Urbanhire Jobseeker

Romansa di Tempat Kerja Sah Aja Sih Tapi Perhatikan Hal – Hal Ini

10

Feb 2020

Blog

Urbanhire – Di dalam sebuah kantor, terkadang ada beberapa hal yang terjadi, salah satunya adalah romansa kantor. Hal satu ini memang sudah cukup sering terjadi, mengingat keterlibatan dari masing – masing orang yang sering bertemu dan bekerjasama. Bahkan setiap orang juga bertemu setiap harinya dan tidak ada yang dapat mengontrol perasaan setiap orang. Selain itu juga tak ada salahnya untuk memulai sebuah hubungan dengan rekan kerja. Yang terpenting adalah tidak akan mempengaruhi performa kamu di tempat kerja maupun orang – orang yang ada di sekitar kamu.

Apakah untuk sekarang ini kamu sedang terlibat romansa kantor atau berpacaran dengan orang satu kantor? Jika memang iya, kamu harus tahu beberapa faktanya. Fakta ini diketahui menurut studi terbaru oleh Harris Poll dimana sudah mesurvei 80 karyawan lebih di Amerika. Dimana terdapat beberapa fakta seperti berikut:

  1. Sebanyak 36% karyawan sudah pernah menjalin sebuah hubungan asmara dengan rekan kerja. Biasanya karyawan dengan masa kerja sekitar 10 tahun kurang.
  2. Kemudian 31% karyawan yang sedang berpacaran satu kantor akan berakhir di pelaminan.
  3. 24% romansa yang ada di kantor dilakukan orang yag sudah menikah.
  4. Selain itu 6% karyawan mengundurkan diri karena romansa pada tempat kerja tidak akan berjalan dengan lancar.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal terlibat romansa kantor agar nantinya tidak mempengaruhi profesionalisme kamu di kantor. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Hindari Berhubungan Asmara Dengan Atasan Atau Bawahan Langsung
Jika kamu ingin profesional di dalam bekerja meskipun terlibat romansa dengan rekan kerja, sebaiknya menghindari untuk menjalin hubungan asmara dengan bos ataupun bawahan langsung. Hubungan ini nantinya akan membuat kamu menjadi rumit dan merugikan jika kamu berhubungan dengan bos ataupun bawahan langsung kamu.

Namun jika hal tersebut terjadi, ada baiknya jika kamu meminta untuk dipindahkan ke department yang lain atau dapat juga meminta untuk merubah struktur pelaporan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar natinya menghindari persepsi yang tidak tepat. Karena jika kamu memiliki hubungan dengan atasan atau bawahan secara langsung, nantinya akan banyak asumsi jika kamu atau pasangan menjadi seperti anak emas.

2. Hindari Bermesraan di Area Kantor
Kemudian kamu juga sangat perlu untuk menjaga kerahasiaan dari hubungan kamu dan rekan kerja. Selain itu pastikan untuk menghindari bermesraan di area kantor. Karena sebuah hubungan kamu dan rekan kerja merupakan urusan pribadi, sehingga tempat kerja tentu saja bukan menjadi tempat yang tepat untuk mengekspresikan urusan percintaan kamu.

Jadi pastikan untuk tidak melakukan hal tersebut agar profesionalisme tetap terjaga dan urusan kantor dapat diselesaikan dengan maksimal.

3. Jangan Menggunakan Email Perusahaan
Lalu jangan pernah kamu sekali – kali menggunakan email kantor untuk urusan pribadi atau romansa kantor kamu. Email perusahaan tentu saja memiliki potensi untuk sampai di suatu tempat yang salah. Selain itu resikonya sendiri juga tidak sebanding dengan hubungan yang kamu jalani bersama rekan kerja.

Oleh karena itu pastikan kamu menjaga semua komunikasi secara private dengan pasangan kamu yang satu kantor dengan kamu. Sehingga nantinya tidak akan menimbulkan masalah tersendiri di kemudian hari.

4. Minta Transfer Ke Department Lain
Jika kamu memiliki hubungan dengan rekan kerja, terlebih di satu department, kamu harus memberi jarak selama di kantor. Caranya adalah salah satu di antara kalian dapat meminta transfer ke department yang lain. Karena nantinya kamu akan terlalu nyaman jika bekerja terlalu dekat setiap harinya.

Sehingga besar kemungkinan pekerjaan menjadi tidak terselesaikan dengan baik. Kamu dapat memberi ruang untuk hubungan kamu agar dapat bernafas dan tumbuh. Dengan demikian semua urusan dapat terselesaikan dengan baik dan maksimal.

Baca juga: Plus/Minus Pacaran Sekantor

5. Membaca Kembali Aturan Kantor
Kamu juga jangan pernah lupa untuk membaca kembali seperti apa peraturan kantor. Dalam artian setiap perusahaan tentu saja memiliki aturannya masing – masing. Oleh karena itu tak heran jika terdapat beberapa batasan yang harus tetap kamu patuhi di saat kamu masih berstatus sebagai seorang karyawan.

Kamu dan pasangan sekantor harus pandai dalam mengatur waktu, sehingga saat di kantor pekerjaan kamu tidak akan terhambat. Pastikan untuk tidak melanggar peraturan dan ketentuan yang sudah dibuat oleh kantor agar kamu tidak terkena peringatan atau bahkan sampai dikeluarkan.

6. Membuat Kesepakatan Dengan Pasangan
Jika kamu terlibat romansa kantor dengan rekan kerja, kamu juga harus membuat kesepakatan dengan pasangan sekaligus rekan kerja kamu. Kamu dan pasangan sebaiknya lebih memahami serta membuat sebuah kesepakatan untuk dapat menunjukkan jika kamu dapat bekerja secara profesional. Baik itu jika terdapat aturan yang tertulis ataupun tidak.

7. Menjaga Etika di Kantor
Kamu juga harus dapat menjaga etika di kantor meskipun kamu memiliki hubungan percintaan dengan rekan kerja. Karena akan tidak adil serta tidak etis jika kamu lebih memperhatikan pekerjaan pasangan kamu serta membantu untuk membuat pilihan yang menguntungkan dalam lingkup pekerjaan tersebut.

Meskipun kamu ingin mencoba menunjukkan perhatian, kamu jangan melakukan hal tersebut karena justru akan membuat masalah di kemudian waktu.

8. Peka Dan Menghargai Rekan Kerja Lain
Selain itu kamu harus peka serta menghargai rekan kerja yang lainnya, dengan cara berkonsentrasi dengan pekerjaan kamu. Terlebih jika kamu ingin mencoba untuk mengurangi gosip mengenai diri kamu. Jika bicara mengenai hubungan kamu bisa mengganggu serta membuat kolega kamu menjadi tidak nyaman.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika terlibat romansa kantor dengan rekan kerja kamu. Sebenarnya kamu harus mencari berbagai cara untuk membuat suasana di kantor santai seperti biasa, dalam artian pekerjaan tidak terganggu dengan hubungan kamu dan rekan kerja yang spesial. Sehingga semua kegiatan yang ada di dalam kantor dapat diselesaikan dengan maksimal.

Jika sudah putus cinta dan produktivitasmu jadi menurun, yuk coba berganti pekerjaan dengan mencari pekerjaan barumu di Urbanhire. Siapa tahu di kantor baru kamu menemukan cinta barumu. Ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar! Segera buat akun Urbanhire dan lengkapi profilnya, ya!