Urbanhire Jobseeker

Pentingnya Personal Branding di Era Digital

3

Jun 2020

Urbanhire – Ketika kamu akan memulai memasarkan dirimu sebagai seorang yang profesional, saatnya kamu mengetahui tentang personal branding. Apalagi hidup di era digital seperti saat ini personal branding bukan menjadi hal yang baru untuk setiap orang. Personal branding sangat tepat dan menjadi cara untuk membangun citra diri kepada orang-orang. 

Jika kamu mulai memanfaatkan teknologi untuk membentuk citra diri, itu sebuah investasi besar untuk masa depan. Semakin baik persepsi dari orang lain kepada kamu, tentu saja semakin besar kemungkinan dari seseorang akan memberikan suatu penilaian yang positif. Individu yang sudah melek tentang personal branding mampu menaiki jenjang karirnya lebih cepat. Untuk itu memahami citra diri di era digital berarti membuka sebuah peluang untuk kamu lebih mudah dikenal, diperhatikan dan juga didengarkan masyarakat luas. Lalu apa saja pentingnya citra diri tersebut?

Meningkatkan Kredibilitas

Seiring dengan perkembangan teknologi, tentu saja orang lain akan mudah mencari tahu semuanya tentang diri kamu melalui mesin pencarian. Dimana hanya dengan mengetik nama kamu, semua informasi dapat diperoleh. 

Sebaliknya, jika kamu tidak mempunyai kehadiran apapun secara online, dengan demikian orang lain bisa memberi sebuah penilaian bahwa kamu tidak memiliki reputasi yang jelas dan kredibilitas yang kamu miliki dipertanyakan. Begitupun jika seseorang mencari kamu serta menemukan profil media sosial yang mana belum pernah diperbarui bertahun – tahun. Ataupun tidak banyak informasi mengenai siapa kamu dan juga apa yang kamu lakukan. Jika ini digunakan untuk memilih calon karyawan, kamu yang tidak memiliki personal branding  di dunia digital akan kalah dengan orang yang mempunyai citra di dunia digital. Meskipun latar belakang kamu lebih unggul daripada orang tersebut. 

Memiliki citra di dunia digital juga membuat orang lain menjadi lebih tertarik untuk dapat mengenal dan juga mengetahui lebih dalam tentang dirimu. Namun tidak berarti kamu harus berlebihan di dalam membangun personal branding pada media sosial. Jika terlalu banyak dalam mempromosikan diri sendiri juga akan membuat kamu terlihat kurang baik. Beberapa ahli juga menyarankan agar kamu hanya menggunakan 10% dari total kehadiran di internet untuk melakukan promosi diri sendiri.

Baca Juga: Lowongan Pekerjaan Level Staff – 2

Mudah Memperoleh Kepercayaan

Menciptakan sebuah personal branding juga akan mempermudah kamu di dalam memperoleh kepercayaan dari orang lain. Baik itu untuk kamu yang mencari pekerjaan ataupun mulai untuk mendirikan bisnis sendiri. 

Citra diri yang positif secara efektif akan meningkatkan kepercayaan orang lain kepada kamu. Hal tersebut yang akan membuat mereka menjadi lebih yakin untuk bisa bekerjasama dengan kamu. Dengan mengenali citra diri yang dibangun, tentunya orang akan menjadi lebih nyaman saat mereka berpikir mereka bisa memprediksi apa yang akan kamu lakukan. 

Selain itu jika kamu bisa menciptakan komunikasi yang baik, tentunya akan menghasilkan loyalitas serta kredibilitas yang semakin tinggi di mata orang lain. Citra diri kamu tentu saja merupakan sebuah keunggulan kompetitif yang dapat memisahkan kamu dari pesaing lain. Terutama di hadapan calon atasan ataupun pelanggan. 

Dimana semakin kamu membangun citra diri secara baik, tentu saja kamu tidak perlu lagi bekerja keras untuk meyakinkan orang lain jika kehadiran kamu menjadi solusi terbaik. Itu berarti baik kamu bekerja untuk diri sendiri maupun dengan orang lain, kamu harus mampu menerapkan cara membangun citra diri yang tepat. Citra diri ini dapat membantu kamu untuk mencapai jenjang karir yang kamu targetkan, meningkatkan penjualan jika kamu seorang pengusaha

Menjadi Pemimpin yang Baik

Dengan membangun personal branding yang kuat akan membuat diri kamu menjadi seorang pemimpin. Dengan citra diri tersebut, tentunya akan mendorong kamu untuk dapat mengambil sikap lebih kuat dalam menangani permasalahan. Kualitas pribadi tersebut yang nantinya akan membantu kamu untuk memulai jenjang karir yang jauh lebih baik. 

Kamu juga harus menunjukan citra sebagai seseorang yang tegas dan kuat dengan berbagai cara unik agar nantinya lebih menonjol dibandingkan orang lain. Dengan demikian akan lebih mudah untuk memperoleh kepercayaan dari orang lain.

Itulah beberapa hal tentang pentingnya kamu memiliki personal branding yang dapat kamu perhatikan di era digital seperti sekarang ini. Sambil kamu membangun personal branding, kamu bisa juga mulai mencari pekerjaan impianmu yang sesuai dengan minat dan bakatmu di Urbanhire. Yuk lengkapi profilmu agar perusahaan impianmu yakin dengan dirimu.