Urbanhire Jobseeker

Sektor Potensial Untuk Lulusan Baru Di Tengah Pandemi

29

Jun 2020

Urbanhire – Buat kamu yang saat ini menjadi lulusan baru pasti memiliki beban berat. Selain mendapatkan tekanan dari dalam diri sendiri bahwa harus cepat dapat kerja, kamu juga harus mendapat tekanan dari luar yaitu banyak perusahaan yang sedang menutup perekrutan akibat krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi. Nah…Urbanhire mencoba untuk memberikan wawasan kepada kamu, sektor apa yang perlu kamu hindari dan yang harus kamu ambil

Sektor Merah, Sektor Yang Harus Kamu Hindari Sebagai Lulusan Baru

Jika kamu lulusan baru atau yang sedang mencari kerja, kamu harus menghindari beberapa sektor. Sektor tersebut diantaranya adalah sektor pariwisata, transportasi dan ritel. Jadi buat kamu yang ingin kerja di sektor tersebut sebaiknya kamu tunda dulu. Lebih baik kamu mencari sektor lain selain hotel, pariwisata, mall dan travel. Alasannya adalah sektor tersebut yang paling besar terdampaknya akibat pandemi ini. Banyak pembatasan untuk perjalanan jarak jauh dan acara berkumpul sehingga hal ini sangat mempengaruhi sektor pariwisata, travel dan hotel.

Baca Juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Cari Kerja Di New Normal

Sektor Hijau, Sektor Yang Harus Kamu Optimalkan Sebagai Lulusan Baru

Nah kali ini adalah sektor hijau, dimana kamu sebagai lulusan baru bisa mengoptimalkan peluang kamu di sektor ini. Sektor yang perlu kamu optimalkan adalah sektor IT, pendidikan atau kursus, logistik dan periklanan. Buat yang memiliki kemampuan di bidang IT, inilah waktunya kamu untuk unjuk gigi. Untuk yang lain kamu bisa memanfaatkan untuk keahlianmu dan ilmumu untuk menjadi pengajar atau ahli periklanan seperti menjadi copy writer dan content writer. Jadi kemampuan yang tidak harus bertatap muka harus kamu miliki di kondisi saat ini.

Ciptakan Peluang Sendiri

Kalian yang menjadi lulusan baru di kondisi seperti ini harus jeli dan bisa menciptakan peluang sendiri. Manfaatkan julukan kamu sebagai generasi melek teknologi. Optimalkan teknologi yang kamu kuasai untuk menciptakan peluang seperti menjual produkmu di media sosial atau menciptakan jasa baru yang berbasis teknologi.

Itulah sektor yang perlu kamu perhatikan ketika ingin melamar kerja di tengah pandemi. Kamu bisa juga melamar pekerjaan di Urbanhire secara online dan jika kamu berniat untuk bekerja secara remote bagi kamu yang punya keahlian dalam bidang IT bisa bergabung di Hired Anywhere