Urbanhire Jobseeker

Sst.. Ini Rahasia Ingin Naik Jabatan

13

Nov 2019

Blog

Urbanhire – Promosi naik jabatan di tempat kerja merupakan impian bagi para pekerja. Terutama bagi mereka yang telah mengabdikan diri bertahun-tahun di tempat kerja. Agar memperoleh kenaikan jabatan tentu memerlukan usaha yang tidak sedikit untuk meraihnya.

Untuk mendapat kenaikan jabatan, ada tips rahasia yang harus dijalani terlebih dahulu. Tips tersebut tidak hanya dapat diterapkan mereka yang sudah lama bekerja, namun mereka yang baru keterima bekerja juga sangat bisa melakukannya. Berikut ini adalah tips sederhana namun ampuh yang harus dilakukan agar memperoleh promosi naik jabatan.

Rahasia Agar Memperoleh Kenaikan Jabatan di Kantor

1. Datang ke Kantor Lebih Awal

Sikap disiplin dan tidak pernah telat bisa dikatakan merupakan faktor kunci diberikannya kamu promosi di kantor. Atasan tentu tidak akan mau memberikan kenaikan posisi bagi mereka yang sering terlambat dan sangat tidak disiplin di tempat kerja. Dengan membangun reputasi sebagai seseorang yang datang awal dan tidak pernah telat, akan membuat atasan mempertimbangkan promosi kenaikan jabatan untukmu.

Sebaiknya datang 15 menit lebih awal. Jika memungkinkan, datanglah lebih awal ketimbang atasan. Jika hal tersebut kamu lakukan rutin setiap hari, atasan akan menyadari betapa disiplin dan rajinnya diri kamu.

2. Berani Menyampaikan Ide Saat Rapat

Jangan pernah menjadi karyawan pasif yang hanya mengikuti alur ketika rapat. Baik rapat penting maupun rapat kecil, berusahalah untuk selalu menjadi yang terdepan mengutarakan ide cemerlang. Tidak perlu takut salah dan sebagainya, rapat adalah saat dimana ide-ide cemerlang dimunculkan untuk didiskusikan.

Agar atasan semakin menaruh minat padamu, sebaiknya pikirkanlah beberapa ide cemerlang sebelum dilaksanakannya rapat. Kamu bahkan bisa memikirkannya sehari sebelum hari H rapat agar ide yang diberikan semakin berkualitas.

3. Menjadi Seseorang yang Terorganisir

Jika ingin memperoleh promosi naik jabatan, maka kamu juga harus membiasakan diri dengan jadwal yang terorganisir. Dengan menyusun jadwal yang terorganisir, pekerjaanmu pun menjadi lebih teratur dan terjadwal. Alhasil, kamu bisa memaksimalkan seluruh waktu yang kamu miliki agar hasil pekerjaan semakin optimal dan berkualitas.

Kamu pun tidak akan merasa stress akibat tekanan pekerjaan yang berlebihan. Kebiasaan menunda pekerjaan juga dapat kamu hindari ketika memiliki jadwal yang terorganisir. Yang penting selanjutnya adalah mematuhi jadwal yang telah kamu buat.

Baca juga: 3 Cara untuk Dipromosikan Menjadi Manager

4. Menunjukkan Sikap Kepemimpinan

Sikap kepemimpinan adalah sikap yang tentunya dibutuhkan dan dicari oleh seorang atasan jika ingin memberikan promosi naik jabatan. Ketika jabatanmu naik, otomatis kamu akan dipercaya memimpin suatu tim kerja. Alhasil kemampuan untuk memimpin sekelompok orang sangatlah penting.

Sikap kepemimpinan sudah dapat kamu tunjukkan meskipun kamu saat ini masih menjadi karyawan bawah. Caranya adalah dengan mengekspresikan semangat dan ketegasan tatkala bekerja. Tunjukkan pula integritas dan kepercayaan diri ketika bekerja yang merupakan modal penting sebagai pemimpin.

5. Melaksanakan Tugas dan Bertanggung Jawab

Sekecil apapun tugas tersebut, itu tetap merupakan tugas yang telah dipercayakan oleh atasan kepada kamu. Untuk itu jangan pernah mengecewakan atasan dengan menyepelekan tugas tersebut. Lakukan tugas tersebut sebaik mungkin.

Jika memungkinkan, selesaikan tugas tersebut sebelum deadline yang telah ditetapkan atasan. Tentu atasan akan semakin puas dengan kinerja kamu dan mempertimbangkanmu untuk promosi kenaikan jabatan.

6. Pelajari Pekerjaan dengan Baik di Rumah

Agar performa di tempat kerja semakin meningkat, kamu bisa meluangkan waktu meski sebentar di rumah untuk mempelajari tugas. Dengan meluangkan waktu di rumah untuk mempelajarinya, maka kamu pun akan memerlukan waktu yang semakin sedikit ketika mengerjakan tugas di kantor.

Alhasil, atasan akan melihat bahwa kamu memiliki performa yang menarik. Apabila performa kamu dianggap baik oleh atasan, maka tiket kenaikan gaji serta jabatan pun sudah ada di depan matamu.

Baca juga: 5 Cara untuk Naik Jabatan (tanpa harus menjilat atasan)

7. Mampu untuk Bekerjasama dengan Tim

Beberapa orang merasa dirinya terlalu tinggi hingga tidak mampu menyesuaikan dengan ritme tim. Dirinya ingin merasa paling menonjol dan dominan hingga tidak sadar bahwa memiliki sikap yang menyebalkan. Jika kamu memiliki sikap seperti ini karena harapan ingin dilirik atasan, maka kamu salah besar. Sikap ingin menjadi yang paling menonjol terkadang justru menjadi boomerang bagi karirmu di masa mendatang.

Atasanmu akan lebih memberi perhatian bagi mereka yang mampu mengorganisir tim sekaligus membaur dan bekerjasama dalam tim. Seseorang yang mampu mengatur tugas yang diberikan sekaligus bekerja bersama dengan rekan lainnya dalam tim justru memiliki nilai positif dibanding mereka yang berusaha mendominasi.

8. Memberikan Bantuan bagi Karyawan Lain

Tidak ada salahnya memberikan bantuan yang dibutuhkan rekan tim lainnya ketika pekerjaanmu memang telah selesai. Dengan memberikan bantuan kepada rekan tim, kamu pun akan semakin mengefisienkan kinerja tim. Selain itu, rekan tim yang lain pun akan memiliki pandangan yang positif mengenai dirimu. Dengan begitu, mereka tentu akan mendukungmu jika kamu mendapat promosi naik jabatan.

9. Berpenampilan Sesuai Kultur Perusahaan

Penampilan dalam pekerjaan sangatlah penting. Memang benar kinerja tidak bergantung pada penampilan seseorang. Namun berpenampilan acak-acakan dan tidak sesuai kultur perusahaan justru akan membuatmu memperoleh cap negatif sebelum orang mengetahui kinerjamu. Oleh sebab itu, biasakan untuk berpenampilan sesuai dengan kebiasaan dan budaya di dalam perusahaan.

Baca juga: Mendapatkan Promosi bagi Kamu yang Introvert

10. Bahasa Tubuh yang Mendukung

Tidak hanya penampilan, bahasa tubuh juga mnejadi modal yang penting. Usahakan agar Bahasa tubuhmu positif dengan cara tersenyum namun tetap berjalan tegap. Jalan tegap menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi. Sementara tersenyum terhadap yang lain menunjukkan bahwa kamu orang yang ramah dan dapat diajak bekerjasama.

Jadi sudah siap belum untuk naik jabatan? Buat para UrbanGen yang masih cari pekerjaan, percantik CV kamu dan jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan CV dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker. Buat dan lengkapi akun Urbanhire kamu.