Urbanhire Jobseeker

Mengapa Berpenampilan Menarik Jadi Point Plus Saat Melamar Kerja

30

Oct 2019

Blog

Urbanhire – Mengapa penampilan menarik sering kali menjadi tolak ukur sebuah perusahaan untuk merekrut karyawan? Sedangkan terdapat kalimat bijak yang melarang untuk menilai seseorang berdasarkan penampilan saja. Lalu, kenapa employer tetap menjadikan penampilan sebagai penilaian utama? Seperti apa cara untuk tampil lebih menarik saat melamar sebuah pekerjaan?

Alasan Penampilan Menjadi Faktor Penting Penentu Penerimaan Karyawan

Apa sebenarnya yang membuat employer lebih memilih seseorang dengan penampilan yang menarik? Tanpa disadari, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat disimpulkan melalui tampilan kamu sebagai job seeker ketika melamar pekerjaan :

1. Keseriusan dalam Melamar Pekerjaan Tersebut

Ketika kamu berpenampilan rapi, secara otomatis akan menunjukkan kesungguhan dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kamu berusaha memberikan kesan yang baik melalui caramu berpenampilan. Berbeda soal bila kamu tampil acak-acakan, tentunya membuat employer berpikir bahwa kamu tidak menganggap serius lamaran kerja itu.

2. Penampilan Menggambarkan Karakteristik Seseorang

Sedikit banyak, cara seseorang menampilkan diri di depan publik merupakan refleksi dari kepribadiannya. Seseorang yang disiplin tentu tidak akan tampil melamar kerja dengan kondisi yang kacau. Namun jika pelamar tipikal yang acuh tak acuh, bukan soal baginya untuk tampil serampangan saat melamar kerja.

Baca juga: Ketika Interview Harus Membawa Apa Saja, Ya?

3. Tampilan Menarik Memudahkan dalam Profesi dengan Koneksi Luas

Khusus untuk sebuah profesi yang mengharuskan kamu untuk berhubungan dengan banyak orang, maka penampilan menarik menjadi sebuah keharusan. Tampilan yang baik akan menghasilkan impresi serupa, sehingga lawan bicara cenderung merasa nyaman dan komunikasi dapat terjalin lancar.

4. Berpenampilan Menarik Juga Menggambarkan Kepandaian Seseorang

Meskipun anggapan ini sangat subjektif, namun faktanya banyak orang lebih percaya bahwa mereka yang berpenampilan menarik berarti pintar. Terutama para employer yang menggunakan asas ‘kesan pertama adalah yang terpenting’. Ketika kamu bisa menjaga penampilan, otomatis kamu pintar. Suka ataupun tidak, opini tersebut terlanjur mendarah daging.

5. Pegawai dengan Tampilan Menarik Mampu Memajukan Bisnis

Perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang penyediaan jasa dan produk tentu sangat mengutamakan penampilan karyawan. Mengapa? Sebab mereka berurusan langsung dengan konsumen di mana cenderung menjadikan penampilan pegawai sebagai tolak ukur utama. Semakin apik tampilan mereka, kian mudah menarik konsumen, bisnis pun makin lancar.

Cara Agar Penampilan Semakin Menarik Saat Melamar Kerja

Lantas, bagaimana cara agar dapat berpenampilan menarik ketika melamar kerja? Cukup dengan mengenakan pakaian bagus, bermerek, dan aksesoris mahal? Tentu saja tidak. Di sini merupakan kesalahan pengertian dari para job seeker yang sifatnya fatal. Apakah menarik hanya dari pakaian dan aksesoris saja? Berpenampilan menarik lebih dari sekadar itu.

Jadi, seseorang dikatakan memiliki tampilan yang menarik jika dari ujung kepala hingga ujung kaki membuat orang lain terkesan. Apa pun yang tampak dari kamu, itulah bagian dari penampilan. Lalu, bagaimana cara agar employer dapat menerimamu sebagai applicant dengan penampilan menarik?

1) Kenakan Pakaian Sopan dan Rapi

Pakaian disebut sopan bukan karena menutupi sekujur tubuh, tetapi tidak mengeksploitasi fisik penggunanya secara berlebihan. Sementara pakaian yang rapi tentunya berupa kain yang tidak kusut serta memiliki garis setrika yang jelas. Ketika menaati aturan sederhana ini, banyak sekali job seeker yang lolos tahap awal impresi saat melamar kerja.

2) Rias Wajah Natural

Riasan wajah juga merupakan bagian dari kriteria penampilan. Ketika melamar kerja, usahakan untuk menggunakan riasan yang natural, tidak berlebihan tetapi juga tidak tampak polos apalagi pucat. Model riasan seperti ini lebih disukai oleh para employer dalam perekrutan karyawan baru karena memberikan kesan fresh.

Baca juga: Pakaian Wawancara Kerja Yang Cocok untuk Milenial

3) Hindari Bau

Sebelum berangkat melamar kerja, apalagi jika disebutkan soal tahapan wawancara, pastikan sekujur tubuh tidak menimbulkan bau tidak enak. Terutama bau badan, bau mulut dan bau kaki. Bila memang kamu memiliki permasalahan seperti itu, cari cara untuk menghilangkannya selama melamar kerja. Bisa dengan menggunakan bedak, cairan kumur, dan lain-lain.

4) Menjaga Berat Badan Ideal

Poin yang satu ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum melamar pekerjaan. Sebab, berat badan sangat riskan naik dan turun akibat dipicu banyak faktor, di mana stres menjadi salah satunya. Memiliki berat badan proporsional akan membuat penampilanmu jauh lebih menarik. Sehingga penting untuk berolahraga teratur dan menjaga pola makan karenanya.

5) Percaya Diri dan Banyak Tersenyum

Cara terakhir agar penampilan menarik ketika melamar kerja adalah dengan memompa kepercayaan diri sendiri serta banyak tersenyum. Ketika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan menambahnya dengan senyuman, aura positif akan terpancar dari diri kamu. Aura semacam ini akan membuat orang-orang mudah menyukai kamu, termasuk sang employer.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari Terkait Penampilan Melamar Kerja

Sedikit banyak, kamu pasti sudah memahami hal-hal terkait penampilan yang lebih baik dihindari. Jadi, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan berkenaan dengan tampilan ketika melamar pekerjaan. Apa saja?

  • Menggunakan pakaian yang terlalu terbuka sehingga membuat risih orang sekitar yang melihatnya dan berpotensi memicu tindak asusila.
  • Merias wajah secara berlebihan juga bukan hal yang disarankan sebab dapat menimbulkan pertanyaan tentang motif sesungguhnya mengajukan lamaran kerja.
  • Menggunakan pakaian dan aksesoris bermerek secara terang-terangan untuk mengintimidasi atau memancing penilaian subjektif employer.
  • Tidak percaya diri dan kurang senyum juga hal yang negatif terhadap penampilan karena akan menimbulkan aura kurang baik dari tubuh kamu.

Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba mempraktikkan serta menjaga penampilan menarik untuk mendapatkan sebuah pekerjaan?

Jika kamu memang sedang mencari pekerjaan, cek di www.urbanhire.com dan temukan lowongan pekerjaan impianmu. Jangan lupa juga untuk membuat akun Urbanhire dan lengkapi profil Urbanhire-mu supaya perusahaan dapat menemukan profilmu dengan mudah. Berdoa juga untuk hasil terbaik dari pekerjaan yang kamu lamar. Sukses selalu UrbanGen!