Urbanhire Jobseeker

Seorang Pemimpin Selalu Menjadi Yang Pertama

2

May 2016

Mengambil keputusan untuk menjadi yang pertama berarti berusaha menguji keyakinan terhadap sesuatu hal yang belum pasti, hal ini akan memposisikan anda pada kondisi yang rentan terhadap persoalan rumit, termasuk dalam memperhitungkan resiko yang akan dihadapi ke depan.

Menjadi yang pertama juga merupakan keberanian untuk melangkah keluar dari zona aman dan mencoba sesuatu hal yang baru. Hal ini juga berarti menempatkan ketakutan batin anda ke samping, anda tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang resiko yang akan terjadi nanti.

Dalam sebuah kepemimpinan, menjadi yang pertama berarti anda mencoba untuk memberikan contoh, anda orang pertama yang akan mengakui ketika membuat kesalahan.

Keputusan anda menjadi yang pertama juga dapat membangun kepercayaan dalam tim, jadilah yang pertama menempatkan kepercayaan pada tim, sehingga tim anda akan tahu apa yang mereka lakukan. Kepercayaan bahwa orang-orang di sekitar anda memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan baik juga membutuhkan seorang pemimpin yang yakin akan keputusannya.

Dalam kepemimpinan menjadi yang pertama juga berarti bahwa anda adalah yang pertama mengulurkan tangan dan membantu. Anda akan terus-menerus menanyakan “Bagaimana saya bisa membantu anda?”

Apakah menjadi yang pertama perihal mudah?

Tentu saja tidak, menunggu yang lainnya untuk memberikan ide sama halnya menciptakan keberhasilan dalam penantian.
Jadi, apakah anda berani untuk menjadi yang pertama?

“Don’t fear failure so much that you refuse to try new things. The saddest summary of life contains three descriptions: could have, might have, and should have.” – Louise E. Boone