email-yang-efektif

Email menjadi bentuk komunikasi tertulis yang paling umum digunakan dalam dunia kerja. Namun, kadang kita tidak tahu bagaimana menulis email yang efektif, baik, dan benar.

Baca tips dari kami dan ketahui bagaimana menulis email yang jelas, ringkas, dan menarik perhatian orang lain.

1. JUDUL

Hindari ketidakjelasan dan penulisan judul email yang membingungkan. Tulis judul email maksimal lima kata. Kuncinya adalah membuat judul yang ringkas, sederhana, dan mudah dipahami.

2. INTONASI

Menulislah seakan Anda sedang berbicara. Buatlah percakakapan yang lebih santai dalam email Anda.  Dengan menggunakan intonasi yang tepat, email yang Anda tulis tidak hanya terdengar lebih ramah dan dekat, namun juga lebih ringkas dan mudah dibaca.

3. BASA-BASI

Hal ini seharusnya datang secara natural, setelah Anda memberi salam (Halo, Hai). Contoh basa-basi dalam email seperti menyampaikan terima kasih atau mengakui usaha keras seseorang setelah hari yang melelahkan. Jika Anda ingin meminta sesuatu, selalu katakan “please” atau “tolong”. Untuk pekerjaan yang dikerjakan dengan baik, ucapkan “Great Job!” atau “Pekerjaan yang hebat!”.

4. TOPIK

Idealnya, setiap email sebaiknya membahas satu atau dua topik saja. Jika anda memiliki beberapa topik atau permintaan di setiap email, buat lebih ringkas dengan poin-poin.

Ingat : setiap topik harus jelas dan langsung pada pokok permasalahan. Buatlah menjadi spesifik; selalu tunjukkan siapa yang akan melakukan tugas, dan kapan tugas tersebut harus diselesaikan.

5. PENUTUP

Jangan langsung menggunakan kalimat penutup. Penutup  yang baik memiliki dua maksud; yakni  mengingatkan kembali topik yang sedang dibahasa dan membuat penerima merasa senang, seperti “I appreciate your help with this” atau “Let me know what you think about this”  untuk meminta pendapat si penerima email tentang topik yang dibicarakan.

Sumber: British Council


Setelah mendapatkan kemampuan untuk menulis email yang efektif, update profil Urbanhire kamu supaya perusahaan mengetahui kemampuan kamu secara lengkap. Jangan lupa cari dan lamar pekerjaan yang kamu impikan di Urbanhire!