Urbanhire Jobseeker

Tanda-Tanda Kamu Bekerja Terlalu Keras

17

Jul 2020

Blog

Urbanhire – Bekerja dengan rajin merupakan hal yang perlu kamu terapkan, namun jika kamu bekerja terlalu keras akan memberikan efek negatif kepada dirimu. Ingat perbedaan bekerja secara rajin dan keras. Jika rajin semua pekerjaan terselesaikan sesuai dengan waktu jam kerja. Namun jika bekerja terlalu keras, bisa diartikan bekerja dengan tidak efektif. Nah bekerja secara tidak efektif ini akan memberikan dampak negatif kepada kesehatan mental. Yuk lihat tanda-tanda jika kamu bekerja terlalu keras supaya kamu bisa mengerem diri kamu demi kesehatan.

Tertekan Berujung Depresi

Tertekan atau stres merupakan hal yang biasa dan sering dirasakan oleh semua karyawan. Banyak sekali faktor yang membuat tertekan atau stres ketika bekerja. Bisa karena deadline yang singkat atau mendapatkan masalah dari luar kantor. Namun jika kamu setiap hari mengalami tekanan dan stres yang berakibat mengganggu aktivitasmu sehari-hari bisa dikatakan ini adalah salah satu tanda kamu bekerja terlalu keras. Biasanya hal ini terjadi karena kamu bekerja lebih dari 11 jam dalam sehari. Pola kerja seperti ini akan membuatmu tertekan dan berujung kepada depresi situasional. Luangkan waktu untuk santai dan bekerjalah dengan jam kerja normal.

Turunnya Produktivitas

Tanda kamu bekerja terlalu keras selanjutnya adalah produktivitas kerja menurun. Jika kamu merasa sudah bekerja berjam-jam namun tidak ada yang selesai satu kerjaan pun berarti ini menandakan penurunan produktivitas. Hal ini berkaitan dengan rasa tertekan tadi jadi kamu sulit untuk fokus kepada pekerjaan kamu. Cobalah untuk membuat list atau daftar pekerjaan yang berdasarkan prioritas. Dengan memiliki daftar prioritas kamu akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dan akan selesai tepat waktu.

Intensitas Merokok Meningkat

Kebiasaan buruk yang akan muncul ketika kamu bekerja terlalu keras adalah intensitas merokok meningkat. Ini akibat dari kamu merasa stres dan tertekan sehingga butuh pelampiasan berupa rokok. Kebiasaan ini selain buruk terhadap kesehatan mental juga buruk terhadap kesehatan fisik terutama paru-paru dan finansial. Kenapa finansial karena kamu lebih sering untuk membeli rokok. Sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan ini jika kamu merasa stres atau tertekan.

Kualitas & Kuantitas Tidur Menurun

Jika kamu sudah mulai susah untuk tidur berarti kondisi ini menandakan kamu terlalu keras dalam bekerja. Kurangnya jam tidur dan kualitasnya membuat kamu menjadi stres. Dan jika ini berlangsung lama akan membahayakan kesehatan jantungmu. Jika kamu sudah mulai susah untuk tidur sebaiknya kamu mulai mengurang intensitas menghadap layar gadget dan lebih banyak untuk melakukan kegiatan fisik di luar rumah. Hal tersebut akan membantu mengembalikan pola tidurmu.

Itulah tanda-tanda jika kamu terlalu keras dalam bekerja yang bisa berdampak terhadap kesehatan mental dan fisik kamu. Jadi kamu harus pandai-pandai dalam mengatur jam kerja agar kamu tidak mengalami stres yang dapat berujung kepada depresi.