Urbanhire Jobseeker

Sedang Mencari Pekerjaan? Belajarlah dari Pokémon Go

1

Aug 2016

Sama seperti 75 juta orang lain di seluruh dunia, beberapa minggu ini mungkin kamu disibukkan dengan menangkap Charmander, Squirtle, mencari PokeStop dan nge-Gym. Game hasil kerja sama Nintendo dan Niantic ini telah membuat orang membicarakannya, mulai dari gamer (pastinya), selebritis sampai pejabat.

Memang banyak tanggapan negatif dari permainan ini, mulai dari munculnya banyak kecelakaan karena para pemain kurang hati-hati sampai masalah keamanan negara. Tapi, nggak sedikit juga yang melihat sisi positif, salah satunya dari pencarian kerja.

Penasaran apa aja? Berikut empat poin yang bisa kamu pelajari.

 

Go Outside, Take a Walk

pokemon find a job

Salah satu hal yang membuat Pokémon Go berbeda dengan game lainnya adalah penggabungan dunia maya dan realita. Pemain atau yang disebut juga Pokémon Hunter diharuskan pergi ke luar untuk mendapatkan Pokémon, terutama untuk jenis yang jarang seperti Bulbasaur atau Snorlax. Kamu pun juga harus jalan kaki untuk menetaskan telur Pokémon.

Ini pula yang harus kamu lakukan saat mencari pekerjaan. Untuk mendapatkan pekerjaan impian, jangan diam saja menunggu panggilan atau tawaran dari teman. Go outside! Salah satunya ke Job Fair yang sering diselenggarakan. Atau, kamu juga bisa “take a walk” di situs pencarian kerja seperti Urbanhire. Lewat fitur search yang disediakan, kamu bisa mencari pekerjaan terbaik sesuai dengan kriteria kamu.

 

Level Up

Belajarlah dari Pokémon Go

Dalam Pokémon Go, semakin tinggi level mereka, semakin banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu seperti battle, training dan mendapatkan item spesial. Sama seperi mencari pekerjaan, kamu juga harus menaikkan level kamu lewat skill, misal pendidikan, kemampuan komputer, SEO sampai bahasa. Dengan begini kemungkinan kamu untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar dan mendapatkan gaji tinggi.

 

Incease dan Lure

Belajarlah dari Pokémon Go

Dua item ini mungkin salah satu fitur favorit para Pokémon Hunter. Soalnya, hanya dengan memasang ini kamu bisa mendapatkan Pokémon tanpa harus capek-capek hunting. Apa yang bisa kamu lihat dari incease dan lure untuk mencari pekerjaan? Banyak! Misalnya membuat CV yang menarik bagi para HRD dan membuat personal branding di media sosial. Hal in akan membuat kamu menjadi berbeda dari pelamar lainnya.

 

The One that Got Away

Belajarlah dari Pokémon Go

Walaupun kamu sudah melempar Pokeball sebaik mugkin dengan gaya Curve atau Great Ball, Pokémon bisa saja lepas dari Pokeball. Apalagi jika Pokémon tersebut memiliki combat power (CP) yang besar. Hal ini pula dapat terjadi saat mencari pekerjaan. Mungkin kamu sudah melewati beberapa tahapan tes, mulai dari wawancara, psikologis, dan lainnya. Tapi di akhir, pekerjaan tersebut bisa aja gagal didapatkan. Therefore, you have to prepare for the worst. Tapi, hal ini jangan bikin kamu patah semangat. Cari lowongan pekerjaan lagi sampai kamu berhasil mendapatkannya.

Good luck, Job Hunter!