Urbanhire - Vooya Partnership

Ada banyak tipe perusahaan, mulai dari start-up, perusahaan kecil, hingga korporat besar. Temukan tipe perusahaan yang paling cocok buatmu saat ini dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah! Di bagian akhir artikel, akan diulas deskripsi dari jawaban yang kamu pilih.

  1. Apakah kamu sudah menemukan tujuan hidup kamu?

A. Belum, dan masih terbuka sesuai dengan opsi karir yang didapat.

B. Sudah, tapi ada kemungkinan akan berubah seiring berjalan waktu.

C. Sudah, dan merasa saat ini sudah berada di jalur karir yang tepat.

D. Sudah, dan merasa dikelilingi oleh kolega yang juga memiliki visi yang sesuai.

E. Sudah, dan akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai tujuan itu.

 

  1. Pilih aspek terpenting buat kamu saat job hunting!

A. Core value perusahaan yang mengikuti tren sekarang.

B. Lingkungan kerja yang nyaman dan kekeluargaan.

C. Nama besar perusahaan.

D. Ideologi perusahaan sesuai dengan yang kamu anut.

E. Ajang belajar dan mencari pengalaman, ilmu pengetahuan dan keterampilan.

 

  1. Menurut orang terdekat, kamu itu orangnya seperti apa, ya?

A. Self-driven, senang dengan perubahan dan seorang yang berani ambil resiko.

B. Ulet, suka bergaul, dan mudah merasa puas.

C. Suka mengikuti peraturan, tetapi pemalu dan kurang suka tantangan.

D. Berprinsip, kritis terhadap peraturan / otoritas.

E. Ambisius, dapat memimpin dan inovatif.

 

  1. Kamu tergiur untuk mengambil suatu pekerjaan karena…

A. Ide perusahaan yang menarik dan inovatif.

B. Keamanan dan kenyamanan dalam bekerja.

C. Pendapatan dan jaminan yang ditawarkan besar.

D. Tujuan perusahaan memberikan perubahan positif bagi masyarakat.

E. Kesempatan yang besar dalam menggali ilmu dan keterampilan.

 

  1. Dalam mengambil keputusan, kamu cenderung…

A. Cepat, dan biasanya lebih condong untuk tidak mempertimbangkan opsi terlebih dulu.

B. Cepat, dan selalu mempertimbangkan semua opsi terlebih dulu.

C. Tidak terlalu cepat, dan tidak selalu mempertimbangkan semua opsi terlebih dulu.

D. Cenderung lambat, karena selalu mempertimbangkan semua opsi terlebih dulu.

E. Cepat, dengan atau tanpa mempertimbangkan semua opsi terlebih dulu.

 

  1. Sebelum tanda tangan kontrak pekerjaan, mana yang membuat kamu berpikir dua kali?

A. Kesempatan untuk pindah departemen di dalam perusahaan dirasa sulit.

B. Job description atau Key Performance Indicators yang tidak jelas.

C. Gaji dan benefit yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan.

D. Visi dan misi perusahaan ternyata tidak sesuai dengan harapan.

E. Kesempatan untuk mendapat professional development trainings dirasa kecil.

 

 

Oke! Jika kamu lebih banyak menjawab…

 

A = Perusahaan Start-up

Seperti namanya, perusahaan start-up adalah perusahaan yang umurnya masih relatif muda. Saat ini, perusahaan jenis ini sangat digandrungi oleh pencari kerja karena setting nya yang non-tradisional sehingga membutuhkan orang dengan ide-ide cemerlang yang bisa bekerja sendiri dengan inisiatif tinggi, dan tanpa aturan yang kaku.

Saat kamu masuk ke perusahaan start-up, kamu hampir pasti akan dihadapkan dengan job description yang sangat luas dan sering berubah seiring dengan pertumbuhan tren bisnis perusahaan. Bekerja di perusahaan tipe ini, selain membutuhkan orang yang berkreativitas dan berinisiatif tinggi, juga memerlukan orang yang siap untuk bekerja di luar batas office hour, dan tidak khawatir mendapatkan kompensasi rendah di awal, dan menghadapi kemungkinan kegagalan bisnis.

 

B = Bisnis Kecil – Menengah

Kamu cocok bekerja di perusahaan kecil-menengah, yang memiliki karyawan kurang dari 500 orang, dan lebih mengedepankan lingkungan kerja yang nyaman dan kekeluargaan. Perusahaan kecil biasanya sudah punya tujuan jangka panjang yang jelas, dan karena jumlah karyawannya sedikit, Setiap karyawan dalam perusahaan kecil bisa saja dihadapkan dengan beberapa proyek yang mewajibkan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang/client. Dengan ini kamu punya kesempatan membuat professional networking kamu lebih luas. Kamu pun akan senang hati menerima proyek dengan beragam fungsi.

Kamu sendiri adalah pribadi yang suka bergaul dengan teman sekantor baik di dalam maupun di luar jam kerja, dan hampir tidak pernah lalai dalam mengerjakan tugas.

 

C = Korporat Besar

Tipe perusahaan ini memiliki karyawan lebih dari 500 orang. Para pencari kerja mengincar pekerjaan di perusahaan besar karena kondisi bisnis yang relatif stabil, serta keamanan dari segi finansial. Kamu cocok bekerja di perusahaan korporat besar, yang memiliki sistem dan peraturan yang sudah tertata rapi. Setiap karyawan dalam perusahaan besar biasanya memiliki track pengembangan karir yang terencana, dan mendapatkan jadwal development training yang teratur, sesuai dengan kebutuhan kompetensi pada setiap fungsi.

Hal penting bagimu saat ini adalah pekerjaan yang stabil, dan jaminan keamanan finansial. Pada umumnya, kamu tidak punya masalah dalam mematuhi peraturan, dan suka dengan track pengembangan karir yang jelas dan terarah.

 

D = Organisasi Non-profit

Tipe tempat kerja yang satu ini tentunya tipe idaman bagi orang-orang yang ingin mengubah dunia menjadi lebih baik. Kamu adalah orang yang ingin bekerja untuk mengabdi kepada masyarakat, dan nyaman dengan pekerjaan tanpa memperhatikan posisi jabatan, maupun pendapatan finansial.

Job description tidak berarti banyak bagimu, selama pekerjaanmu memastikan kamu bisa berkontribusi kepada isu-isu yang kamu anggap penting. Kamu merasa menjadi bagian penting dalam sebuah usaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dan memiliki kepercayaan diri bahwa kamu bisa memberikan kontribusi positif.

 

E = Entrepreneurship

Kamu merasa lebih bebas dengan berinsipirasi dan mengerjakan hal yang kamu sukai sendiri. Menurutmu, tidak ada perusahaan lain yang bisa menampung imajinasi, serta aspirasi yang kamu punya saat ini. Kamu lebih senang mengajak teman maupun orang lain untuk bersama-sama membuat mimpimu jadi kenyataan.

Perlu dimengerti bahwa mendirikan perusahaan sendiri bukan tanpa tantangan, jadi saat ini kamu memilih pekerjaan yang bisa memberikan pelajaran dan ilmu yang kamu butuhkan untuk bisa membangun perusahaan sendiri di masa depan.

 

Dan yang terpenting: do what you love, and love what you do! Bagi kamu yang ingin dapet serunya magang di sebuah perusahaan start-up, yuk lanjut cek kesempatan magang di Vooya: Learning without Borders. Vooya membantu individu muda mengeksplor passion dan potential mereka melalui study tour berbasis learning-by-doing, di tempat-tempat seru seperti London, Tokyo dan Sydney.

 

Article supported by: Vooya