Urbanhire – Perusahaan korporasi tetap menjadi incaran utama para pencari kerja. Biasanya setelah lulus kuliah, tak sedikit yang langsung memutuskan untuk menjejakan karirnya di perusahaan besar. Tak tanggung-tanggung ribuan surat lamaran sudah dilayangkan menuju tempat yang di idam-idamkan tersebut. Padahal tak menjamin bekerja di korporasi akan memberikan kenyamanan seperti yang diimpikan. Akan ada plus minus yang harus dipertimbangkan para pelamar kerja.

Nilai Plus Bekerja di Korporasi yang Akan Dirasakan Karyawan

Banyak orang tergiur dengan bekerja di korporasi. Hal ini sudah jelas dirasakan orang-orang yang memang sudah bekerja sebagai karyawan. Sehingga memungkinkan para lulusan baru untuk mencoba peruntungannya mendapatkan kelayakan sebagai seorang karyawan juga. Beberapa nilai plus berikut yang bisa didapatkan setiap karyawannya :

– Gaji yang menggiurkan

Jika dilihat dari gaji karyawannya tentu tidak ada orang yang akan menolaknya. Bahkan sebelum lulus sekolah, sudah di ancang-ancang untuk bekerja di korporasi. Dengan gaji yang besar, rasa nyaman dalam bekerja akan muncul dengan sendirinya. Selain itu tentu sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan cukup untuk melengkapi berbagai keinginan di masa depan. Dan inilah yang tetap menjadi pertimbangan utama.

Baca Juga: Seni Negosiasi Gaji untuk Pekerjaan Pertama-mu

– Fasilitas di kantor tersedia dengan lengkap

Selanjutnya yang terlihat menggiurkan juga tak lepas dari fasilitas kantornya. Seharian bekerja pun tidak akan menjadi bosan. Dari mulai ruangan dapur, lengkap untuk membuat kopi agar bisa tetap bekerja sampai lembur. Suasana kantin dengan menu yang berkelas. Dan bisa juga ruangan gym agar karyawannya tetap bisa berolahraga dan bugar setiap saat. Kalau begini siapa yang akan menolak?

– Jenjang karir jelas terstruktur

Banyak orang yang mengejar tingkatan karir lebih serius ketika mulai memasuki dunia kerja. Dan ini bisa diwujudkan dengan bekerja di korporasi. Jika masih berada di tingkatan general, persiapkan visi untuk naik pangkat di tahun berikutnya. Tapi yang harus di ingat yaitu harus memerlukan waktu yang sangat lama. Walaupun naik jabatan memungkinkan, tetap dedikasi dalam bekerja harus ditonjolkan.

– Fasilitas asuransi untuk masa depan

Salah satu yang disediakan dari perusahaan besar adalah fasilitas asuransinya. Dengan semakin banyaknya asuransi karyawan maka akan lebih sejahtera kehidupannya. Dari mulai asuransi kesehatan seorang karyawan bahkan sampai keluarganya akan diberikan, asuransi pendidikan bisa juga di dapatkan apalagi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi lagi. Asuransi kendaraan jika diberikan tugas untuk pergi ke lapangan ataupun ke luar kota. Semuanya sudah terdaftar lengkap ketika memulai jadi karyawan baru.

– Pengakuan dari masyarakat luas

Hal ini sangat jelas dirasakan ketika ada di lingkungan masyarakat. Orang-orang akan merasa kagum dan bangga jika kerabatnya bekerja di sebuah perusahaan ternama. Bisa jadi kelas sosial pun menjadi terangkat karena masyarakat melihat bagaimana tingginya kedudukan pekerjaan seorang karyawan. Pengakuan ini akan berlanjut walaupun karyawan sudah berhenti dari perusahannya. Sebagai pengalaman yang dianggap sangat baik jika akan melamar ke perusahaan baru.

Baca Juga: Tipe Perusahaan yang Cocok dengan Kamu

Beberapa hal tersebut yang tidak akan terlepas dari background perusahaan korporasi. Semakin banyak nilai plus akan semakin memanjakan karyawan. Dan setiap orang akan selalu berburu pekerjaan agar bisa bekerja di korporasi. Tapi jangan lupakan pula pastinya dengan nilai minus yang juga akan dirasakan karyawan, seperti :

– Budaya kerja formal dan kaku

Setiap orang memang memiliki nilai kenyamanan yang berbeda ketika bekerja. Bagi sebagian orang bekerja dengan budaya yang baku dan kaku kadang membosankan. Aturan jam kerja tetap dari pagi sampai sore, baju kerja formal, tugas terstruktur semuanya sudah dipersiapkan. Karyawan hanya mematuhi dan melakukan apa yang diperintahkan. Terkadang jika sudah tidak ada pekerjaan hanya duduk santai menunggu jam pulang. Batasan usia untuk pensiun pun telah ditentukan. Setiap karyawan hanya menunggu waktu sesuai prosedur masing-masing yang memang telah ditetapkan sebelumnya.

– Kurang memberikan tantangan bagi pengembangan diri

Terkadang ketika semua yang diberikan sudah lengkap, karyawan hanya menjalankan. Karena sistemnya yang kaku jadi tidak membutuhkan inovasi dan kreativitas. Tidak ada tuntutan untuk mengembangkan ide ataupun melakukan pekerjaan sesuai kehendak sendiri. Ini yang menyebabkan bekerja di korporasi menjadi monoton. Melakukan sesuatu hal yang sama berulang kali menyebabkan karyawan terlena dalam zona nyamannya.

– Keberadaan 1 orang karyawan tidak berdampak besar

Dikarenakan banyaknya karyawan yang bekerja maka pemikiran 1 karyawan kadang tidak berpengaruh besar. Perusahaan masih bisa mencari yang baru jika di rasa tidak bisa menjalankan tugasnya. Yang terpenting di sini adalah bagaimana tanggungjawab masing-masing terpenuhi. Kedudukan paling tinggi lah yang bisa lebih leluasa untuk menyampaikan ide dan memberikan pengaruh besar.

– Tekanan karyawan semakin besar

Dan terakhir yang akan dirasakan karyawan yaitu tekanan kerja yang semakin besar. Karena perusahaan sudah menetapkan aturan tetap dengan ekspektasi yang besar pula. Menjalankan aturan secara turun temurun diharapkan bisa meningkatkan kestabilan perusahaan. Menjadi lebih meningkat di tahun-tahun sebelumnya menjadi misi yang harus diwujudkan. Bagi karyawan baru yang belum lama mengenal dunia kerja justru membutuhkan waktu lama dalam menyesuaikan. Itulah kenapa banyak pula yang merasa tidak cocok bekerja di korporasi.

Baca Juga: Bekerja di Startup atau Korporasi Besar?

Nah, jika sudah tahu seperti apa plus minusnya bekerja di korporasi, saatnya menentukan pilihan. Pilih sesuai dengan cara kerja diri sendiri ketika memikul sebuah tanggungjawab. Agar tidak membuang waktu untuk meniti karir di tempat yang salah. Namun apapun jenis perusahaannya yang terpenting yaitu dapat memberikan kontribusi terbaik dalam memajukan perusahaan tersebut. Mau tau lowongan kerja di korporasi? Cek Urbanhire sekarang! Buat akun Urbanhire dan lengkapi profilnya agar perusahaan korporasi yang kamu lamar dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai profilmu.