Urbanhire Jobseeker

Tanda-Tanda Sebenarnya si Bos Menyukai Kinerja Kamu

3

Feb 2020

Blog

Urbanhire – Sudah pasti kamu ingin bos di kantor menyukai kinerja kamu.  Karena dengan memiliki hubungan yang baik dengan atasan, sangat penting untuk mendapatkan penilaian yang bagus agar kamu bisa berkembang atau naik jabatan nantinya.  Penting juga untuk mendapatkan kepercayaan dari bos di kantor dan juga respek satu sama lain. 

Betapa senangnya jika kamu diperlakukan dengan sangat baik oleh si bos dengan mendapatkan pujian langsung atas kinerja kamu.  Namun, dengan beberapa bos mungkin kurang efektif dalam menunjukkan rasa senangnya terhadap kinerja kamu dibandingkan yang lain.  Untuk itu, simak tanda-tanda seperti apa sih kalau si bos sebenarnya menyukai kinerja kamu.  8 tanda-tanda diantaranya:

1. Mendapatkan Banyak Feedback

Biasanya bos di kantor yang agak sulit menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap karyawan berprestasi akan memberi banyak feedback.  Seperti dikutip oleh CEO Bates Communications, Suzanne Bates menyatakan, sebagian besar feedback yang mereka berikan cenderung negatif.  Tapi, jangan khawatir, itu adalah pertanda bagus, lho! 

Itu berarti,bos di kantor yang seperti itu memberimu banyak peluang untuk berkembang dan sangat menghargai kinerja kamu selama ini.  Selain memberi masukan yang tidak semuanya positif, bos yang seperti itu juga kerap memberi peringatan supaya kamu bisa mengatasi tugas dan masalah dengan baik. 

2. Terus Menerus Diberi Tantangan

Dikala bos di kantor terus menerus memberimu tantangan untuk tugas-tugas baru, kamu pun merasakan kewalahan.  Kamu jangan sampai menyerah.  Karena, ini pertanda kamu dinilai kemampuanmu untuk maju ke tahap berikutnya. 

Bagaimana tidak?  Kepercayaan si bos terhadap kamu bertambah.  Apalagi jika kamu dapat bertahan dalam semua tantangan yang diberikan dan juga bertanggung jawab.  Itu artinya kamu memang berbakat dan pantas untuk dipromosikan atau berkembang. 

Baca juga: Tipe Bos yang Nyebelin dan Cara Menghadapinya. Bos Kamu Tipe yang Mana?

3. Kamu Merasa Dihormati dan Dihargai

Tak kalah pentingnya dari merasa disukai kinerja kamu oleh si bos, tapi juga mendapatkan respek dari bos di kantor merupakan suatu keuntungan.  Yang terjadi biasanya ide-ide kamu akan diterima 99% oleh si bos.  Tak hanya itu, si bos akan mendengarkan dan berusaha untuk menjadikan ide-ide kamu sebagai prioritas. 

Menurut Suzanne Bates yang sudah berpengalaman menjadi si bos di kantor, kecocokan antara bos dan karyawan bukan hanya dilihat dari kontribusi dan pertukaran ide, tetapi juga dari cara membuat perusahaan lebih berkembang.  Nah, sudah pastinya kamu akan dilibatkan dalam tugas dan percakapan penting perusahaan.

4. Opini Kamu Sangat Berharga

Pertanda berikutnya yaitu opini kamu sangat berharga menurut bos di kantor.  Dalam artian, si bos akan selalu bertanya tentang pendapat kamu sebelum memutuskan sesuatu di perusahaan. 

Menurut CEO dari Rainmaker, Bruce Tulgan menambahkan bahwa karyawan yang disukai oleh para bos di kantor akan diberikan lebih kepercayaannya.  Selain itu, jika ada tim meeting dengan semua anggota divisi, kamu akan selalu diikutsertakan dan dimintai pendapat.

5. Jarang Memberi Pujian

Sebagai salah satu karyawan kepercayaan bos di kantor, kamu akan jarang mendapat pujian.  Feedback yang tegas dijadikan alasan untuk memberimu sebuah pelajaran yang berguna tentang perusahaan dan posisi kamu untuk berkembang. 

Selebihnya, menurut Bates dan Tulgan, keduanya menyampaikan kebanyakan bos tidak menunjukkan pujian terhadap karyawan terbaik mereka.  Karena, pada dasarnya, karyawan terbaik sudah sadar akan prestasi mereka.  Karyawan yang kurang berprestasilah yang perlu dipuji agar performa mereka meningkat.

Baca juga: Kamu adalah Bosnya, Bukan Teman

6. Kamu Sering Dijadikan Contoh

Karena prestasi kinerja kamu yang bagus, alhasil kamu sering dijadikan contoh untuk mengajari para karyawan baru.  Bahkan, karyawan yang setingkat dengan kamu pun si bos akan suruh datang langsung ke kamu.  Mereka dengan masalah tugas perlu bimbingan seorang karyawan terbaik.

Jika ini terjadi dan kamu merasa ini bukanlah tugasmu atau ini hanya menambah beban kerja saja, berpikirlah positif.  Dibalik itu semua, yang bisa kamu dapatkan adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan kemampuanmu kepada semua orang.  Selain itu, kamu akan berada dalam lingkaran kepercayaan bos di kantor.

7. Diberi Tanggung Jawab Untuk Tugas Penting

Semakin kamu dipercaya oleh bos di kantor, semakin sering kamu akan diberi tanggung jawab untuk tugas penting perusahaan.  Anggaplah ini sebagai komplimen atas kerja kerasmu selama ini. 

Ini artinya si bos memberikan kepercayaannya kepada kamu untuk mengemban tugas-tugas penting perusahaan yang tak semua karyawan bisa.  Memang kamu tidak akan mendapatkan penghargaan, tetapi kemampuan kamu itu dihargai dan dipuji secara tidak langsung.

8. Kamu Tidak Diabaikan

Dengan semua tanda-tanda di atas, kamu masih merasa ragu bos di kantor menyukai kinerja kamu, jangan khawatir.  Dari waktu ke waktu, si bos pasti menanyakan keadaan kamu di perusahaan, bukan?  Nah, itu pertanda bagus karena kamu tidak diabaikan sebagai karyawan terbaik perusahaan.

Itu juga merupakan pertanda si bos takut kehilangan salah satu karyawan terbaiknya.  Malahan, obrolan langsung seperti itu menunjukkan kepedulian si bos akan keadaan kamu di perusahaan.  Bagaimana cara agar kamu tetap merasa betah di kantor, merupakan salah satu sikap si bos yang sangat menghargai kerja kerasmu.

Jika tanda-tanda di atas sering kamu dapatkan dari bos di kantor, maka jangan kecewakan bos kamu itu.  Tetaplah berambisi untuk berkembang demi kemajuan perusahaan.  Dengan cara meningkatkan performa kamu dari sebelumnya akan membuat kamu lebih dipercaya si bos.  Sudah pastinya, siapa yang akan dipromosikan dan diprioritaskan, kalau bukan kamu?  Walau hanya dengan pujian kecil saja, tak berarti kamu tidak disukai.  Melainkan, kepercayaannya kepada kamu untuk menyelesaikan proyek penting lah yang utama.

Yuk ikutan Lucky Draw Urbanhire x Ralali.com