Urbanhire Jobseeker

Resep Sukses Menjadi Freelancer

11

May 2020

Urbanhire – Freelancer, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menambah nilai dan protofolio resume atau CV kamu. Selain itu dengan freelancer dapat memberikan kamu pengalaman dan menambah kemampuan sebelum mendapatkan panggilan kerja. Jadi kenapa tidak mengawali karirmu sebagai freelancer? Nih ada tips buat kamu biar jadi pekerja lepas yang sukses.

Kenali Passion dan Kemampuan Diri

Bekerja secara independent atau menjadi freelancer memberikan banyak kebebasan. Sebaiknya kenali dahulu apa kemampuan dan passionmu. Pilih dahulu mana yang akan kamu jadikan fondasi sehingga saat mulai bekerja sebagai freelance, sudah punya gambaran dan bisa bekerja dengan baik. Karena dengan mengenali diri akan memastikan kamu bekerja di bidang yang kamu sukai.

Bergabung dengan Freelancer Lain

Ketika mulai untuk menjadi freelancer, sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas freelancer yang ada di daerahmu atau secara online. Kenapa harus punya komunitas? Dengan berkomunitas kamu akan mendapatkan saran, termotivasi jadi lebih baik lagi dan berbagi informasi pekerjaan baru.

Baca Juga: Lowongan Pekerjaan Luar Pulau Jawa

Percaya Diri dan Yakinkan Klien Dengan Passionmu

Setelah siap memulai sebagai freelancer, kamu harus aktif mencari klien agar dapat proyek yang sesuai keahlianmu. Manfaatkan internet dan juga media sosial untuk promosikan diri kamu serta mem-branding diri. Setelah mendapatkan klien, presentasikan dirimu sebagai pekerja profesional secara percaya diri dengan menampilkan portofoliomu. Dengan begitu klienmu akan merasa yakin bahwa kamu orang yang tepat untuk menyelesaikan proyek mereka.

Mau dan Selalu Belajar Hal Baru

Jumlah freelancer saat ini semakin banyak untuk itu kamu harus memiliki nilai lebih agar dapat bersaing dengan sesama freelancer. Salah satu caranya adalah meningkatkan nilai dan kemampuanmu. Caranya dengan selalu mau belajar hal-hal baru atau yang sedang trend. Inilah yang membuat kamu terlihat mengikuti zaman dan mengerti tentang hal baru. Jangan hanya terjebak di zona nyaman, biasanya freelancer akan jadi super comfort di satu titik saja. Padahal tren akan selalu berubah.

Bertanggung Jawab

Kunci utama menjadi freelancer sukses adalah memiliki rasa tanggung jawab. Dengan memiliki rasa tersebut kamu dapat membangun kepercayaan kepada klien-klien kamu. Mendapatkan kepercayaan klien berarti proyek akan selalu berdatangan, bahkan kamu tidak perlu presentasi dan memperkenalkan diri lagi untuk mendapatkan pekerjaan. Semua karyamu sudah dikenal dan klien tahu seperti apa kredibilitasmu. Inilah yang perlu dipertahankan dan pastikan selalu bertanggung jawab dengan semua pekerjaan yang kamu ambil.

Baca Juga: Tawaran Kerja Yang Harus Ditolak

Tetapkan Deadline dan Aturan Setiap Pekerjaan

Sekalipun sudah ada deadline dari klien untuk semua proyek, pekerja lepas harus menentukan tenggat waktu penyelesaian sendiri. Sebelum kamu memberikan pekerjaanmu kepada klien kamu harus memiliki waktu untuk pemeriksaan akhir. Dengan selalu menerapkan pemeriksaan terkahir sebelum deadline akan memberikan waktu untuk mengevaluasi apakah pekerjaan sudah sesuai dengan arahan klien. Selain itu cara ini akan meminimalkan revisi yang terlalu banyak sehingga kamu tidak akan bekerja dua kali dan jika itu terjadi kamu akan dianggap tidak professional.

Itulah tips agar kamu menjadi pekerja lepas yang sukses. Dengan menjadi pekerja pekerja lepas kamu punya kebebasan untuk bekerja dimana, kapan saja dan apa yang perlu dilakukan. Tidak banyak batasan, itulah kenapa kamu harus mencoba dari sekarang dan dapatkan pekerjaan impian yang membuat kamu bahagia. Bila merasa sudah memiliki pengalaman dan ingin bekerja di sebuah perusahaan, kamu bisa membuat akun di Urbanhire dan mendapatkan perusahaan impianmu.