Urbanhire Jobseeker

Memulai Pekerjaan Baru? 7 Tips untuk Memastikan Keberhasilan Anda

12

Jun 2019

8-Hal-Yang-Membuat-Surat-Lamaran-Kerja-Lolos-Screening-Cover-Blog1 No Tags

Urbanhire – Memulai pekerjaan baru tidak semudah yang di bayangkan. Jika kamu sebagai pegawai pemula maupun pegawai lama yang mencari tempat baru tentu akan mengalami banyak perubahan. Baik itu perubahan lingkungan, cara berpikir orang lain dan kebiasaan kamu. Semuanya tidak lagi sama seperti baru. Bahkan kamu akan merasa berada di planet lain yang perbedaannya sangat jauh dari apa yang kamu lakukan selama ini. Untuk itu ubahlah cara pandang kamu agar berhasil dengan tempat kerja yang baru.

7 Tips yang harus dilakukan saat memulai pekerjaan baru

Hal yang harus kamu pelajari saat memulai pekerjaan baru yaitu budaya kantor tempat kamu bekerja. Karena itu yang akan mempengaruhi rasa nyaman selama bekerja. Juga akan berdampak pada masa depan karir kamu. Jika kamu sudah dapat menyesuaikan dengan budaya yang ada maka lebih mudah meraih kesuksesan. Sebanyak apapun pegawai baru jika ternyata tidak mampu menyesuaikan dengan kebiasaan di tempat tersebut maka tidak akan lama untuk bertahan.

Agar kamu bisa merasakan kebahagiaan dan kenyamanan saat bekerja pada pekerjaan baru, lakukan 7 tips berikut :

1. Memperkenalkan tentang kepribadian kamu

Setiap orang akan menbawa kepribadiannya saat memasuki lingkungan baru. Termasuk kamu yang sudah mendapatkan kantor sesuai dengan impian. Pengenalan kepribadian ini dapat di lihat dari interaksi pertama yang kamu lakukan. Berikan kesan pertama yang baik dimata rekan kerja. Namun bukan berarti kamu menjadi orang lain saat memulai pekerjaan baru. Tetaplah menjadi diri kamu dan memperlihatkan sisi positif agar dapat diterima dalam lingkungan tersebut.

Berikan kesan pertama yang sangat bersahabat. Tunjukan pada semua orang bahwa kamu ingin menjalin persaudaraan dengan rekan kerja yang lain. Di awal ini tentunya kamu masuk dalam masa percobaan. Dimana pekerjaan kamu bisa saja terhenti jika ternyata pribadi yang kamu tunjukan tidak baik. Buktikan bahwa kamu adalah pekerja yang profesional, rajin dan penuh hormat. Juga menyenangkan ketika melakukan komunikasi dengan siapapun. Dan ini menjadi penilaian yang besar untuk karyawan baru.

Baca juga: 4 Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Terima Pekerjaan Baru

2. Memulai pekerjaan tanpa tuntutan

Kamu lebih baik fokus pada pekerjaan yang akan kamu selesaikan. Jangan ingin menunjukan bahwa kamu seperti karyawan yang rajin sehingga meminta tugas yang banyak. Lebih baik menyesuaikan dengan waktu pengenalan tugas dan menyelesaikannya secara bertahap. Dengan begitu tugas akan cepat selesai dengan hasil yang maksimal. Lakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai arahan, jika selesai dengan sempurna maka akan timbul kepercayaan dengan atasan kamu.

3. Atur jadwal sesuai kesepakatan

Seorang pegawai tidak hanya memiliki lingkungan dalam perusahaan. Maksudnya bahwa karyawan juga memiliki kehidupan pribadi yang harus dipenuhi. Kamu tidak bisa mengerjakan tugas kantor yang di bawa ke rumah. Karena tugas sebagai seorang pekerja memiliki jadwalnya tersendiri. Apalagi jika memiliki pekerjaan baru dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Jika di awal, kamu sudah menetapkan waktu bekerja maka taati dengan benar.

Tentukan kesepakatan jadwal bekerja dengan atasan agar dapat saling memahami. Jangan sampai manajer kamu mengirim tugas ketika sedang akhir pekan. Dan menyebabkan kamu harus bekerja di luar kantor. Untuk mempertegas jadwal dari kesepakatan lebih baik komunikasikan dengan baik dan tolak secara halus. Biarkan tugas tersebut dikerjakan saat jam kerja saja.

Baca juga: Fitur Baru Urbanhire: Mencari Pekerjaan melalui Handphone

4. Fokus terhadap pekerjaan sendiri

Hindari untuk terlibat dengan pekerjaan yang bukan menjadi ranah kamu. Karena kemampuan seseorang tentunya berbeda-beda tergantung bidang yang dipilih. Kamu tidak bisa terlibat dengan pekerjaan orang lain yang belum tentu kamu pahami. Hal ini hanya akan membuat pekerjaan kamu terhambat dan reputasi kamu di mata rekan kerja menjadi buruk karena tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang di luar bidang kamu. Lebih baik di awal tolak tugas orang lain yang tidak kamu kuasai.

5. Memilih pekerjaan dengan bijak

Ketika memulai pekerjaan baru akan banyak kehidupan baru yang juga ditemukan. Kamu sebagai orang yang baru harus lebih memilih mana yang dianggap penting atau tidak. Karena bukan tidak mungkin untuk merasakan kekhawatiran, kecemasan, dan ketidaktahuan yang menghambat kamu. Namun tetap hadapi dengan kepala dingin dan rasa percaya diri. Agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Kamu bisa membedekannya dengan melihat hal-hal penting, hal yang harus di hindari, hal yang tidak perlu dilibatkan ataupun hal yang tidak penting untuk kamu tahu. Jika sudah bisa membedakan ini maka pekerjaan akan berjalan dengan lancar. Dan lingkungan baru bukan halangan untuk kamu bisa berkembang.

Baca juga: Ayo Gunakan Teknologi untuk Mencari Pekerjaan!

6. Menciptakan manajemen waktu yang benar

Jika kamu sudah memulai pekerjaan baru , saatnya untuk membuat manajement waktu yang tepat. Jangan sampai kamu merasa terbebani dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Namun harus tetap ingat dengan target penyelesaian yang harus dicapai. Dengan begitu kinerja kamu akan terlihat sangat baik. Manajement waktu sangat penting sebagai bentuk kedispilinan.

Di sini kamu harus membuat prioritas utama yang harus diselesaikan. Catat apa saja yang harus kamu capai dalam waktu satu minggu atau satu bulan. Daftar item ini harus kamu selesaikan setiap harinya agar mampu mencapai target. Lebih cepat selesai maka akan lebih baik nilai kinerja kamu di mata atasan. Dan tetap harus menyeimbangkan sesuai jadwal yang sudah direncanakan.

Kamu juga bisa berkata “tidak” untuk perintah yang bukan sesuai dengan ranah yang kamu pegang. Karena itu sama sekali tidak menjadi tugas kamu. Ketegasan ini juga akan memberikan dampak baik karena kamu menjalankannya sesuai ketepatan waktu yang sudah dibuat. Dengan begitu semua target akan selesai dengan cepat.

7. Selalu banyak bertanya

Sebagai karyawan baru, wajib untuk selalu banyak bertanya. Itu menandakan bahwa kamu paham dan ingin belajar lebih dalam. Tanyakan sesuatu yang belum kamu tahu maknanya dan seperti apa kinerjanya. Dengan begitu pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Selain itu jangan ragu untuk melakukan riset mengenai pekerjaan yang harus kamu lakukan. Agar hasilnya menjadi sempurna.

Itulah 7 tips yang harus kamu lakukan saat memulai pekerjaan baru. Dengan begitu proses penyesuaian dengan lingkungan baru menjadi lebih mudah. Dan kamu dapat meraih kesuksesanmu.

Sudah siap untuk memulai pengalaman baru mu ditempat kerja yang baru? Ayo update CV dan resume kamu, dan kirim lamaran pekerjaan mu sekarang! Buat akun mu di Urbanhire dan langsung upload dan update CV atau resume kamu di Urbanhire. Setelah itu langsung sebar CV dan resume kamu untuk melamar ribuan lowongan di Urbanhire!