Urbanhire Jobseeker

Lebih Suka Kerja Sendiri Aja? Intip Yuk Ide Profesi yang Cocok

2

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Setiap orang memiliki sifat dan karakter masing-masing. Ada yang pendiam dan ada pula yang sangat ceria dan ramai. Setiap sifat atau karakter tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tidak pernah ada yang benar-benar sempurna. Sebab setiap orang bisa berubah sifat dengan atau tanpa disadari.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah ekstrovert dan introvert. Menurut Carl Gustav Jung, seorang psikolog asal Swiss, mendefinisikan Ekstrovert sebagai orang yang suka dengan keramaian dan gemar berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan introvert adalah kebalikannya, yakni orang yang suka bekerja sendiri, cenderung pendiam dan berinteraksi hanya dengan beberapa orang saja.

Kedua sifat itu pun tak luput dari kekurangan. Namun, sebagian orang menganggap bahwa ekstrovert adalah suatu kelebihan, sedangkan introvert merupakan kelemahan. Hal ini jelas tidak benar. Sebab ada hal-hal dalam diri seorang introvert yang membuatnya lebih unggul daripada ekstrovert. Begitu pula sebaliknya.

Misalnya dalam dunia kerja, seorang ekstrovert cenderung membutuhkan kerja sama tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sementara introvert menjadi seseorang yang mampu bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugasnya.

Baca juga: #AskUrbanhire: Sulitkah mencari pekerjaan diatas umur 30?

Bagi kamu yang merasa lebih cenderung ke introvert, inilah rekomendasi profesi untuk introvert atau orang yang suka bekerja sendiri!

Penulis

Penulis merupakan pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Kecuali penulis berita atau jurnalis. Seorang penulis lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mencari sumber informasi yang berkaitan dengan tema tulisan yang sedang dikerjakannya, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah karya tulis.

Pekerjaan yang satu ini cocok untuk seorang introvert yang terbiasa dengan menyelesaikan pekerjaannya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Mereka bisa leluasa menuangkan idenya ke dalam tulisan. Selain itu, untuk menunjang kualitas tulisannya seorang penulis tentu membutuhkan suasana yang tenang dan damai. Seperti halnya keinginan seorang introvert.

Editor

Dunia kepenulisan tidak hanya soal penulis, tetapi juga penerbit. Dalam dunia penerbitan ada peran seorang editor yang bertugas mengoreksi karya tulis dari seorang penulis. Editor haruslah bekerja secara teliti dan detail, sebab hasil pekerjaannya amat menentukan kualitas buku yang akan diterbitkan.

Editor cenderung bekerja sendiri karena ia memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Dalam perusahaan penerbitan, seorang editor hanya berinteraksi dengan beberapa orang saja, misalnya penulis dan orang yang di divisi percetakan. Oleh karena itu, pekerjaan ini cocok untuk seorang introvert.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tempat Kerja yang Tepat

Admin Sosial Media

Saat ini banyak beredar toko online atau online shop di sosial media. Baik itu yang buatan bangsa sendiri maupun yang berasal dari luar negeri. Setiap online shop tentu memerlukan peran seorang Admin untuk mengelola sosial medianya.

Bukan hanya online shop saja, berbagai perusahaan, lembaga atau instansi pemerintah, nGo atau non Government hingga publik figur membutuhkan jasa seorang Admin untuk aktivitas di sosial medianya. Sebab sosial media memang memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan masyarakat.

Tugas seorang Admin sosial media di antaranya mempromosikan produk atau jasa yang dijual dan menjawab pertanyaan dari konsumen. Dalam hal ini Admin sosial media tidak perlu banyak berinteraksi dengan konsumen, karena ia hanya ditugaskan untuk menjawab pertanyaan seperlunya saja. Karena itulah, Admin sosial media cocok sebagai profesi untuk introvert.

Petugas Data Entry

Pekerjaan sebagai petugas data entry membutuhkan tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang cukup tinggi. Sebab salah memasukkan satu data saja akan berpengaruh pada data yang lainnya. Karena itu, petugas data entry biasanya bekerja sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Apa sajakah yang diinput oleh petugas data entry?

Berbagai macam data. Seperti data penelitian, data kependudukan, produk dagangan ke market Place dan lain-lain. Jumlah yang di-entry tersebut tidaklah sedikit, namun cenderung banyak. Bisa puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaan data lebih.

Pekerjaan ini cocok untuk seorang introvert karena tidak diharuskan banyak berinteraksi dengan orang lain dan mampu berkonsentrasi penuh dengan bekerja sendiri.

Akuntan

Profesi untuk introvert berikutnya ialah akuntan. Profesi ini bertanggung jawab atas data keuangan suatu perusahaan atau lembaga. Ilmu akuntan memerlukan ketelitian tingkat tinggi dan kepandaian dalam berhitung. Biasanya seorang akuntan bekerja sendiri untuk menyelesaikan olah datanya. Bila harus melakukan interaksi dengan orang lain, umumnya hanya orang-orang tertentu saja.

Posisi akuntan di suatu tempat biasanya hanya diisi oleh seseorang dengan latar belakang pendidikan akuntansi, entah itu dengan minimal lulusan SMK atau D1/D2/D3/S1 jurusan akuntansi. Jadi, buat kamu yang lulusan akuntansi dan cenderung introvert, maka cobalah untuk bekerja sebagai akuntan.

Baca juga: Tipe Perusahaan yang Cocok dengan Kamu

Tentukan Profesi Impianmu Sejak Dini

Kesuksesan tidaklah hanya melekat pada profesi yang menurut banyak orang hebat. Misalnya dokter, pengusaha, dosen dan sebagainya. Yang hampir semuanya membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain.

Kesuksesan ialah saat kita mampu meraih dan menebarkan banyak kebaikan serta meminimalkan kerugian yang mampu mengenai diri. Tidak hanya soal jumlah materi atau tingkat popularitas saja.

Lihatlah di luar sana, banyak penulis, admin sosial media, akuntan dan profesi untuk introvert lainnya yang berhasil meraih kesuksesan gemilang. Jadi, jangan patah semangat dan merasa rendah diri!

Beberapa profesi di atas hanyalah rekomendasi. Kamu yang cenderung introvert tentu memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi apa yang kamu cita-citakan, seperti dokter, guru, pengusaha dan sebagainya.

Tak apa bersikap introvert, namun jangan berlebihan ya! Ada kalanya berinteraksi dengan banyak orang itu penting dan menyelesaikan pekerjaan dengan kemampuan sendiri juga perlu. Semangat!

Setelah kamu membaca artikel diatas, saatnya kamu bergerak untuk mendapatkan pekerjaan di tempat yang tepat. Segera cari dan dapatkan tempat kerja terbaik sesuai kriteria kamu di Urbanhire. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Job Alert untuk mendapatkan notifikasi  pekerjaan yang tepat sesuai kriteria kamu.