Berburu pekerjaan untuk para sarjana baru atau fresh graduate tidak akan bisa dilepaskan dari proses membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Di dalam CV tersebut tertuang dengan lengkap namun jelas, semua hal yang berkaitan dengan pelamar kerja. Jika sedang memulai mencari pekerjaan, tentu saja Anda tidak bisa mencantumkan pengalaman kerja. Padahal, pengalaman kerja sangat dibutuhkan untuk orang yang hendak mendapatkan pekerjaan.

Jika belum mempunyai pengalaman kerja, apakah bisa membuat CV yang menarik, yang dapat mencuri perhatian pihak atau perusahaan yang sedang mencari karyawan baru? Setidaknya, ada cara membuat CV menarik tanpa pengalaman kerja, dan ini sangat penting untuk para fresh graduate. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Tulislah latar belakang pendidikan dengan lengkap

Untuk mengakali belum adanya pengalaman kerja, maka di dalam CV, kamu perlu mencantumkan latar belakang pendidikan secara lengkap. Apalagi jika kamu bersekolah atau berkuliah di sekolah favorit dan universitas terbaik. Meski belum berpengalaman, jika kamu berasal dari sekolah atau universitas bermutu maka peluang untuk dipanggil tes kerja sangat besar.

  1. Tulislah semua bentuk penghargaan yang pernah kamu dapatkan

Selain nama sekolah atau universitas, kamu juga perlu mencantumkan semua bentuk penghargaan yang pernah kamu terima. Pihak pencari kerja atau perusahaan akan lebih memperhatikan orang-orang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan dibarengi dengan banyak prestasi yang pernah diraih. Kamu akan memiliki nilai lebih jika memiliki banyak bentuk penghargaan, baik itu di berbagai bidang perlombaan atau di dalam aktivitas kemasyarakatan dan sosial.

  1. Tulislah pengalaman berorganisasi

Belum memiliki pengalaman kerja tak masalah untuk banyak perusahaan. Apalagi banyak juga perusahaan yang mencari tenaga fresh graduate untuk mengisi beberapa bagian pekerjaan. Tulislah pengalaman berorganisasi dalam CV kamu sehingga perusahaan melihat nilai lebih kamu dibanding pelamar lain yang tidak punya pengalaman berorganisasi. Baik itu berorganisasi di sekolah atau universitas, atau organisasi sosial kemasyarakatan, cantumkan saja agar CV kamu lebih berbobot.

  1. Tulis biodata secara unik

Hal yang juga bisa kamu lakukan untuk mengakali CV tanpa pengalaman kerja adalah tulislah biodata kamu secara unik. Jangan sekadar menuliskan nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tambahkan juga beberapa keterangan lain seperti hobi atau minat terhadap suatu bidang, termasuk tuliskan cerita secara singkat tentang diri kamu. Kemaslah dalam rangkaian tulisan yang menarik dan unik. Tidak hanya itu, desainlah CV kamu dengan memperhatikan tata letak yang menarik. Jika kamu tidak bisa mengoperasikan program komputer untuk mendesain CV kamu, mintalah tolong kepada teman atau orang yang mengerti mendesain tulisan kamu sehingga menjadi CV yang unik dan enak dilihat. Kombinasikan foto, gambar pendukung, atau hiasan-hiasan lain untuk menambah daya tarik CV. Tapi ingat, CV kamu harus tetap terlihat elegan, tidak terkesan terlalu ramai.

  1. Buat poin-poin penting tentang diri kamu

Untuk lebih memikat lagi, kamu juga perlu memberi penekanan penting tentang diri kamu. Misalnya, keunggulan yang kamu miliki atau mengapa kamu layak dipilih sebagai karyawan di perusahaan yang kamu kirimi surat lamaran kerja. Poin-poin penting tentang diri kamu, dari berbagai sudut pandang, bisa lebih memikat perusahaan yang hendak memilih kamu sebagai pegawainya. Susunlah poin-poin yang membuat kamu unggul dibanding pelamar lain dalam desain atau tata letak yang juga menarik. Selaraskan dengan informasi lain berkaitan dengan diri kamu dan latar belakang studi, sehingga tata letaknya harmonis dan menyenangkan.

  1. Jangan terlalu rumit

Tips atau trik lainnya yang perlu kamu perhatikan sebagai sarjana baru atau fresh graduate, jangan menyusun CV terlalu rumit. Lengkap boleh, tapi jangan bertele-tele. Meski pada bagian-bagian tertentu harus ditulis lebih lengkap dan panjang, tapi perhatikan susunan kalimat-kalimatnya. Buatlah paragraf yang mudah dipahami jika kamu hendak mendeskripsikan tentang diri kamu atau tentang hal lain yang sangat penting. Sebaliknya, jika Anda hendak menuliskannya dalam poin demi poin, tulislah dengan kalimat-kalimat efektif, tidak mubazir, bahkan terlalu rumit dipahami. Trik ini bisa mengalihkan perhatian perusahaan dari yang semula memprioritaskan pengalaman kerja menjadi memperhatikan CV kamu, mempelajarinya, lalu mempertimbangkan keunggulan kamu, untuk dites dan kemudian menerima kamu sebagai pegawainya.

  1. Tulislah dengan jujur, apa adanya diri kamu

Tips dan trik mengakali CV tanpa pengalaman kerja bukan berarti memungkinkan untuk berbuat curang, tidak jujur, dan melebih-lebihkan apa yang ada pada diri sendiri. Bagaimanapun, CV terbaik adalah yang dibuat dengan jujur, yang mencerminkan apa adanya diri sendiri, namun dikemas dalam bahasa atau kalimat yang menarik, ditunjang dengan tata letak yang keren. Cara ini akan mudah memikat perusahaan yang hendak kamu tuju. Jika kamu mengabaikan kejujuran atau tidak menuliskan apa adanya diri kamu, selain berisiko dipersoalkan setelah kamu diterima, Anda pun akan merasakan malu akibat kebohongan yang kamu buat.

Hal yang juga perlu dipahami sebagai sarjana baru atau fresh graduate, tidak semua perusahaan mencari pegawai berpengalaman. Banyak juga yang menginginkan karyawan baru, yang baru lulus dari studinya, untuk dididik dari awal, dengan beragam alasan dan tujuan. Jika kamu kesulitan menembus persaingan kerja yang mensyaratkan pengalaman kerja, kamu masih bisa memilih mengirim surat lamaran dan CV ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan fresh graduate. Semua cara bisa kamu coba dan buktikan saja bahwa kamu seorang fresh graduate yang punya kemampuan, keunggulan, atau keunikan, sehingga mampu memenangi persaingan di dunia kerja.

Sekarang, CV tanpa pengalaman kerja kamu sudah siap, cari karir impian kamu di Urbanhire.com. Ada ribuan lowongan menantimu di sini, siapa tahu salah satunya adalah karir impianmu. Buat akun Urbanhire-mu dan lengkapi profilnya!