Leader VS Bos

Pastinya, siapapun bangga saat telah menjadi seorang bos. Siapa sih sebenarnya seorang bos? Biasanya, bos membawahi beberapa departmen, sehingga seorang general manajer telah pantas menyandang predikat sebagai bos. Tetapi, seorang bos juga adalah pemilik perusahaan yang mungkin baru saja ia dirikan, dimana ia mungkin hanya membawahi 10 karyawan. Sebenarnya, menjadi bos bisa saja lebih mudah ketimbang menjadi seorang leader. Bos yang baik, pastinya adalah seorang leader yang cakap.

Definisi Leader vs Bos Tak Banyak Dipahami

Oke, kini kita bahas tentang perbedaan mendasar tentang bos dan juga leader. Definisi leader adalah seorang pemimpin, dimana kesan seorang pemimpin adalah mereka yang ditunjuk untuk memimpin sebuah organisasi atau tim. Sesuai dengan istilahnya, seseorang dapat dianggap sebagai seorang pemimpin apabila ia memiliki kemampuan untuk dapat memimpin timnya dalam menyelesaikan pekerjaan sebagai ‘team work’. Hal ini tentu sangat berbeda dengan bos, yang berperan sebagai pemberi instruksi dan menantikan laporan penyelesaian pekerjaan dari tim yang dipimpinnya.

Kewajiban Pemimpin alias Leader

Pada dasarnya, pemimpin tentu berkewajiban untuk bertanggung jawab akan keberhasilan sebuah tim. Kita sering melihat bagaimana seorang manajer tim sepakbola yang siap mundur saat timnya mengalami keterpurukan dalam kurun waktu yang beruntun. Perannya adalah sebagai seorang leader. Sedangkan pemilik tim sepakbola adalah bos yang menuntut keberhasilan tim serta manajernya karena ia telah mengeluarkan dana sangat besar untuk operasional tim tersebut.

Seorang leader bukan sekedar memberi instruksi dan menggunakan kekuasaannya.Ia akan menuntun tim yang dipimpinnya dan memberikan dukungan untuk mewujudkan keberhasilan tim. Ia memberikan arahan sekaligus ikut terjun dalam perjuangan tim hingga garis akhir. Dengan kata lain, seorang leader tidak hanya berfokus pada hasil akhir dari perjuangan timnya, tetapi juga pada proses pencapaian.

Sedangkan bos, biasanya memanggil anak buahnya untuk meminta pertanggungjawaban akan hasil yang telah dicapai. Memang, bos tak selalu memerintah tanpa memedulikan proses pencapaian tim. Akan tetapi, seorang bos tidak terlibat dalam proses pencapaian. Bos pun jarang memberikan motivasi di tengah proses pencapaian.

Perbedaan krusial yang sangat membedakan peran leader vs bos adalah tingkat kemampuan dalam bertanggung jawab. Nah, bingung membedakannya? Bukankah bos juga bertanggung jawab akan keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya?

Seorang bos mendelegasikan tanggung jawab kepada seseorang yang dianggap sebagai pemimpin tim. Nah, saat pertanggungjawaban ini didelegasikan kepada ketua tim, maka ia dan rekan-rekan setim yang akan dipersalahkan, apabila pencapaian tak sesuai dengan keinginan bos. Tak jarang, bos hanya akan berfokus pada kegagalan tim dalam mencapai target, tanpa peduli kesulitan yang dihadapi oleh tim ini. Pada akhirnya, bos akan mengganti pimpinan tim dengan yang baru, tanpa memecahkan masalah inti yang sebenarnya menjadi penyebab utama kegagalan pencapaian. Padahal, bos akan menjadi sosok yang berprestasi saat timnya berhasil mencapai target.

Sebaliknya, seorang pemimpin akan berusaha mencari solusi untuk memperbaiki kesalahan, tanpa harus mencari kambing hitam. Seorang leader memiliki insting untuk menciptakan strategi baru saat terjadi kesalahan dalam tim. Leader atau pemimpin yang baik tak ragu mengakui kesalahan meski tak ingin terus berkubang di dalamnya. Bahkan, seorang pemimpin sanggup menerima kritik tanpa perlu menghujani anak buah dengan berbagai macam kritik saat gagal mencapai target.

 


Ingin cari pekerjaan? Cek Urbanhire.com untuk menemukan berbagai lowongan pekerjaan di beragam perusahaan dengan berbagai macam posisi. Dan juga, jangan lupa untuk follow instagram Urbanhire disini supaya kamu tahu update terbaru dan buat profil Urbanhire kamu disini.