Urbanhire Jobseeker

Pilihan Kata yang Bikin CV-mu Lebih Meyakinkan dan Nggak Pasaran

15

Jul 2019

Blog

Urbanhire – Bagi kamu yang baru lulus kuliah, pasti pernah atau mungkin sedang belajar menulis CV alias Curriculum Vitae semenarik mungkin. CV yang menarik dapat membuat manajer HRD terkagum-kagum. Meskipun terkesan ngecap, CV yang berlandaskan atas asas kepercayaan diri dan sedikit asas ketidakmaluan malah bisa membuat dirimu terpilih.

Kata-Kata Menarik di CV adalah ujung tombak yang bisa menembus hati yang keras bak vibranium Wakanda forever. Tentu, hati sang manajer HRD adalah yang dimaksud. Seperti yang termaktub dalam kitab undang-undang para pengais rejeki, kata-kata yang jelas, unik, sesuai fakta namun juga harus berbunga-bunga adalah fondasi utama ketangguhan sebuah CV. Jadi, atas berkat rahmat penulis yang maha mulia, kamu tidak akan lagi menulis CV tingkat Nobita ditolak Shizuka. Kini, kamu akan mengetahui rahasia langit untuk menulis CV tingkat dewa rejeki.

  1. Tulis kata “kreatif” alih-alih “pekerja keras”

Jadi begini ya, semua orang juga tahu kalo kamu pekerja keras. Namun, hal ini malah terdengar monoton dan membosankan. Pastinya, sang manajer HRD sudah jutaan kali membaca CV dengan frasa “pekerja keras”. Kalo kamu menulis “orang yang kreatif”, pastinya ini sesuatu yang baru dan menyegarkan. Si HRD pasti akan penasaran dan mau ketemu sama kamu. Kesan pertama sudah begitu positif, selanjutnya terserah kamu jobseeker!

Baca juga: Contek CV yang Bikin Karyawan Ini Dipanggil Wawancara di Google

  1. “Tepat waktu dalam menyelesaikan tugas” daripada “Perfeksionis”

Ada kalanya, manusia menyukai seorang perfeksionis, tapi kamu bisa ketimpa sial kalo si manajer HRD ternyata orangnya nggak perfeksionis dan nggak suka orang yang perfeksionis. Mungkin kamu menganggap hal ini aneh, tapi inilah dunia jobseeker! So, daripada beresiko mendingan kamu jelasin di CV kalo kamu suka tepat waktu buat nyelesaiin tugas yang diberikan. OK, jobseeker?!

  1. “Mampu bekerja dalam tim” udah kuno

Ini juga sering ditulis oleh para pengais rejeki. “Mampu bekerja dalam tim” kini sangat terkesan monoton. Ganti dengan yang kekinian. Tulis “supel, “suka bergaul” atau bisa juga “provokator ulung”. Kan provokator nggak melulu buat hal negatif kan, iya kaaan?! Jarang-jarang hari gini ada provokator baik hati yang bisa membuat gairah kerja menjadi lebih baik. Pastinya kamu mau naik jabatan kan?!

Baca juga: Mengejutkan! Ini Dia Bagian Terpenting di CV!

  1. “Jujur” udah nggak jaman bro

Daripada kamu menulis “saya orang jujur” lebih baik kamu tulis “saya orang yang suka mengedepankan fakta”. Jobseeker, hari gini apalagi di kantor, orang jujur malah bisa mati muda. Kejujuran adalah yang baik. Tapi, tidak semua orang bisa menerima kejujuran dari dirimu. Makanya, karena kamu adalah orang baru bahkan hanya calon orang baru di situ, lebih baik kamu main aman. Pakai pengaman biar aman jobseeker.

  1. “Berkomitmen tinggi” lebih bisa diterima

Balik lagi seperti poin nomor 2, nggak semua orang suka orang yang tepat waktu. Apalagi kalo mayoritas pekerja dan manajer di kantor kamu bergolongan darah O dan B, waduh jobseeker bisa akhir dari dunia. Golongan darah O itu suka ngaret karena tepat waktu termasuk aturan. Aturan bagi golongan darah O adalah karet bro. Bagi si golongan darah B, tepat waktu itu bikin gatal-gatal seluruh badan, peraturan tepat waktu itu ilusi bro. Jadi lebih baik kamu mencantumkan “berkomitmen tinggi” untuk menggambarkan tentang diri kamu.

Baca juga: Video: Do’s dan Don’ts Membuat CV dari Pakar

  1. “Inventif” terkesan lebih baik

Jika kamu menulis “ambisius”, kesannya kamu ingin menaklukkan jabatan para pendahulu kamu, sang leluhur kantor. Daripada kamu ditikam dari segala arah, lebih baik kamu tulis “inventif”. Ya, kamu harus penuh dengan inovasi tiada henti. Meskipun ada kalanya inovasi kamu bakal nggak guna, tapi palingg nggak ini lebih aman.

  1. Kamu tulis aja “kocak”, “ganjil”, “ngelawak”

Buat sang manajer HRD tertawa baik lucu maupun garing dengan kesan yang kamu berikan melalui CV. Terkadang, karyawan kantor yang sedang stress membutuhkan banyolan kamu. Kemampuan kamu yang satu ini tentu sangat dibutuhkan sama perusahaan. Apalagi kalo perusahaan kamu bertaraf internasional seperti Google, pastinya kemampuan mengocak umat akan selalu dibutuhkan. Siapa tahu kamu bisa nyambi menjadi stand up comedian dan menjadi terkenal.

Baca juga: 10 Contoh CV yang Menarik Perhatian HRD

Sudah tahu kan sekarang, gimana kamu bisa menciptakan kesan pertama yang berbeda dan bisa jadi bikin ketawa si manajer. Tapi jangan juga kamu membuat informasi palsu. Informasi harus valid tapi kamu tuangkan dengan kata-kata yang unik dan menarik. Jangan lupa juga buat menyertakan kemampuan-kemampuan kamu, bakat-bakat atau hobi-hobi kamu lainnya secara jelas.

Nasib kamu bisa jadi ditentukan oleh CV yang kamu tulis. Jadi, buatlah CV dengan cara yang seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Sertakan dokumen akademik pendukung penuh makna agar CV kamu semakin sakti mandraguna. Ucapkan kata-kata positif penuh semangat saat kamu selesai menulis CV dan setelah kamu menyerahkannya ke perusahaan yang kamu lamar. Jangan pesimis karena pesimisme bisa membuatmu gagal total alias gatot. Selalu bersikap optimis adalah awal kesuksesan yang akan kamu raih dalam lautan rejeki.

Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana sih trik-trik membuat CV yang baik supaya bisa cepat dapat panggilan kerja, nah selain CV kamu yang harus dipercantik, jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan CV dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker.