Profile-Yang-Lengkap-lebih-dipertimbangkan-perusahaan-01

Urbanhire – Mencari pekerjaan sangat membutuhkan pengorbanan yang besar. Tidak hanya berjuang untuk mendatangi satu demi satu perusahaan tapi kamu juga harus selalu up to date dalam memperbarui CV. Karena setiap waktunya selalu ada perubahan sebuah perusahaan dalam mencari kandidat. Hal ini dilakukan untuk mencari orang yang tepat untuk mencapai goal yang telah ditetapkan dengan mudah. Untuk itu mulai koreksi CV kamu agar menjadi complete profile dan layak dipertimbangkan perusahaan.

Pentingnya membuat complete profile yang layak

Saat ini peluang mencari pekerjaan lebih dimudahkan karena adanya teknologi yang ikut berperan. Kamu tidak hanya dapat melamar pekerjaan secara langsung namun dapat juga memanfatkan website pencari kerja. Namun kemudahan ini tidak bisa berpengaruh jika kamu tidak membuat complete profile yang menarik perhatian HRD. Karena HRD akan selalu aktif mencari kandidatnya yang memperlihatkan data diri dan perkembangan dalam profilnya. Dengan dibuatnya complete profile, kamu akan mendapatkan keuntungan :

– Memperlihatkan kualitas kamu

Dalam sebuah profil ada beberapa hal yang harus membuat diri kamu menonjol. Tentunya selalu up date data diri dengan pencapaian yang telah kamu dapatkan selama ini. Karena bisa jadi kamu pernah mengalami banyak hal yang membuat karir lebih cemerlang. Dan itu harus di cantumkan dalam profil agar ketika melamar kembali, HRD akan melihat seperti apa kualitas kamu. Salah satunya banyak mengikuti pelatihan yang menunjang pengetahuan kamu.

Baca juga: 1o Contoh CV Yang Menarik Perhatian HRD

– Melamar pekerjaan menjadi cepat

Tentunya ini akan kamu rasakan jika sudah memiliki complete profile untuk di kirim kepada perusahaan. Dalam aplikasi pencarian kerja, kamu hanya perlu mengirim tanpa harus membuat CV baru. Karena sebelumnya kamu selalu meng-upgrade-nya sesuai dengan perkembangan dan pengalaman penting yang kamu dapatkan berkaitan dengan pekerjaan. Kamu tidak akan lagi membuang-buang waktu mencari perusahaan dan mengirimkan lamarannya. Semua akan tersampaikan secara otomatis hanya dengan sekali kirim.

– Lebih mudah di cari HRD

HRD akan selalu melihat profil para kandidat yang melamar melalui aplikasi pencarian kerja. Di sana akan terlihat jelas seperti apa kesiapan kamu untuk masuk dalam dunia kerja. Biasanya di lihat dari kelengkapan profil yang memang di butuhkan HRD. Mencari kandidat tidak lah mudah tetapi jika kamu sudah membuat complete profile yang layak maka menjadi mudah dipertimbangkan. Karena akan terlihat seperti apa karakter dan pribadi kamu dan apakah sesuai dengan kriteria yang HRD cari.

– Target perusahaan lebih jelas

Ini akan berpengaruh ketika kamu berpindah tempat. Karena website pencari kerja akan memberikan pemberitahuan lowongan sesuai dengan domisili yang kamu pilih saat membuat akun. Untuk itu jangan lupa selalu upgrade profile agar tidak ketinggalan informasi. Bagaimana pun setiap informasi pekerjaan sangat bermanfaat untuk masa depan kamu, jadi selalu perhatikan profil kamu dengan benar.

– Data diri yang lebih relevan dan akurat

Memiliki akun di website pencari kerja akan bermanfaat sampai kapanpun. Dan jika kamu sewaktu-waktu sudah berhenti bekerja dan akan mencari kembali, akun ini akan tetap berfungsi. Tugas Anda yaitu menambah complete profile dengan mencantumkan pengalaman tersebut. Sehingga dapat menarik perhatian dan terlihat lebih positif. Juga mudah mendapatkan pekejaan baru karena bisa jadi pengalaman kamu  sesuai dengan posisi yang HRD cari. Untuk peluang kerja memang tidak mudah ditebak dengan begitu tidak boleh melepaskan peluang sedikitpun.

Baca juga: 3 Alasan Untuk Melengkapi Profile Kamu

Bagaimana membuat complete profile?

Sekarang kamu sudah tahu seperti apa pentingnya membuat complete profile  dalam proses pencarian kerja. Jangan sampai keberadaan kamu tidak diketahui HRD padahal kamu memiliki kemampuan yang terbaik dengan kualitas yang tinggi. Terkadang calon pekerja yang sudah bagus sulit mendapatkan pekerjaan karena kurangnya memperhatikan profil mereka. Dan jangan sampai itu terjadi pada kamu.

Untuk membuat complete profile kamu tidak akan kesulitan, karena bisa melakukan cara berikut :

– Menjadi member

Jika ingin memiliki akun di website pencari kerja berarti kamu harus menjadi member terlebih dahulu. Mendaftarkan diri dengan mengisikan semua ketentuan yang diminta. Hanya perlu mengikuti intruksi yang ada, kamu menjadi lebih cepat menjadi member. Jika kamu sudah terdaftar maka mencari pekerjaan dan melamarnya menjadi lebih mudah. Tanpa harus menjelaskan kembali tentang diri kamu dan berkas penting yang di butuhkan.

-Mengisi data diri lengkap

Kamu akan di arahkan pada berbagai kolom data diri yang wjaib di isi. Karena nantinya ini yang akan di lihat oleh HRD. Jangan lupa upload berbagai file yang dibutuhkan untuk memperjelas siapa kamu. Terutama penjelasan mengenai kemampuan dan pencapaian yang telah kamu peroleh. Dengan begitu kamu sudah memiliki complete profile yang layak dipertimbangkan.

– Publikasikan profil

Jika kamu sudah membuat complete profile yang benar maka bisa di publikasikan. Kamu dapat memilih apakah mempublikasikan seluruhnya atau sebagian. Karena bisa saja kamu lebih nyaman untuk memperlihatkan sebagian kecil dari dirimu yang merupakan hal-hal penting saja. Dan akan di bahas secara keseluruhan ketika ada panggilan wawancara. Tapi ada baiknya HRD dapat melihat kamu adalah kandidat terbaiknya hanya dari informasi lengkap dalam profil yang di buat.

Baca juga: Contek CV Yang Bikin Karyawan Ini Dipanggil Wawancara Di Google

Jadi jika kamu merasa belum juga mendapatkan pekerjaan, segera cek profil kamu di website pencari kerja. Karena bisa jadi HRD tidak mempertimbangkan kamu sama sekali karena tidak ada hal yang menarik dari diri kamu yang terlihat di profil tersebut. Karena complete profile lebih memiliki peluang besar untuk dipertimbangkan sebuah perusahaan.

Buat kamu para job seeker yang masih terus berjuang mencari pekerjaan, SEMANGAT!! Jangan lupa lengkapi profil mu. Selain profil kamu yang harus dipercantik, jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan complete profile dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker.