Vooya 3 Keuntungan Magang di Perusahaan Startup

Bagi kamu yang baru mulai meniti karir, faktor kondisi lingkungan magang atau kerja perlu menjadi salah satu kriteria utama sebelum kamu melamar ke sebuah perusahaan. Di saat perusahaan-perusahaan besar memiliki sistem yang sudah berjalan baik, perusahaan start-up memberikanmu kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak untuk membangun dan mengembangkan bisnis dan sistem perusahaan. Sebagai orang yang baru mejajaki dunia kerja, kamu membutuhkan tempat yang bisa memberikanmu kesempatan untuk mengeksplor potensi diri, sambil belajar banyak hal. Di sini kita akan menggali berbagai keuntungan yang bisa kamu dapat dari magang di perusahaan start-up.

  1. Lingkungan kerja di perusahaan start up mendukung eksplorasi diri dan kontribusi aktif

Perusahaan start-up umumnya dipenuhi orang-orang yang giat mengeksplor kreativitas, penuh inspirasi, mengedepankan aktualisasi diri, dan punya keinginan besar untuk mendapat pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya. Maka gak usah heran kalau magang di start-up, kamu akan menemukan banyak teman-teman yang rentang umurnya tidak jauh berbeda dari fresh graduates, yang rata-rata masih menempatkan prioritas kerjanya untuk eksplorasi dan belajar. Kondisi seperti ini akan mendukung kinerja kamu agar lebih dinamis dan progresif, berhubung tuntutan dan target perusahaan start up juga umumnya lumayan gede!

Lingkungan kerja di perusahaan start-up juga lazimnya sangat mendukung para karyawannya untuk berdiskusi satu sama lain, bertukar ide dan wawasan. Kamu bisa gunakan kesempatan seperti ini untuk menggali ilmu dari berbagai individu yang passionate di bidangnya masing-masing, serta berkontribusi pikiran untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

 

  1. Scope pekerjaan dan tanggung jawab lebih besar

Magang di lingkungan perusahaan start-up juga membuatmu berkesempatan mendapat tanggung jawab lebih besar, lho. Karena rata-rata jumlah karyawannya masih sedikit, kamu mungkin bakal dikasih scope kerja yang cukup besar sebagai seorang intern. Tidak hanya bertugas membuat fotokopi dokumen, merapikan arsip, atau hal-hal kecil lainnya, dalam sebuah perusahaan start-up, kamu pun bisa saja punya kesempatan untuk berkolaborasi dalam proyek business development perusahaan.

Jumlah pegawai yang sedikit menuntut setiap individu dalam perusahaan start-up selalu siap untuk multi-tasking. Kamu sebagai intern mungkin juga akan diminta mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang terbatas, dan menentukan prioritas dalam mengerjakan tugas. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan besar yang sistem operasinya sudah tertata rapi, kamu punya kesempatan untuk berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan sistem operasi sebuah perusahaan start-up sambil belajar.

Kesempatan berkolaborasi dengan karyawan dari divisi-divisi lain dalam perusahaan juga sangat terbuka, sehingga kamu bisa belajar skill-skill baru dalam waktu singkat. Bukan enggak mungkin selama kamu magang, kamu bisa memperdalam skill Microsoft Office untuk kebutuhan project management, marketing & sales skills, skill pemrograman dan mobile-app development, sampai kepada finance dan human resources.

Kesempatan kerja bareng dengan bos besar atau owner perusahaan juga pastinya bakal terbuka lebar dong! Kenali karakter dan passion mereka, dan pelajari pula kiat-kiat mendirikan sebuah perusahaan start-up dari apa yang sudah mereka kerjakan.

Jika kinerjamu dinilai cukup baik, di akhir masa magang, kadang perusahaan start-up bisa menawarkan kesempatan untuk kamu menjadi pegawai tetap mereka juga!

 

  1. Lingkungan kerja lebih santai dan fleksibel

Umumnya perusahaan start-up sangat menghargai kreativitas dan inspirasi dari setiap pegawainya. Oleh karenanya lingkungan kerja di perusahaan start-up juga sengaja dibuat lebih santai dan penuh dengan sarana pendukung kreativitas. Enggak jarang sebuah perusahaan start-up menyediakan game consoles, meja ping pong, ayunan gantung atau beragam papan permainan, yang diharapkan dapat membantu karyawannya dalam mengumpulkan ide-ide pendukung untuk menyelesaikan tugas yang ada.

Area kerjanya pun dikelola sedemikan rupa agar setiap pegawai bisa bebas berinteraksi dengan anggota tim lainnya, dan diharapkan bisa menambah rasa kekeluargaan dalam tim.

 

Gimana? Seru kan? Bagi kamu yang udah siap untuk menggali kesempatan di sebuah perusahaan start-up, yuk lanjut cek kesempatan seru magang di Vooya: Learning without Borders. Vooya membantu individu muda mengeksplor passion dan potential mereka melalui study tour berbasis learning-by-doing, di tempat-tempat seru seperti London, Tokyo dan Sydney.

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!