Urbanhire Jobseeker

Pentingnya Bisa Berbahasa Inggris

24

Jun 2019

Pentingnya-Bahasa-Inggris-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat digunakan di banyak negara. Hal tersebut merupakan satu dari sekian banyak alasan mengapa mempelajari bahasa tersebut menjadi suatu keharusan. Latar belakang lainnya, terutama untuk para fresh graduate adalah syarat penerimaan pegawai baru di mana menjadikan keterampilan dalam berbahasa Inggris menjadi poin penting.

Unsur Bahasa Inggris Yang Perlu Dikuasai

Ada tiga unsur utama dari Bahasa Inggris yang menjadi elemen penilaian akan penguasaan individu terhadap bahasa tersebut, yaitu :

  • Listening atau mendengarkan, bisa melalui ucapan seseorang maupun file audio berbahasa Inggris.
  • Writing atau menulis yang tepat secara pemilihan diksi dan struktur kalimat.
  • Speaking atau berbicara menggunakan aksen dan pengucapan yang tepat.

Baca juga: Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris saat Interview

Pentingnya mempunyai karyawan yang dapat berbahasa Inggris bagi Employer (Pemberi Kerja)

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya antara korelasi Bahasa Inggris dengan dunia kerja hingga kadang menjadi tolak ukur utama. Kebingungan tersebut wajar, terutama bila pelamar mengajukan aplikasi di instansi maupun perusahaan dalam negeri. Kantor operasional berada di Indonesia, pegawai mayoritas WNI, lalu mengapa bukan keterampilan berbahasa Indonesia yang menjadi standar penilaian?

Terdapat beberapa alasan sehingga sebuah lembaga profit maupun non profit mengutamakan kemampuan berbahasa Inggris bagi calon karyawannya, yaitu :

1. Membangun Koneksi

Memiliki cukup karyawan yang menguasai Bahasa Inggris akan membantu membangun koneksi untuk instansi bersangkutan. Biasanya, koneksi ini dibutuhkan untuk memperlancar kepentingan lembaga bersangkutan dengan pihak asing. Dalam prosesnya, kedua belah pihak akan sering melakukan pertemuan yang sedikit banyak melibatkan karyawan. Sebab itulah keterampilan tersebut dibutuhkan agar komunikasi berjalan lancar.

2. Ekspansi Bisnis Internasional

Baik untuk instansi komersil milik pemerintahan maupun swasta, ekspansi bisnis secara internasional menjadi salah satu agenda wajib. Untuk dapat mencapai titik tersebut, salah satu standar yang dibutuhkan adalah keseragaman karyawan dalam kefasihan menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk aktif maupun pasif. Terutama bagi staf ahli terlibat langsung dalam proses ekspansi tersebut.

3. Kemudahan Negosiasi dengan Pihak Asing

Memiliki karyawan yang dapat berkomunikasi secara lisan maupun tulisan menggunakan Bahasa Inggris akan memudahkan proses negosiasi employer dengan pihak asing. Contohnya untuk kepentingan pengajuan kerja sama yang memerlukan proposal berbahasa Inggris dan selanjutnya disusul pertemuan resmi. Meskipun teknologi alat penerjemah telah lebih maju, namun berkomunikasi secara manual tetap lebih diutamakan.

4. Meningkatkan Standar Instansi

Jumlah karyawan yang menguasai Bahasa Inggris menentukan standar sebuah instansi dalam kacamata nasional maupun internasional. Semakin besar jumlahnya, maka lembaga tersebut dianggap lebih bonafit sehingga otomatis gengsi pun meningkat bagi pihak employer maupun pegawai. Nilai tawar instansi, khususnya ekuitas bagi korporasi yang berhasil meraih standar tersebut sangat tinggi.

Baca juga: Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja Berbahasa Inggris

Keuntungan terampil berbahasa Inggris bagi Job seeker (Pelamar Kerja)

Jika alasan-alasan di atas berfokus untuk kepentingan pihak penyedia lapangan kerja, maka mahir berbahasa Inggris juga memberikan benefit tersendiri bagi para pelamar. Apa saja keuntungan applicant jika menguasai bahasa internasional tersebut?

  •  Kesempatan dan Lapangan Kerja Terbuka Luas

Dengan fasih berbahasa Inggris, pelamar memiliki posisi tawar yang lebih tinggi di mata employer. Sehingga, posisi serta gaji yang ditawarkan pun bisa lebih tinggi. Selain itu, cakupan lapangan kerja menjadi lebih luas. Maksudnya, pelamar memiliki opsi lebih banyak untuk bergabung dengan instansi nasional hingga internasional, pun milik pemerintah atau swasta.

  • Meningkatkan Daya Saing

Tidak dapat dipungkiri bahwa selama beberapa tahun terakhir, persaingan dalam pencarian lapangan kerja maupun upaya mempertahankan jabatan sangat sengit. Melalui kemampuan berbahasa Inggris, daya saing pelamar atau yang telah resmi menjadi karyawan meningkat. Mereka pun menjadi lebih siap untuk berkompetisi untuk mendapatkan atau bertahan pada posisi yang telah didapat.

  • Mudah Beradaptasi

Seseorang dengan kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, relatif lebih mudah beradaptasi pada lingkungan baru. Termasuk di dalamnya adalah lingkungan kerja. Terlebih, bila lembaga atau perusahaan tempatnya bergabung berskala multi nasional di mana kemungkinan penempatan di luar negeri cukup besar. Untuk bisa beradaptasi dalam lingkungan asing, Bahasa Inggris merupakan modal.

  • Lebih Mudah Belajar

Menguasai Bahasa Inggris akan membantu mempelajari lebih banyak hal. Sebab, individu bersangkutan bisa mendapatkan ilmu dari sumber-sumber dengan bahasa internasional itu yang tidak dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia. Sehingga, wawasan yang dimiliki pun lebih luas. Dengan skala pengetahuan yang lebih luas, kinerja yang diberikan pun dapat lebih maksimal.

  • Kemudahan Akses Informasi

Memahami Bahasa Inggris secara mendalam juga memudahkan untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Karena, individu terkait tidak hanya bisa mencerna data berbahasa Indonesia. Mereka juga tidak perlu disesatkan oleh kesalahan penerjemahan dari mesin translator. Cakupan informasi yang didapatkan lebih luas, tidak hanya menguntungkan pribadi tetapi juga untuk instansi tempat mereka bergabung.

Baca juga: Bagaimana Berbicara Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Tips melatih kemampuan berbahasa Inggris bagi pelamar kerja

Setelah memahami pentingnya keterampilan berbahasa Inggris untuk para pencari kerja, berikut adalah cara-cara untuk melatihnya agar semakin baik :

  • Mengikuti kursus atau pendidikan non formal. Cara ini efektif untuk menunjang ilmu Bahasa Inggris yang didapatkan lewat pendidikan formal tanpa perlu menyita waktu. Selain itu, biasanya alumni kursus mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensi bidang terkait.
  • Ikut tes TOEFL secara berkala, minimal satu tahun sekali. Tes ini berguna untuk memantau skor keterampilan Bahasa Inggris yang dimiliki, baik dari sisi listening, speaking, maupun writing.
  • Tidak takut untuk menguji diri sendiri dalam mempraktikkan ilmu Bahasa Inggris yang dimiliki. Contohnya berbicara dengan menggunakan bahasa tersebut, menulis, dan mendengarkan untuk mengulang yang didengar. Praktik berpengaruh signifikan terhadap kefasihan berbahasa.

Baca juga: Fitur Baru Urbanhire: EF SET English Test

Nah job seeker, sudah jelas kan pentingnya dapat berbahasa Inggris, apalagi di dunia kerja. Buat kamu yang belum pernah melakukan tes bahasa Inggris, di Urbanhire, kamu bisa loh mencobanya. Buat kamu yang ingin mengikuti EF SET English Test ini, kamu harus mengetahui apa pentingnya tes bahasa inggris. Hasil tes bahasa inggris ini akan dilihat oleh perusahaan sebagai bukti kemampuan bahasa inggris para calon karyawan. Dan bagi karyawan, hasil tes bahasa inggris ini dapat menjadi bukti kompetensi untuk mendapatkan promosi jabatan.

Urbanhire bekerja sama dengan EF meluncurkan fitur yaitu EF SET English Test. Fitur ini akan membantu kamu menguji kemampuan berbahasa inggris kamu serta dapat memberikan nilai indikatif IELTS/TOEFL.

Ayo buat akunmu di Urbanhire atau lengkapi akunmu buat kamu-kamu yang sudah punya akun Urbanhire. Supaya kamu bisa coba mengikuti EF SET English Test ini. SUKSES TERUS YAAAA para JOB SEEKER!!