Pekerjaan-Yang-Dapat-Dicoba-Untuk-Menambah-Uang-Jajanmu-Saat-Liburan-Lebaran-Cover-Blog

Urbanhire – Menghabiskan liburan panjang bagi mahasiswa tidaklah mudah, pasti kamu sudah punya ancang-ancang uang maupun rencana untuk berlibur. Mungkin pada minggu pertama kamu akan merasa nyaman dan dapat beristirahat tapi disisi lain, liburan kamu tidak lepas dari jeratan tugas dan uang jajan yang jumlahnya tak seberapa dibanding bulan biasa. Beberapa orang  bahkan tidak mendapat uang jajan selama liburan yang alhasil liburanmu hanya kamu habiskan dirumah. Kamu pun harus pandai-pandai memutar otak agar tetap bisa main dan jajan tanpa membebani orang tua.

Apakah kamu salah satu dari jutaan anak muda yang mendapati masalah yang sama dimusim liburan?  Jangan khawatir, kamu bisa simak solusi dibawah ini tentang side job saat libur yang dapat kamu coba di musim liburan ini.

  1. Hobi fotografi? Jual jasamu sebagai freelance photographer!

Jika kamu memiliki hobi fotografi, kamu bisa memanfaatkan hobi ini sebagai mata pencaharian. Jangan salah, menjadi fotografer lepas di acara di kotamu, entah itu seminar, event di mall, atau mungkin event di kampus yang digelar pada masa liburan semester bisa menghasilkan pundi-pundi loh.

Fee yang kamu dapatkan  memang tidak sebesar fulltime photograper, hasil yang bisa kamu dapat sekitar Rp. 300.000 – 500.000 saja, tetapi fee tersebut sepadan karena kamu pun tidak usah repot-repot membuat konsep fotografi atau berdiskusi dengan klien. Kamu hanya tinggal menjepret jalannya acara saja dan mengikuti intruksi jika ada.  Tapi memungkinkan kok jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari hobi fotografi, kamu bisa bergabung atau apply dengan proyek lain yang lebih besar di media seperti majalah, iklan, atau media cetak. Bagaimana, menarik bukan?

  1. Jago desain? Jangan hanya diam dikandang. Manfaatkan bakatmu untuk menjadi freelance designer selama liburan di situs-situs freelance! 

Untuk seorang designer, penghasilan minimal yang dapat kamu raup berkisar Rp 200.000 hingga jutaan rupiah. Fee yang kamu dapatkan biasanya sebanding dengan tingkat kesulitan dan kerumitan proyek gambar yang akan kamu buat dan rancang. Pekerjaan seperti mengerjakan orderan logo brand, desain kaos, atau orderan desain website dan aplikasi mobile juga bisa membuatmu lebih kreatif dalam menciptakan sebuah karya.

Baca juga: Biarpun Weekend, Tapi Masih Tetap Produktif

  1. Jadi guru les anak-anak sekitaran rumah. 

Nah ini dia pekerjaan yang cukup digemari oleh mahasiswa. Biasanya pekerjaan ini dilakukan setiap ada libur semester atau liburan panjang. Kamu bisa mengajar anak-anak mulai dari TK, SD, SMP, SMA dalam bidang materi yang kamu sudah kuasai.  Mengajar sendiri sebetulnya tidak terlalu sulit jika kamu memang orang yang pandai menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu karena yang terpenting menjadi pengajar privat adalah kesabaran dalam mengajar dan beradaptasi.

Bingung harus mengajar apa? Jangan khawatir. Ajarkan saja topik atau bidang yang memang kamu kuassai. Jika kamu seorang mahasiswa Sastra Inggris, kamu bisa mengajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika kamu seorang mahasiswa Teknik, maka kamu bisa memberi bimbingan belajar khusus untuk mata pelajaran Matematika, Kimia, dan Fisika. Fee yang kamu dapat dalam sehari juga terhitung lumayan, sekitar Rp90.000 hingga Rp 150.000 per 60 menit. Tuh, kalau schedule kamu penuh untuk mengajar dalam seminggu, gaji mu sudah setara pekerja fulltime, lumayan kan untuk ditabung?

Baca juga: 5 Hal untuk Menjadi Produktif di Hari Minggu

  1. Anak bahasa? Waktunya untuk unjuk gigi dan mendapatkan uang dengan menjadi guide untuk turis asing.

Travelling gratis sekaligus digaji mungkin merupakan mimpi semua orang, tapi apakah hal Ini mustahil? Tidak demikian. Kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut dengan menjadi tour guide freelance disalah satu travel agent atau objek wisata terdekat. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan CV-mu ke travel agent atau obyek pariwisata yang dikelola oleh swasta. Pekerjaan ini sendiri memiliki jam kerja yang flexible dan cocok banget buat kalian yang hanya memiliki waktu luang saat liburan. Selain jalan-jalan gratis kalian juga bisa mengasah kemampuan berbahasa asing kalian dengan orang asing termasuk mendapatkan pelanggan tetap yang siapa tahu akan memanggil kamu lagi sebagai tour guide diliburan semester selanjutnya.

  1. Suka bahasa dan membaca? Ambil juga pekerjaan sebagai translator.

Jika kamu ingin menghabiskan liburanmu lebih produktif, kamu bisa banget mengerjakan pekerjaan ini. Penterjemah freelance atau freelance translator merupakan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan diberbagai situs kerja freelance ataupun forum sosial. Kamu bisa menerjemahkan berbagai macam tulisan, mulai dari artikel, novel, karya ilmiah dan banyak lagi selama kamu menyanggupi dan siap mengerjakanya sesuai dengan deadline.

Pekerjaan yang cukup fleksible untuk dikerjakan dimana saja ini memiliki fee yang cukup tinggi Rp 30.000 hingga Rp 50.000 bisa kamu raup per naskahnya, tergantung dari tingkat kesulitan. Proyek yang menjanjikan dan berjangka panjang juga bisa memberikanmu 1-2 juta rupiah loh! Disisi lain tanpa kamu sadari, selain mengerjakan pekerjaanmu kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris sekaligus keahlian merangkai kata dan kalimat loh! Keren bukan?

Nah itu dia 5 pekerjaan atau side job saat liburan yang dapat kamu coba. Gimana? Udah ada gambaran mau menghabiskan liburan kamu bagaimana? Jika iya, segera rencanakan liburanmu dengan kegiatan produktif dan raih pundi-pundi mu!

Libur bukan berarti libur meningkatkan potensi diri. Libur justru menjadi kesempatan bagi kamu untuk meningkatkan potensi diri yang dimiliki. Waktu libur pun bisa digunakan untuk mencari pekerjaan melalui Urbanhire, karena ada lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka. Jadi, gunakan waktu liburmu agar bermanfaat dengan membuat akun Urbanhire dan melengkapi profil Urbanhire-mu!