Urbanhire Jobseeker

Tantangan Fresh Graduate Di Era New Normal

7

Jul 2020

Blog

Urbanhire – Tantangan fresh graduate saat ini semakin kompleks di tengah pandemi dan new normal ini. Selain harus menghadapi tantangan mengenal dunia kerja, kamu sebagai fresh graduate juga harus menghadapi tantangan baru yang dimunculkan oleh pandemi ini. Bisa dikatakan tantangan yang kamu hadapi saat ini berbeda dengan tantangan yang dialami fresh graduate tahun-tahun sebelumnya. Apa saja tantangan tersebut?

Pengangguran Semakin Banyak = Persaingan Makin Ketat

Ini yang menjadi tantangan utama yang akan kamu hadapi sebagai fresh graduate “pandemi”. Kamu akan bersaing dengan fresh graduate angkatanmu dan angkatan sebelumnya yang ditambah dengan karyawan yang terkena PHK. Banyak perusahaan yang sedang stop perekrutan sehingga mengakibatkan SDM yang melimpah yang tidak bisa terserap dengan baik. Jadi tantangan fresh graduate saat ini adalah di persaingan yang semakin ketat.

Tekanan Dari Diri Sendiri

Tantangan fresh graduate yang kedua adalah kesehatan mental kamu. Banyak fresh graduate saat ini yang mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini disebabkan karena terlalu memberikan tekanan kepada diri sendiri. Tekanan ini berasal dari diri sendiri karena merasa sulit mendapat panggilan kerja dan malu terhadap keluarga serta teman-teman. Jadi kamu harus sabar ya karena memang kondisinya sedang sulit dan kamu harus tetap berusaha serta berdoa.

Tidak Ada Batasan Ilmu

Nah di era new normal ini batasan ilmu semakin tipis, ini menjadi tantangan fresh graduate di tengah pandemi. Semua orang bisa belajar apapun tanpa mengenal background. Hal ini dikarenakan banyaknya waktu luang yang orang-orang dapatkan akibat selalu di rumah saja. Saran untuk kamu adalah jangan merasa nyaman dan merasa puas dengan ilmu kamu sekarang ini. Dan banyak perusahaan saat ini yang menginginkan karyawan yang serba bisa. Jadi ilmu dan pengetahuanmu harus selalu kamu upgrade.

Itulah tiga tantangan yang akan kamu hadapi sebagai lulusan baru di tengah pandemi. Kamu bisa selalu mengupgrade skill dan ilmu kamu untuk menambah nilai jual diri kamu. Di Urbanhire kamu juga menambah nilai jualmu dengan mengikuti tes Bahasa Inggris secara gratis. Hasil tes akan memberikan nilai tambah untuk profil Urbanhire-mu. Jadi ayo buruan buat akun Urbanhire, lengkapi profilmu dan ikuti tes Bahasa Inggris secara gratis