Urbanhire Jobseeker

Manfaatkan Media Sosial Untuk Melamar Pekerjaan

22

Jul 2020

Urbanhire – Manfaatkan media sosial bisa menjadi keuntungan dan senjata kamu untuk mencari pekerjaan. Ketika kamu telah menentukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu lalu kamu memutuskan untuk melamarnya. Apa yang kamu lakukan? Pasti kamu akan memperbarui  resume/CV dan menulis surat lamaran yang sempurna. Tapi apakah itu sudah cukup menurutmu? Tentu saja tidak, kamu harus memperhatikan media sosialmu sebelum kamu mulai aktif mencari pekerjaan. Berikut alasan kamu harus memperhatikan media sosialmu agar dapat bermanfaat buat kamu melamar pekerjaan.

Perusahaan Selalu Cek Media Sosial

Sebelum melamar pekerjaan, coba kamu ingat-ingat kembali apakah kamu memposting sesuatu yang isi kontennya bermuatan negatif? Seperti kata-kata kasar, kebencian atau kritik yang mengandung sara. Jika iya, cobalah kamu mulai membersihkan postingan semacam itu. Alasannya adalah perusahaan akan mengecek latar belakangmu termasuk media sosialmu. Ingat akun media sosialmu adalah cerminan dari kepribadianmu. Jika kamu terlalu meluap-luap dan emosi mengomentari sesuatu, perusahaan akan berpikir panjang atau bahkan langsung menolakmu.

Platform Profesional Akan Menunjang Penilaian

Manfaat media sosial sangatlah banyak bila kamu bijak dalam menggunakannya. Kamu bisa manfaatkan media sosial profesional untuk mendapatkan atau melamar pekerjaan. Banyak perusahaan yang mencari kandidat melalui platform profesional. Cobalah buat akun yang terlihat profesional, posting hal-hal yang berbobot sesuai dengan keahlianmu agar kamu dapat menarik perhatian pencari kandidat.

Ekspresikan Diri Sesuai Dengan Keahlian & Bakatmu

Semua media sosial bisa kamu gunakan untuk memposting konten yang sesuai dengan keahlian dan bakatmu. Maka manfaatkan media sosial milikmu untuk berbagi konten agar semua orang mengetahui bakatmu. Dengan menunjukan keahlianmu di media sosial akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan karena para pencari kandidat atau bakat melihat potensimu yang dapat dimanfaatkan untuk perusahaan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bersenang-senang di media sosial dan menunjukkan sisi manusiawimu namun ingat kamu perlu menyadari batasan-batasannya. Akun media sosialmu adalah cerminan dari dirimu. Ketika kamu ingin memposting sesuatu, pikirkan bagaimana kamu ingin dianggap oleh audiencemu. Maka berbijaklah dalam bermain media sosial agar kamu bisa manfaatkan media sosial untuk melamar pekerjaan.