Urbanhire Jobseeker

Menjaga Pikiran Positif Selama Pandemi Virus Corona

6

Apr 2020

Blog

Urbanhire – Disaat pandemi virus corona yang membuat seluruh dunia berjuang keras untuk menaklukannya, memiliki perasaan cemas, takut dan bahkan memiliki gangguan jiwa anxiety sepertinya menjadi hal yang lumrah saat ini. Pola hidup dan cara bersosial pun mulai berubah. Dari yang jarang mencuci tangan sekarang menjadi rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan ketika bersosialisasi selalu menjaga jarak. Rasa cemas dan takut yang berlebihan ini merupakan salah satu akibat dari masifnya pemberitaan media tentang peningkatan pasien yang terjangkit virus corona. Munculnya perasaan-perasaan negatif ini akan berdampak kepada kualitas dan produktivitas kamu saat bekerja. Untuk itu kamu harus menjaga pikiranmu tetap positif selam pandemi ini. Bagaimana caranya?

Pertahankan Rutinitasmu

Merubah rutinitasmu secara tiba-tiba akan membuatmu cepat stress dan tertekan. Hal ini akan mengaggu kesehatan mentalmu. Meskipun kamu sedang melakukan karantina diri atau kalau di dunia maya istilahnya “di rumah aja”, rutinitas yang sudah kamu lakukan sebelum pandemi virus corona harus tetap kamu pertahankan. Misalkan karena kamu mulai menerapkan work from home, kamu harus tetap menjaga rutinitasmu seperti tetap bangun pagi, sarapan,mandi pagi dan berolahraga. Jangan karena kamu work from home, kamu lebih sering begadang dan jarang mandi. Selain membuat ritme kerjamu berantakan, rutinitas seperti itu juga akan menganggu kesehatan mental dan fisikmu

Baca juga: Dampak Corona Bagi Beberapa Negara di Dunia

Tetap Menjalin Komunikasi

Mengarantina diri sendiri atau “di rumah aja” saat pandemi virus corona saat ini menjadi hal yang diwajibkan. Alasannya adalah cara tersebut merupakan cara yang paling efektif memutus rantai penularan virus corona. Namun karantina diri juga memiliki dampak buruk, yaitu kurangnya waktu untuk bersosialisasi dengan rekan kantor atau teman main. Agar kamu tetap memiliki pikiran yang positif dan optimis, kamu harus tetap menjalin komunikasi dengan mereka. Manfaatkan teknologi saat ini untuk tetap bersosialisai dengan teman-temanmu. Kamu bisa menggunakan media sosial dan platform lainnya untuk bercengkrama.

Baca juga: Cara Buat “#dirumahaja” Menjadi Bermanfaat

Jaga Pikiran, Tubuh, Hati dan Imajinasi Tetap Aktif

Agar kamu tetap memiliki pikiran positif dan produktif saat work from home di tengah pandemi virus corona ini, kamu harus tetap menjaga pikiran, tubuh, hati dan imajinasi tetap aktif. Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan membaca buku yang kamu punya. Atau sekedar mendengarkan podcast dan menonton film agar pikiran dan imajinasimu tetap aktif. Selain itu kamu dapat mengakses kelas-kelas online untuk menambah pengetahuanmu. Di tengah pandemi ini banyak sekali kelas-kelas online yang dapat kamu akses yang bebas biaya.

Fokus Kepada Hal Positif

Disaat pandemi virus corona ini, banyak sekali media massa dan media sosial yang memunculkan berita-berita yang memiliki nilai negatif seperti jumlah pertambahan pasien atau meningkatnya jumlah korban meninggal akibat pandemi ini. Kamu harus bisa memilahnya dan tetap fokus kepada berita-berita yang memberikan harapan. Dan tentunya lindungi pikiranmu dari berita-berita yang tidak benar atau hoax.

Jaga Kesehatan

Meski kamu tidak bebas untuk keluar rumah karena virus coron ini dan tempat gym/fitnes banyak yang tutup, kamu tetap bisa menjaga kesehatanmu dengan rutin berolahraga di dalam rumah. Lakukan olahraga ringan di dalam kamar atau rumahmu. Dengan tetap menjaga kesehatanmu kamu akan selalu memiliki pikiran positif dan tetap produktif saat menjalani work from home.

Meski kamu harus tetap di rumah, kamu harus tetap semangat, tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat, vitamin, olahraga, istirahat yang cukup dan berpikiran positif. Buat UrbanGen yang sedang mencari pekerjaan. Temukan pekerjaan impianmu di Urbanhire. Buat dan lengkapi akun Urbanhire kamu.

Previous post