada ketepatan waktu jika ingin karirmu menanjak. Terlebih dengan semakin banyaknya alat pendeteksi kedisiplinan karyawan.

Jadi, untuk peningkatan karir di tempat kerja bagi para milenial, khususnya fresh graduate yang kurang pengalaman, sebenarnya tidak sulit. Pertama tentu dibutuhkan komitmen, kedua disiplin, dan ketiga kerja keras dan konsistensi. Persis kualitas-kualitas yang telah dijabarkan di atas tentang bagaimana karakteristik pegawai dengan masa depan karir cerah.

Jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan CV dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker. Yang sudah punya akun di urbanhire, jangan lupa untuk lengkapi profilmu, agar mempunyai peluang lebih banyak lagi untuk di lirik oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mencari pekerja.