Urbanhire Jobseeker

Pentingnya Kuliah Sambil Bekerja

20

Nov 2019

Blog

Urbanhire – Jika kamu adalah seorang fresh graduate atau kamu baru saja lulus SMU, kuliah dan kerja adalah topik yang menjadi perbincangan antara kamu dengan ortu atau dengan teman-temanmu.  Memang biasanya di tahap ini kamu pasti memikirkan tentang karir dan kuliah.  Atau juga di waktu yang bersamaan kamu ingin menghasilkan uang untuk biaya kuliah dan ngekost (jika memilih kuliah di luar kota) agar tidak membebani orang tua.

Memang banyak calon mahasiswa saat ini yang bingung antara kuliah dan kerja apa bisa dilakukan secara bersamaan.  Tetapi, apakah akan mengganggu aktivitas perkuliahan yang padat?

Kamu juga tidak bisa hanya dengan mengandalkan bekerja untuk meraih karir yang sukses tanpa kuliah.  Itu tidak benar sama sekali.  Kuliah dan pendidikan sangatlah penting.  Karena dengan pendidikan itu merupakan jaminan kesuksesan kamu di masa depan.  Semakin tinggi pendidikan yang kamu terima, semakin mudah mencari pekerjaan impian kamu.

Sebenarnya bisa saja kamu menyeimbangkan antara kuliah dan kerja untuk dilakukan secara bersamaan.  Ada beberapa manfaat penting yang bisa kamu dapatkan dari kuliah sambil bekerja paruh waktu ataupun full-time.  Diantaranya:

1. Bekerja dapat Meningkatkan Kinerja Sekolah

Nah, manfaat yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menyeimbangi kegiatan antara kuliah dan kerja.  Bahkan, dengan kendala waktu antara kuliah dan kerja, memiliki pekerjaan dapat membantu kamu lebih fokus.  Kamu akan lebih fokus pada tanggung jawabmu sebagai karyawan dan segala sesuatu yang penting. 

Di tempat bekerja, kamu akan selalu menghadapi tantangan bisnis dan masalah-masalah yang berlaku langsung pada program kuliah yang kamu ikuti.  Dengan itu, kamu akan secara langsung mendapatkan ilmu mengenai program studi kamu di tempat kerja. 

Sebagai mahasiswa yang bekerja, kamu dapat mengambil langkah lebih jauh.  Kamu dapat membuat proyek utusan dosen dengan bekerja sama dengan atasan kamu dan perusahaan.  Kamu dapat mengubah penelitian perusahaan dengan mencari solusi dan memecahkan masalah untuk kepentingan perusahaan dan juga proyek kuliah kamu.  Itu adalah nilai plus untuk kamu!

Baca juga: Lulus Kuliah: Magang atau Langsung Kerja?

2. Mengerti tentang Arti Perjuangan Hidup

Memang tidak gampang untuk melakukan kuliah sambil bekerja.  Kesibukan dan kelelahan bakalan kamu rasakan sewaktu-waktu.  Tetapi, ada baiknya kamu merasakan sibuk dan lelah setelah kuliah dan kerja hampir setiap hari.  Kamu akan terbiasa hidup susah dan berusaha kuat untuk memiliki kepribadian yang tangguh dan mandiri. 

Ini merupakan hal yang baik yang akan menjadi sebuah bekal hidup untuk kamu.  Kamu akan lebih mengerti tentang arti perjuangan hidup tanpa membebani orang tua dan orang lain.  Dengan kata lain, kuliah dan kerja akan membuatmu siap menghadapi tantangan hidup di masa depan.  Walaupun kamu harus kehilangan waktumu untuk kongkow-kongkow bersama teman-temanmu.  Yah, ini pun demi memiliki masa depan yang cerah. 

3. Mendapatkan Pengalaman Bekerja

Manfaat lain dari kuliah dan kerja yang bisa kamu dapatkan adalah pengalaman.  Jika saat ini kamu sudah bekerja, maka setelah kelulusan biasanya yang akan terjadi adalah kamu akan mendapatkan promosi.  Tak hanya itu, jika ingin pindah perusahaan, kamu pun punya kesempatan lebih mudah diterima kerja di tempat lain daripada fresh graduates tanpa pengalaman kerja sama sekali. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan akan menawarkan pekerjaan kepada kandidat yang memiliki riwayat pekerjaan sebelumnya.  Jadi, pengalaman bekerja sangatlah penting dalam mencari pekerjaan.  Dan juga tak kalah menariknya, gaji yang akan kamu dapatkan akan lebih banyak dari fresh graduates tanpa pengalaman kerja.

Baca juga: Cara Jitu Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

4. Belajar Manajemen Waktu

Dengan kuliah dan kerja, kamu akan belajar membagi waktu dengan baik.  Disini, manajemen waktu yang baik memungkinkan kamu untuk work smarter, not harder (bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras).  Dengan itu, kamu akan dapat menyelesaikan lebih banyak dalam waktu lebih sedikit, bahkan dalam situasi dan tekanan yang tinggi.

Kamu juga bisa mengatur jadwal dengan fleksibel antara tugas kuliah dengan pekerjaan.  Jika sudah terbiasa, kamu akan melakukan semua tugas dengan gampang dan dengan pikiran yang tenang.  Alhasil, semua waktu antara kuliah dan kerja dapat terselesaikan dengan baik dan terkendali.

5. Mempunyai Networking yang Luas

Dengan kuliah sambil bekerja, pergaulan kamu pun semakin luas.  Di tempat kerja kamu bisa networking atau memiliki koneksi dengan karyawan lainnya.  Ini akan memudahkan kamu untuk bertanya-tanya seputaran pekerjaan untuk mencari bahan proyek kuliah, dll. 

Di tempat kuliah pun, kamu akan memiliki pertemanan yang luas.  Banyak juga yang bisa kamu ambil hikmahnya dari teman-teman satu kampusmu.  Kamu bisa bertukar pikiran mengenai tugas kuliah dengan teman-teman satu departemen.  Bisa kongkow-kongkow juga jika tidak ada kesibukan dan pekerjaan.  Dengan kata lain, networking kamu di tempat kuliah dan kerja akan dapat membawa hal-hal yang positif dan banyak teman dimana-mana. 

Baca juga: Keahlian yang wajib di miliki bagi yang baru lulus kuliah dan ingin bergaji 8 juta

Jadi, kesimpulannya, kuliah sambil bekerja itu sangat penting dan banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan.  Mulai dari mencari tambahan uang untuk hidup mandiri, sampai memiliki pengalaman yang luas yang akan menjadi bekal hidup kamu di masa depan.

Dengan begitu, untuk meraih kesuksesan lebih cepat pun bisa kamu rasakan dengan kuliah dan kerja secara bersamaan.  Karena dengan memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, akan memudahkan kamu menerima tawaran kerja lebih cepat dan dengan gaji yang lebih besar tentunya, ketimbang lulusan yang tidak memiliki riwayat bekerja sebelumnya.  Ini sungguh kesempatan bagus yang sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Buat kamu yang mau kuliah sambil kerja, kamu bisa cari lowongan kerja di Urbanhire. Jangan lupa untuk melengkapi profil akun Urbanhire kamu ya agar perusahaan-perusahaan diatas dapat dengan mudah mencari kamu, sesuai dengan posisi dan kualifikasi yang mereka butuhkan. Banyak juga tips-tips karir, biar makin siap masuk ke dunia kerja. Semangat UrbanGen!!