https://www.urbanhire.com/blog/wp-content/uploads/2019/04/Urbanhire_BLOG-Sikap-Profesional-Ketika-Bekerja-dengan-Teman-Baik-.png

Urbanhire – Terdengar menyenangkan ketika kamu memutuskan untuk berbisnis dengan sahabat atau teman baik kamu. Kamu bisa setiap hari bertemu, selain semakin mempererat persahabatan bisa sekalian juga mendatangkan pemasukan. Tetapi, apakah terdengar seindah itu? Hmmm, ternyata ada sisi negatif nya juga lho.

Rasa saling cocok sebagai sahabat tidak selamanya bisa diterapkan dalam berbisnis. Adakalanya dalam suatu bisnis kita memerlukan satu keputusan penting yang bersifat urgen dan sebagai partner bisnis, kamu berhak untuk memberikan hak suara dalam keputusan tersebut. Apabila dicapai kesepakatan lebih cepat dan sesuai sih tidak masalah, bagaimana kalau berbeda pendapat? Ini yang repot. Tidak jarang hal itu bisa memperburuk hubungan apalagi kalau sudah menyangkut masalah financial, bisa-bisa persahabatan yang selama ini terjalin bisa bubar jalan.

Baca juga : Tips Bekerja Cerdas

Untuk meminimalisir hal-hal itu terjadi, berikut ada beberapa tips sikap professional yang harus kita lakukan ketika bekerja dengan teman baik:

  1. Tentukan Terlebih Dahulu Jenis Bisnis Yang Akan Dibangun.

Alangkah lebih baiknya apabila salah satu dari kamu atau teman kamu sudah terlebih dahulu menggeluti atau minimal mengetahui seluk beluk jenis bisnis yang akan dibangun. Hal ini akan sangat membantu apabila ada masalah yang terjadi, setidaknya kamu dan teman anda tidak terlalu buta cara meyelesaikannya. Disarankan salah satu dari pembangun bisnis pun harus terus belajar dan upgrade ilmu supaya ikut siap membangun bisnis bersama.

  1. Samakan Tujuan, Visi dan Misi Anda.

Membangun suatu bisnis tanpa tujuan dan visi misi sama dengan kamu menyetir mobil tanpa mengetahui arahnya kemana. Kedekatan atau chemistry yang sudah terjalin antara anda dan sahabat bisa menjadi salah satu modal yang baik untuk menentukan visi dan misi perusahaan. Hal ini juga sangat diperlukan untuk kemudian kamu dan sahabat mulai berbagi tugas dan wewenang dalam perusahaan. Sikap professional dalam bekerja dan komit dengan tugas yang telah ditentukan adalah salah satu kunci sukses bisnis bersama teman.

  1. Berbagi Peran Serta Modal Usaha Dengan Adil.

Hal ini juga penting disadari dari awal. Biasanya bisnis membutuhkan modal uang. Besar kecilnya modal tergantung skala bisnis yang akan dibangun. Tentukan dari awal peran apa yang akan dibagikan antara  kamu dan sahabat, misalnya kamu sebagai Manager Marketing dan sahabat kamu sebagai Finance Manager. Tetapkan dari awal tugas dan tanggung jawab masing-masing serta besaran modal yang akan disetorkan. Apakah fifty-fifty atau persentase yang berbeda. Kalau perlu catat semua dalam kontrak bermaterai dan sahkan di depan notaries. Hal ini sangat penting mengingat bisnis tidak selama nya mulus dan masalah keuangan bisa memicu keretakan persahabatan.

Baca juga : Sulitkah Menjalin Persahabatan di Kantor?

  1. Bedakan Antara Saat Tugas Dan Santai.

Kongkow di café dan curhat bersama sahabat memang menyenangkan. Tetapi apabila kamu sedang dalam relasi bisnis, harus bisa membedakan kapan waktu yang tepat untuk kerja dan santai. Sebagai pemilik usaha anda dituntut untuk bekerja secara professional walaupun saat santai pun diperlukan untuk melepas kejenuhan. Kamu bisa mengobrol hal-hal ringan pada saat jam makan siang misalnya, dan tetap serius disaat anda harus menentukan keputusan bisnis. Kamu mungkin bisa sedikit bersantai setelah usaha berkembang dan mulai memiliki banyak karyawan.

  1. Bicarakan Pembagian Keuntungan Dengan Jelas Dari Awal.

Seringkali masalah keuangan bisa menjadi pemicu hancurnya bisnis. Bagaimana sebaiknya membagi keuntungan secara berimbang? Hendaknya, kedua belah pihak telah mengerti dulu apa yang dimaksud dengan gaji dan pembagian keuntungan atau deviden. Tetapkan komitmen pembagian yang imbang dari awal, berapa gaji yang akan diterima masing dan deviden pada saat bisnis anda untung. Pengelolaan keuangan yang rapih dan transparan akan turut serta menyumbang suksesnya suatu bisnis. Pembagian gaji pun harus berimbang dengan kerja dan tanggung jawab masing-masing.

Baca juga : 5 Tips Penting Untuk Mengawali Karir Dari Magang

  1. Diperlukan Disiplin Diri Dan Kerja Keras.

Membangun bisnis di awal-awal sangat memerlukan komitmen dari para founder nya. Sikap disiplin, pantang menyerah dan kerja keras sangat diperlukan. Sikap tersebut harus dimiliki oleh kedua belah pihak. Jangan pernah merasa telah bekerja keras seorang diri, perlu kerja sama yang baik karena bisnis biasanya akan sulit pada awal-awal.

  1. Komunikasi Yang Baik Antar Teman.

Kunci dari berhasilnya manajemen suatu perusahaan diantara nya adalah komunikasi yang baik dan jelas antar sesama pendiri nya. Apalagi bila pendiri lebih dari dua orang. Komunikasi kan setiap permasalahan yang timbul di dalam bisnis anda dengan diskusi. Jangan mau menang sendiri karena akan membuat masalah semakin berlarut-larut. Sikap terbuka terhadap kritik pun diperlukan demi lancarnya komunikasi kedua belah pihak.

  1. Jangan Memulai Bisnis Hanya Karena Kasihan.

Kamu mengalami hal ini? Seorang teman memohon kerjasama dengan anda dan anda tidak tega untuk menolaknya. Hati-hati, jika anda memulai bisnis setengah hati hanya karena kasihan dengan teman anda dikhawatirkan anda tidak menjalani nya dengan sepenuh hati. Sampaikan kepada teman anda bahwa bukan berarti kamu tidak mau menolongnya, tetapi kamu sudah mempunyai bidang bisnis lain yang mungkin lebih sesuai dengan kepribadian kamu.

Baca juga : Balada Hubungan Cinta di Tempat Kerja Berakhir Buruk

Demikian beberapa tips cara memulai bisnis dengan teman dekat. Hati-hati jangan hanya karena bisnis bersama dan terjadi konflik, pertemanan kamu dipertaruhkan. Kamu tidak mau hal ini terjadi bukan? Selamat berbisnis, Semoga Sukses !

Yang masih bingung dimana dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu, yuk mari lihat di Urbanhire, banyak sekali perusahaan terbaik yang dapat kamu temukan! Buat akun Urbanhire-mu sekarang, lamar pekerjaan ke lebih dari puluhan ribu lowongan pekerjaan yang berkualitas!