Pilihan-Karir-Sesuai-Tipe-Kepribadian-Panduan-untuk-Fresh-Graduate-Yang-Masih-Bingung-Cari-kerja-02

Urbanhire – Beberapa fresh graduate bingung ketika diminta untuk memilih pekerjaan. Alasannya adalah karena mereka tidak memiliki cukup pengalaman dan mereka juga takut untuk memulai hal yang baru. Akan tetapi, mencari pekerjaan tidak selalu harus sesuai dengan jurusan. Banyak orang bekerja namun tidak sesuai dengan jurusan mereka ketika kuliah. Lalu, karir seperti apa yang cocok untuk kamu yang baru saja lulus kuliah? Mungkin, kamu bisa memilih karir sesuai dengan tipe kepribadianmu. Ternyata ada pilihan karir yang tepat dan sesuai dengan kepribadian seseorang. Pilihan karir seperti apakah itu?

  1. Tipe Intelektual

Tipe kepribadian pertama adalah tipe intelektual. Apakah kamu termasuk dalam tipe ini? Biasanya, seseorang yang memiliki tipe intelektual selalu memiliki karakter analitis. Ia adalah seseorang yang hobi meneliti atau mencari solusi untuk suatu masalah. Seseorang yang selalu bertanya akan semua hal termasuk dalam tipe intelektual. Seseorang yang masuk dalam tipe ini dapat memilih pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kepribadian intelektual mereka  seperti misalnya menjadi seorang peneliti, periset, software developer, ahli matematika, ahli kimia, ahli fisika, dosen, psikiater, detektif, psikolog, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Kantor Seru Pilihan!

  1. Tipe Konvensional

Tipe kepribadian berikutnya adalah tipe konvensional. Seseorang yang masuk dalam katergori ini akan sangat menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen dan berkas. Apakah kamu termasuk dalam orang bertipe konvensional? Biasanya, orang bertipe ini memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dan tidak mudah jenuh. Mereka suka dengan pekerjaan yang berulang-ulang dan teratur. Selain ini, orang yang masuk tipe konvensional juga tidak suka kotor dan lebih senang bekerja ditempat yang bersih dan tertata. Lalu, pekerjaan apa yang cocok untuk orang bertipe konvensional? Jika kamu masuk dalam tipe konvensional, mungkin kamu akan lebih cocok bekerja di bagian administrasi, keungan, pegawai bank, pegawai arsip, dan akuntan. Tipe konvensional ini biasanya dimiliki oleh wanita, tapi tidak sedikit pria yang juga masuk dalam kategori ini.

  1. Tipe Realistis

Tipe kepribadian selanjutnya adalah tipe realistis. Biasanya, orang yang memiliki sifat ini selalu menyukai hal-hal yang bersifat praktis. Dia adalah seseorang yang suka menerapkan segalanya secara langsung. Apakah kamu suka menggunakan keterampilanmu ketika bekerja? Mungkin, kamu masuk dalam kategori ini. Intinya, seseorang yang realistik tidak begitu mementingkan teori, yang penting dia melakukan sesuai dengan praktiknya. Praktek adalah kunci utama dalam bekerja bagi orang bertipe realistis. Orang bertipe realistis tidak banyak bicara, tapi cepat beraksi ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, jika anda termasuk orang yang bertipe realistis, maka kamu bisa bekerja di beberapa bidang seperti menjadi seorang insinyur, mekanik, teknisi, operator mesin, ahli listrik, dan sebagainya.

Baca juga: Mencari Kerja? Berikut 8 Lowongan Pekerjaan untuk Fresh Graduates

  1. Tipe Artistik

Tipe artistik merupakan tipe kepribadian untuk orang-orang berbakat, kreatif, serta memiliki imajinasi yang tinggi. Tipe artistik tergolong sedikit karena ia hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Orang bertipe artistik tidak suka melakukan pekerjaan berulang-ulang seperti tipe konvensional. Selain itu, orang dengan tipe ini juga tidak suka hal-hal yang teratur dan interpersonal. Apakah kamu termasuk golongan tipe artistik? Jika ya, maka kamu termasuk orang yang beruntung karena ini merupakan pemberian dari yang maha kuasa. Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan bakat yang kamu punya hingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Orang yang kreatif akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena ia memiliki modal. Lalu, pekerjaan jenis apa yang cocok untuk tipe artistik? Untuk pekerjaan, jika kamu bertipe artistik, maka kamu bisa menjadi seorang pelukis jika kamu punya bakat melukis, menjadi penyanyi jika suara kamu bagus, pemain musik jika kamu pandai bermain alat musik, desainer jika kamu bisa menggambar, dan sebagainya. Tanpa harus melamar pekerjaan di perusahaan besar sekalipun, kamu bisa membuat usaha kamu sendiri dengan bakat yang kamu miliki.

  1. Tipe Usahawan

Tipe kepribadian berikutnya adalah tipe usahawan yang mana orang bertipe usahawan adalah orang yang senang mempengaruhi orang lain dan merayu orang untuk mengikuti apa yang dia inginkan. Orang yang masuk dalam kategori ini tidak suka dengan hal-hal yang teliti atau yang membutuhkan observasi. Selain itu, orang bertipe usahawan juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan selalu ingin berada dibarisan paling depan. Ia tidak pernah mau mengalah karena ia yakin bahwa ia mampu. Biasanya, orang bertipe ini juga pandai berbicara dan berani berbicara didepan orang banyak. Sangat jarang orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini. Akan tetapi, tipe usahawan sebenarnya bisa dimiliki oleh siapapun. Lalu, pekerjaan seperti apa yang layak bagi orang bertipe usahawan? Jika kamu masuk dalam kategori ini, mungkin kamu bisa memiliki pekerjaan seperti pengusaha, perwakilan dagang, pengacara, marketing, sales manager, dan sebagainya.

Baca juga: Mencari Kerja? Berikut 8 Lowongan Pekerjaan untuk Fresh Graduates

  1. Tipe Sosial

Tipe kepribadian yang terakhir adalah tipe sosial yang mana orang yang masuk dalam tipe ini adalah orang yang senang membantu orang lain dan senang bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat. Orang bertipe seperti ini adalah mereka yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sama seperti tipe usahawan, orang bertipe sosial juga senang berbicara dan pandai berbicara. Ia berani mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam fikirannya sehingga orang percaya dengan apa yang dikatakannya. Tipe sosial juga sebenarnya dapat dilatih karena tipe ini bukan masuk dalam tipe bakat. Pada kenyataannya, setiap orang memiliki kepribadian seperti ini, hanya saja mereka tidak peduli. Lalu, pekerjaan apa yang cocok untuk orang bertipe sosial? Jika kamu masuk dalam kategori ini, maka kamu bisa memilih pekerjaan seperti menjadi seorang guru, perawat, mediator, penasehat, konselor, dan sebagainya.

Yuk bangun karirmu job seeker! Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak percaya diri dalam mencari dan melamar pekerjaan. Masa depanmu ada di tanganmu! Cari tahu tipe apakah dirimu agar dapat mendapatkan pekerjaan yang cocok dan sesuai. Ada ribuan lowongan terbuka untuk kamu lamar! Buat akun Urbanhire sekarang dan lengkapi profilmu agar kamu dapat segera menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mu!