Negosiasi gaji merupakan hal paling menentukan dalam wawancara. Sebab gaji inilah yang akan menjadi salah satu penyemangat seseorang dalam bekerja. Pertanyaan paling mendasar yang diajukan saat wawancara kerja biasanya adalah berapa besar gaji yang ingin didapatkan si pelamar. Setiap pekerja tentunya ingin mendapatkan gaji yang setara dengan pekerjaannya, atau jika memungkinkan bisa digaji di atas rata-rata. Namun tentunya tidak semua perusahaan bisa memberikan hal tersebut, terlebih lagi jika Anda masih baru, belum berpengalaman dan belum menunjukkan hasil kerja.

Paling tidak Anda bisa bekerja dengan gaji yang sesuai dengan keringat yang dikeluarkan. Jika tidak, Anda harus bisa nego, atau jika Anda sudah digaji dengan nilai yang sesuai dengan keringat, mungkin juga Anda bisa nego lagi untuk gaji yang lebih baik. Jadi negosiasi gaji bisa terus diupayakan untuk hasil kerja dan semangat pekerja yang lebih baik. Berikut ini beberapa tips Anda melakukan negosiasi gaji pada saat wawancara:

1. Cari angka UMK atau UMP tempat Anda bekerja

Setiap daerah memiliki angka yang berbeda dan akan berubah setiap tahunnya, paling tidak Anda mendapatkan gaji sesuai angka ini. Cari tahu lebih dulu detail angkanya.

2. Percaya diri dan fokus pada kualitas yang Anda berikan

Tunjukkan penampilan dengan rasa percaya diri yang tinggi, dan sampaikan juga tentang kualitas pekerjaan yang akan Anda berikan pada perusahaan tersebut sehingga Anda layak mendapatkan angka terbaik.

3. Jangan terburu-buru dan hormati lah lawan bicara

Bicara santai dan professional, hargai lawan bicara Anda. Meskipun Anda tau perusahaan tersebut memberikan gaji yang rendah, tahan emosi Anda dan tetap professional.

4. Ketahui informasi gaji di perusahaan tersebut

Ketahuilah informasi detail tentang angka gaji yang diberikan perusahaan tempat Anda wawancara. Dengan angka ini akan menjadi panduan Anda mendapatkan gaji yang lebih baik, atau layak dengan kualitas yang Anda berikan. Sampaikan saja tentang kualitas yang bisa Anda berikan sehingga kenapa Anda layak diberikan gaji yang terbaik dengan negosiasi gaji.

5. Jangan pakai kata ‘terserah’

Hindari penggunaan kata terserah, karena ini menunjukkan Anda tak memiliki rasa percaya diri terhadap kualitas Anda. Sampaikan Anda layak digaji terbaik dengan kualitas pekerjaan yang diberikan.

6. Nego fasilitas lain di luar gaji

Mintalah fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan sebagai karyawan untuk mendukung gaji. Misalnya tempat tinggal, transportasi, asuransi dan sebagainya yang juga bernilai sama untuk membantu meningkatkan angka gaji Anda.

Jika kamu memang sedang mencari pekerjaan, cek situs www.urbanhire.com dan temukan pekerjaan impianmu. Setelah itu, jangan lupa untuk membuat akun Urbanhire dan lengkapi profil Urbanhire-mu supaya perusahaan dapat menemukan profilmu dengan mudah. Terakhir, berdoalah untuk hasil terbaik dari wawancara kerja yang dilakukan. Hal yang menjadi harapan bukan hanya Anda diterima di perusahaan yang baru, namun juga negosiasi gaji Anda berhasil dan mendapat angka terbaik.