Mencari pekerjaan bukan hal yang mudah. Wajar saja bila mereka yang sedang mencari pekerjaan seolah-olah tidak kenal waktu. Kapanpun ada kesempatan pasti akan digunakan sebaik-baiknya untuk mencari pekerjaan.

Sebagian besar orang akan mulai membuat resolusi untuk tahun baru termasuk membuat resolusi pekerjaan. Namun, orang-orang cenderung mulai melakukan resolusi mereka pada bulan Januari dan tetap menggunakan bulan Desember untuk berlibur. Tidak heran bila pada bulan Januari, pencarian pekerjaan akan meningkat dan persaingan antar pencari kerja juga ikut meningkat. Hal ini membuat bulan Januari bukanlah waktu yang tepat untuk mulai mencari pekerjaan. Sebenarnya apakah ada waktu terbaik untuk mencari kerja?

Dari semua bulan dalam setahun, bulan Desember adalah yang paling baik bila kamu ingin mencari pekerjaan. Berdasarkan situs pencarian kerja terbesar didunia, pencarian pekerjaan meningkat secara drastis pada bulan Januari. Nah, meskipun pencarian kerja dan iklan lowongan paling banyak muncul pada bulan Januari, namun justru pertengahan bulan Desember menjadi waktu terbaik untuk mencari pekerjaan. Hal ini karena perusahaan banyak memberikan bonus pada pegawai, kemudian pegawai banyak yang memilih pindah setelah mereka menerima bonus.

Meskipun Desember identik dengan hari libur, namun bukan berarti kamu bisa berhenti mencari pekerjaan pada bulan liburan ini. Berikut ini beberapa alasan untuk tetap mencari kerja pada bulan Desember dan mengapa bulan tersebut ada yang terbaik dari sepanjang tahun.

Persaingan yang lebih rendah

Sebagian besar orang akan lebih memilih untuk berlibur pada bulan Desember daripada mencari pekerjaan. Hal ini berarti persaingan mendapatkan pekerjaan akan lebih rendah. Sehingga kemungkinan kamu diterima bekerja lebih besar dibanding pada bulan Januari atau Februari. Persaingan yang lebih rendah juga memungkinkan perekrut untuk membaca lamaranmu dengan lebih teliti karena jumlah lamaran yang diterima lebih sedikit. Percayalah, tidak ada yang lebih baik dari persaingan yang rendah saat sedang mencari pekerjaan.

Banyak lowongan tersedia

Pada bulan Desember, banyak perusahaan mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja untuk tahun berikutnya. Sehingga saat tahun sudah berganti, kebutuhan karyawan sudah terpenuhi dan mereka tidak perlu lagi mengadakan rekrutmen. Selain itu, banyak perusahaan yang menargetkan bila suatu posisi sudah harus terisi sebelum bulan Januari. Sehingga saat bulan Januari, perusahaan sudah bisa bekerja dengan optimal seperti biasa. Memanfaatkan situasi ini, pencari kerja harus bisa membaca perusahaan mana yang sekiranya membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak diakhir tahun.

Banyak peluang networking

Banyaknya perayaan dan hari libur dalam bulan Desember memberikan peluang networking bagi pencari kerja. Banyak perusahaan yang menjadwalkan pesta atau gathering karyawan di bulan ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun hubungan profesional yang baik dengan saudara atau teman sehingga lebih mudah mendapatkan relasi baru. Siapa tahu jalan pekerjaan kamu terbuka dengan mendapatkan koneksi yang baru.

Menunjukkan ketekunan

Saat kamu terus berusaha mendapatkan pekerjaan pada musim liburan, anda akan terlihat menonjol. Perekrut akan melihat ketekunan dan fokus kamu dalam mencari pekerjaan disaat sebagian besar orang lainnya sedang sibuk berlibur. Dedikasi dan ketekunanmu dinilai sebagai salah satu sifat kerja produktif yang diinginkan banyak perusahaan.

Perekrut mempunyai mood yang baik

Karena bulan Desember adalah bulan perayaan dan liburan, semua orang sedang bersuka cita, tidak terkecuali perekrut. Berdasarkan survei, perekrut cenderung mempunyai mood yang baik dan ceria saat mendekali masa liburan. Hal ini jelas akan memudahkan kamu saat maju ke sesi wawancara.

Selangkah lebih maju

Saat orang lain menunggu bulan Januari untuk melamar pekerjaan, kamu sudah melakukannya di Bulan Desember. Hal ini tentu menjadikan selangkah lebih maju dari orang lain. Selain itu, banyak perusahaan yang membutuhkan pegawai untuk ditempatkan pada posisi yang kosong pada bulan Desember. Dengan tingkat persaingan yang rendah, kamu akan mempunyai peluang diterima yang lebih besar.

Susah mendapatkan pegawai terbaik

Saat akhir tahun, perusahaan merasa kesulitan untuk mendapatkan pegawai yang terbaik. Hal ini karena sebagian besar orang lebih memilih untuk berlibur daripada mencari pekerjaan. Selain itu, akhir tahun juga menjadi kesempatan karyawan terbaik untuk resign setelah menerima bonus. Sehingga tidak jarang perusahaan yang membuat lowongan pekerjaan pada bulan Desember dengan harapan mereka akan mendapatkan karyawan terbaik dengan lebih mudah dari sedikit kandidat yang masuk. Kondisi ini jelas menjadi peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

Dalam sebuah survei yang dilakukan kepada lebih dari 500 manajer perekrut dan sumber daya manusia, lebih dari 94% menyarankan agar pencari kerja meningkatkan usaha pencarian mereka hingga akhir tahun. Hal ini membuktikan bila bulan Desember bukan sekedar bulan berlibur dan perayaan saja, namun juga bisa menjadi salah satu waktu untuk memulai suatu pekerjaan. Waktu terbaik dalam bulan Desember untuk mencari kerja adalah pada hari Selasa pada jam kerja. Pada hari ini, peluang lamaran anda dilihat perekrut semakin besar. Bila kamu melihat iklan lowongan pekerjaan saat sore atau malam hari, kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu kebutuhan dokumen kemudian mengirimkannya pada esok hari di jam kerja. Dengan begitu, kemungkinan lamaranmu tertumpuk dengan yang lain lebih sedikit.

Tidak salah rasanya bila Desember mendapat julukan Desember ceria karena banyak libur dan perayaan. Selain itu, bulan ini juga menjadi awal yang bagus untuk tetap melanjutkan mencari kerja dengan harapan saingan yang semakin sedikit. Cari kerja? Lewat Urbanhire aja! Lebih dari 18.000 lowongan yang terbuka! Buat akun Urbanhire dan lengkapi profilmu sekarang juga!