Urbanhire – Resolusi karir tahun 2019 pastinya menjadi titik balik perjalanan yang harus di koreksi dari tahun sebelumnya. Selama satu tahun berlalu apa saja yang telah dilakukan. Apakah sudah mencapai goal yang sesuai atau malah melenceng jauh. Karena bergantinya waktu akan memperlihatkan sejauh mana karir yang telah dicapai. Atau bahkan justru tahun baru akan menjadi awal dimulainya karir tersebut. Untuk itu tulis deretan resolusi 2019 yang akan diwujudkan agar bisa menjadi pedoman kemana akan melangkah.

Tips sukses mewujudkan karir cemerlang di Tahun 2019

Membuat resolusi 2019 tentu harus dengan pikiran yang lebih terbuka. Melihat banyaknya perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan menjadikan kita untuk bisa menyesuaikannya. Tidak bisa terpaku pada resolusi pada tahun-tahun yang lalu. Untuk itu perlu sekali menengok ke belakang apa saja yang mempengaruhi tidak terwujudnya harapan-harapan yang telah dibuat tersebut.

Persiapan matang untuk karir menjanjikan harus dibuat dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kesalahan-kesalahan yang lalu terulang kembali. Buat list pencapaian apa saja yang sudah berhasil didapatkan. Lalu pencapaian seperti apa yang akan diwujudkan dalam resoulsi 2019. Agar tidak salah sasaran, lakukan tips sukses berikut demi karir yang cemerlang di tahun yang baru :

– Tentukan tujuan hidup

Pertama yang harus di kaji kembali adalah tujuan dalam menjalani kehidupan ini. Setiap orang pasti sudah mempersiapkannya ketika mulai mengenal dunia luar. Apalagi untuk karir yang berimbas pada masa depan. Tujuan hidup yang jelas dapat mengantarkan kita kepada impian-impian yang diharapkan. Kemudian bisa menentukan visi misi yang terarah sehingga jalan menuju kesuksesan menjadi terbuka lebar. Semakin jelas apa harapan kita dalam hidup membuat kehidupan ini lebih mudah untuk dijalani. Dan resoulsi 2019 pun mudah terealisasi.

Baca Juga: Bagaimana Menghubungkan Profesi dengan Tujuan Hidup

– Pilih jenis karir sesuai skill yang dimiliki

Setelah menentukan tujuan hidup, lanjut dengan mengoreksi diri sendiri. Yaitu ketahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Bidang apa yang memang paling dikuasai dan disukai. Apakah menghitung seperti matematika maupun statistik. Apakah menguasai berbagai bahasa, atau menyukai dunia seni seperti melukis dan bernyanyi. Atau berbagai kemampuan lainnya yang terbilang unik dan menarik.

Hal ini yang nantinya akan berimbas kepada karir yang akan kita wujudkan. Bisa berkarir di perusahaan besar sebagai akuntan, keuangan, administrasi, dll. Bisa pula berkarir menjadi seniman yang menghasilkan karya. Atau pun mendirikan perusahaan baru karena memiliki jiwa wirausaha. Jika sudah mengetahui skill yang dimiliki akan lebih mudah mewujudkan resolusi 2019.

– Atur target waktu untuk deadline pencapaian

Jika sudah yakin berkarir dengan skill yang dimiliki lalu tentukan batas waktu pencapaiannya. Jangan sampai setelah bekerja justru hanya mengikuti alur yang ada. Ini hanya akan membuat kita berdiam diri dalam kenyamanan yang semu. Tidak lantas setelah menjadi karyawan malah terlena dengan kondisi perusahaan yang telah menjamin semuanya. Atau malah memulai bisnis tapi tidak menentukan kapan batas waktu yang harus dikejar untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: Tips Sukses dengan Membangun Personal Branding

Apapun pekerjaannya semua membutuhkan batasan waktu untuk mengoreksi lebih jauh pencapaian yang telah didapatkan. Bisa jadi waktu terbuang begitu saja hanya karena tidak membuat deadline untuk diri sendiri. Ini merupakan bentuk kedisipilinan agar tetap berkembang mencapai resolusi 2019.

– Siapkan amunisi cadangan yaitu skill yang berbeda

Semua orang pasti akan mendapatkan kepahitan dalam memulai karir. Yaitu ketika apa yang kita kejar tidak kunjung didapatkan. Itulah mengapa penting sekali menyiapkan amunisi cadangan. Memiliki keahlian lain dari bidang yang ingin diwujudkan. Sehingga jika gagal satu, maka masih memiliki kemampuan lain yang bisa diambil alih untuk karir yang baru.

Hal ini biasanya terjadi ketika sulit mendapatkan pekerjaan sesuai background kelulusannya. Masih banyak pekerjaan yang di luar dari jurusan yang di ambil ketika kuliah. Ini memang tidak menjadi masalah asalkan benar-benar mampu memikul dan menguasai tanggungjawab pada bidang yang di pilih berikutnya.

– Kembangkan diri melalui pelatihan

Pelatihan ibarat sekolah non formal yang akan membuat diri semakin berkembang. Pilih pelatihan sesuai bidang atau kemampuan yang dimiliki. Akan banyak ilmu yang didapatkan selama mengikutinya. Dan terpenting bertemu dengan orang-orang baru untuk mengembangkan relasi. Siapa tau dari sini pekerjaan akan semakin terbuka lebar tanpa di sangka-sangka. Pastikan pelatihan menjadi salah satu resolusi 2019 yang wajib diikuti.

– Siapkan mental dalam menghadapi tantangan

Jangan lupa juga persiapkan mental yang kuat dalam menghadapi tantangan. Akan banyak hal yang terjadi ketika mulai meniti karir. Karena tidak semua karir yang diinginkan dapat berjalan mulus sesuai dengan apa yang diharapkan. Semakin tinggi impian akan semakin besar halangan yang bisa membuat kaki berhenti melangkah. Kekuatan ini bisa didapatkan dengan lebih banyak membaca buku-buku motivasi, lalu mengambil langkah tepat dengan mengaktualisasikannya secara nyata.

Baca Juga: Tips Wawancara Berbahasa Inggris

– Siap dengan berbagai perubahan yang terjadi

Dan ketika waktu berganti akan banyak perubahan yang terjadi. Mulailah untuk membuka pola pikir agar bisa menyesuaikan diri. Karena tidak sedikit orang yang kalah mencapai impian karena tidak kuat menghadapi perubahan yang ada. Banyak menjalin kerjasama dengan orang lain, terbuka dengan pendapat orang lain, menyesuaikan dengan kehidupan modern itulah salah satu pembuka wawasan untuk mengetahui apa yang harus diprioritaskan.

Gimana, sudah siap menghadapi tahun yang baru? Jangan lupa pula persiapkan resolusi 2019 dengan matang untuk dijelajahi. Biarkan waktu berlalu mengubur impian yang tak kunjung tercapai. Ubah menjadi harapan yang indah untuk tetap dilibatkan dalam pencapaian berikutnya. Tentu dengan action yang lebih berani lagi untuk menembus berbagai tantangan yang akan datang silih berganti. Dengan tips sukses berkarir, semua yang kamu inginkan akan terwujud lebih mudah. Yuk, tulis resolusi mu sekarang! Jika resolusi mu adalah mendapatkan pekerjaan impian di tahun 2019, ayo mulai cari lowongan kerja di Urbanhire. Buat akun Urbanhire dan lengkapi profilnya ya!