Tarik Perhatian Rekruter dalam 6 Detik!

Kamu punya pendidikan yang bagus, pengalaman kerja yang keren banget, tapi untuk mendapatkan sebuah pekerjaan sangatlah sulit dikarenakan banyaknya persaingan untuk mendapatkan posisi atau jabatan yang di inginkan. Ditambah lagi para rekruter hanya memiliki waktu yang sangat singkat yaitu 6 detik untuk melihat CV kamu. Nah, sudah saatnya nih kamu membuat CV  yang menarik perhatian para rekruter.

  1. Header

Di bagian ini, kamu masukkan informasi dasar seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Kamu juga bisa memasukkan media sosial yang kamu miliki, misalnya LinkedIn, Twitter, Facebook atau Github (untuk para developer). Jika kamu memiliki website sebaiknya juga di masukkan saja karena bisa jadi para rekruter mencari kamu di Google untuk melihat aktifitas kamu. Jadi, buatlah bagian ini rapi dan tidak ada typo.

  1. Objective / Goals

Pada bagian ini, kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu benar – benar mengetahui pekerjaan yang akan kamu ajukan ke perusahaan dengan memasukkan kata kunci yang sesuai. Di dalam resume kamu, tidak perlu mengatakan kata objektif, cukup jelaskan secara ringkas tentang pengalaman dan goals kamu dalam satu kalimat. Jangan lupa untuk memasukkan bagaimana kamu bisa membantu perusahaan untuk ke depannya, bukan bagaimana perusahaan membantu kamu ke depannya.

  1. Pendidikan

Di bagian pendidikan, cukup jelaskan secara simple. Tidak perlu memasukkan pendidikan mulai dari SD hingga Universitas. Cukup masukkan Universitas atau Perguruan Tinggi yang kamu ikuti. Sebutkan juga kamu mengambil fakultas dan jurusan apa serta tahun kelulusan dan IPK.

  1. Pengalaman

Tentunya kamu memiliki pengalaman kerja seperti magang ketika sedang libur kuliah, pengalaman di organisasi, freelance dan sebagainya bisa dimasukkan ke bagian ini. Akan tetapi, masukkan pengalaman – pengalaman yang bisa membuat resume kamu berbeda dan sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Ketika memasukkan pengalaman kerja di bagian ini, pastikan urutannya dimulai dari pengalaman yang paling terbaru. Misalnya, kamu baru saja menjadi bagian sponsorship di sebuah acara dibulan April 2017. Maka pengalaman tersebut yang pertama dituliskan, jadi penulisan pada bagian pengalaman berdasarkan yang paling terbaru.

  1. Sertifikat

Pada bagian ini kamu bisa memasukkan sertifikasi yang telah kamu dapatkan. Misalnya, kamu sudah mendapatkan nilai IELTS atau TOEFL bisa dimasukkan di bagian ini. Bisa juga kamu memasukkan pelatihan – pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu tuju, misalnya pelatihan tentang kepemimpinan atau pelatihan mengenai keuangan atau teknologi. Dengan memasukkan bagian ini, bisa menjadikan nilai tambah untuk kamu ketika sedang di seleksi oleh rekruter. Rekruter akan melihat bagaimana kompetensi kamu.

  1. Skills/ Kemampuan

Untuk penulisan skills, kamu bisa menuliskan apa saja kemampuan dan keterampilan kamu. Jangan hanya menuliskan “Bisa menggunakan Microsoft Office” karena di era sekarang ini, para rekruter mencari para pencari kerja yang memiliki skills yang dapat membantu perusahaan. Misalnya, kamu seorang desain grafis yang bisa menggunakan Adobe. Maka tuliskan ‘Adobe’ di skills kamu, atau kamu dapat menganalisa data, itu juga bisa dimasukkan sebagai salah satu skills.

Pada saat menuliskan resume, hindari kata – kata berikut ini karena bisa membuat resume kamu tidak dilihat oleh rekruter:

  • Team player
  • Bertanggung jawab untuk…
  • Berpengalaman bekerja pada…
  • Problem solving skills
  • Detailed oriented
  • Pekerja keras
  • Proaktif

Membuat CV terkadang memang membingungkan dalam hal apa yang harus dimasukkan dalam CV. Nah ketika dihadapi keraguan dan kebimbangan ketika menuliskan CV coba ikutin tips ini:

  • Tunjukkan CV kamu ke teman atau keluarga kamu untuk di cek kebenaran dan apakah ada kesalahan dalam penulisan.
  • Jangan membuat CV kamu terlalu pendek atau terlalu panjang. Panjang CV kamu seharusnya paling banyak adalah 2 lembar, akan tetapi sangat disarankan untuk dimuat dalam  1 lembar saja.
  • Fokuskan ke pengalaman – pengalaman yang general.
  • Jangan masukkan informasi yang tidak relevan, masukkan informasi yang penting untuk dibaca dan sesuai dengan posisi yang sedang kamu lamar.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara membuat CV yang kreatif, kini saatnya kamu mempercantik CV yang sudah kamu upload di Urbanhire. Dengan CV yang kreatif, kesempatan kamu mendapatkan interview di tempat kerja pilihan juga akan semakin terbuka lebar!