motivasi bekerja

Tahukah kamu jika di Indonesia terdapat lebih dari 150 juta jiwa yang bekerja dan aktif dalam membangun perekonomian? Oke, kali ini kita tidak akan membahas perekonomian pekerja di Indonesia, tapi apa sih motivasibekerja orang Indonesia, hingga total pekerjanya mencapai lebih dari 150 juta jiwa?

  1.    Mendapatkan gaji

“You lived not for money, but without money you can’t live.”

Sepertinya pepatah modern di atas menohok banget buat seluruh pencari rejeki di Indonesia. Makin ke sini, terkadang hadir sifat “materialistis” apakah pekerjaan kita sesuai dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan, dan beragam bonus lainnya.

Selain itu, motivasi tertinggi yang membuat seseorang semangat kerja dan dapat gaji ialah demi melunasi cicilan rumah / mobil, biaya jalan – jalan, atau biaya sehari – hari. Negatifnya, dengan motivasi seperti ini kamu hanya akan bekerja tanpa passion, hanya untuk menyelesaikan tugas dan menunggu akhir bulan datang.

  1.    Naik Jabatan

Semua pekerja tentu ingin jenjang karir yang lebih tinggi dari sebelumnya. Motivasi seperti ini akan memicu kamu untuk bekerja lebih baik bahkan melebihi job description karena motivasi ini memaksamu untuk bersaing dengan rekan kerja untuk mencapai jabatan yang lebih tinggi. Dengan naik jabatan, kamu belajar untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar, mengelola anggaran, memimpin tim, dan meningkatkan skill komunikasi.

Baca juga:  5 Cara untuk Naik Jabatan (tanpa harus menjilat atasan)

Setidaknya jika kamu belum mendapatkan kesempatan naik jabatan di perusahaan sekarang, keterampilan dan perilaku kerja yang kamu bangun akan meningkatkan produktivitas yang berguna di perusahaan lain jika kamu memutuskan untuk pindah.

  1.    Tantangan dan pengalaman

Bekerja juga memberikan pengalaman baru bagimu, terutama untuk para lulusan baru (fresh graduate), intern, atau karyawan kontrak. Kamu menyukai tantangan dan pengalaman baru. Karena menurutmu, semua tantangan yang kamu hadapi itu akan berubah menjadi bekal pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di kantor impian nanti. Kalau kamu sedang mencari batu loncatan ataupun lagi mencari kantor impian jangan lupa cari nya di sini ya.

  1.    Berkarya (Sekaligus Beribadah)

Mungkin motivasi ini yang terdengar paling indah di antara semua yang telah dituliskan di atas. Pekerja seperti ini bukan tipikal money-oriented yang bekerja untuk menerima gaji, mereka mengutamakan menyelesaikan pekerjaan dengan sepenuh hati demi kemajuan perusahaan. Selain itu, kadang ada rasa bersalah (bahkan merasa berdosa) jika melakukan kesalahan – kesalahan sepele karena bagi mereka bekerja juga kegiatan beribadah ; ibadah untuk menafkahi diri sendiri ataupun keluarga dengan uang halal.

Di antara seluruh motivasi bekerja di atas, kamu termasuk yang mana?

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!