introvert

Tidak semua orang mempunyai keberanian untuk tampil didepan orang banyak. Bagi kamu yang cenderung menarik diri dari keramaian atau suka grogi saat tampil didepan umum, mungkin kamu termasuk orang yang introvert. Biasanya orang yang introvert cenderung lebih susah bergaul sehingga cenderung menghambat kemajuan karir. Hal ini karena sifat introvert akan menghambat kamu untuk mempromosikan diri karena besar kemungkinan kamu kalah dengan mereka dengan kepribadian terbuka atau extrovert. Meskipun begitu bukan berarti si introvert tidak bisa dapat promosi loh. Yuk simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan promosi bagi kamu yang introvert.

Tunjukkan data atau bukti

Sekarang ini sudah bukan lagi zamannya membual dengan target ataupun ‘menjilat’ agar mendapat perhatian dari atasan. Namun untuk mendapatkan perhatian dari atasan, anda bisa mengingatkan si bos tentang pencapaian atau target apa saja yang sudah anda raih selama ini dengan bukti dan data.

Tunjukkan kelebihan kamu

Setiap orang memang punya kelebihan tersendiri tapi perlu waktu untuk mengenali bakat dan kelebihan yang dimiliki. Kalau kamu ingin segera mendapatkan promosi, sebaiknya mengenali potensi diri kamu kemudian kembangkan potensi tersebut. Kamu memang bukan tipe orang yang suka membual untuk setiap detail prestasi atau kelebihan yang dimiliki, tapi kamu tetap harus menunjukkannya pada orang lain. Tidak melalui ucapan tapi melalui tindakan. Misalkan ada teman kamu yang membual jago bahasa Inggris tapi waktu diajak ngomong dengan orang bule malah gelagapan. Akan lebih baik kalau kamu tidak terlalu banyak omong, tapi semua orang tahu kalau kamu cakap dalan bahasa Inggris aktif.

Berlatih komunikasi

Komunikasi memang hal yang cukup sulit bagi kamu yang introvert. Padahal komunikasi adalah kunci penting untuk promosi diri. Oleh karena itu kamu harus mulai melatih kemampuan komunikasi secara bertahap. Karena mau bagaimanapun kalau kamu sudah naik jabatan, kamu harus bisa berkomunikasi dengan bawahan kamu. Banyak membaca juga memberi kamu kemampuan komunikasi yang lebih baik, seperti membaca artikel-artikel di Urbanhire,

Jangan ragu meminta bantuan

Menghubungi teman memang tidak harus dengan maksud promosi diri saja, tapi kamu bisa meminta bantuan teman untuk memberitahu orang lain kalau kamu juga mempunyai andil dalam proyek tertentu. Dengan referensi dari teman, kamu bisa mendapat dukungan dari teman-teman kantor yang lain. Jadi, mulai sekarang mulailah untuk membuka pertemanan dengan teman kantor meskipun kamu lebih suka menyendiri.

Persiapkan diri

Si introvert harus mempersiapkan diri untuk bersikap lebih terbuka. Kamu harus lebih membuka diri dengan belajar komunikasi, membuka pertemanan, dan juga menunjukkan kelebihan kamu. Kalau kamu sudah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin namun belum juga mendapatkan promosi yang selayaknya, mungkin sudah saatnya kamu beralih ke pekerjaan yang sesuai dengan passion dan bakat kamu.

Kini kamu sudah mengetahui bagaimana bisa mendapatkan promosi meskipun kamu seorang intovert. Loihat dan lamar pekerjaan-pekerjaan impian kamu hanya di Urbanhire. Lengkapi profilmu dengan mencantumkan pengalaman-pengalaman bekerjamu.