Belajar hingga jenjang perguruan tinggi bagi setiap orang yang menjalaninya, tujuan utamanya tentu saja adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, yang sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dikuasai. Namun, tidak jarang tawaran kerja tidak sesuai ekspektasi. Tidak sesuai dengan yang diharapkan, bahkan sangat jauh dari impian yang hendak diraih. Pada akhirnya, menolak kerja merupakan langkah yang harus diambil oleh para sarjana yang baru saja diwisuda (fresh graduate), agar tidak merasakan kekecewaan di kemudian hari. Berikut ini ciri-ciri tawaran kerja yang sebaiknya ditolak.

  1. Tidak sesuai dengan ilmu yang dikuasai

Mumpung masih fresh graduate, pilih-pilih pekerjaan merupakan langkah cerdas. Jangan asal menerima tawaran kerja dengan alasan takut tidak mendapatkan pekerjaan. Apalagi era persaingan yang ketat, membuat banyak orang berburu pekerjaan di berbagai tempat. Jika tawaran kerjanya tidak sesuai dengan ilmu yang dikuasai, sebaiknya ditolak. Tetaplah memiliki idealisme untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang dikuasai, sesuai dengan mata kuliah yang dipelajari, dan tentu saja sesuai dengan gelar sarjana yang baru saja disandang.

Jika beberapa pihak menawarkan pekerjaan secara langsung kepada Anda, namun tidak sesuai dengan ilmu yang Anda kuasai, sikapi saja dengan tegas. Sampaikan penolakan dengan bahasa yang halus dan sopan sambil mengungkapkan alasan Anda; yakni Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang Anda pelajari. Dengan cara ini Anda akan lebih nyaman dan tetap berpeluang mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan ilmu Anda.

  1. Tidak menjanjikan jenjang karier yang jelas

Sebagai sarjana baru, dengan energi yang masih prima, dengan pikiran serta ide yang brilian, Anda harus berpikir jernih saat mendapatkan tawaran kerja. Tanyakan kepada pihak yang menawarkan pekerjaan, apakah pekerjaan yang hendak Anda jalani tersebut memberikan kesempatan untuk meniti karier dengan baik. Banyak jenis pekerjaan yang tidak menjanjikan apa-apa selain Anda memperoleh gaji tiap bulan, dan syukur-syukur, mendapatkan bonus atau uang lembur. Sebagai fresh graduate, Anda perlu memiliki cita-cita menduduki jabatan tertinggi di lingkungan pekerjaan. Dengan demikian, saat mendapatkan tawaran kerja, pastikan terdapat peluang Anda meniti jenjang karier yang jelas dan transparan. Jika pihak yang menawarkan pekerjaan tidak bisa menjanjikan apa pun, terutama yang berkaitan dengan jenjang karier, sebaiknya Anda menolaknya.

Jangan tergiur dengan pekerjaan yang mudah dilakukan, misalnya, namun karier Anda akan berhenti di tengah jalan. Anda hanya akan menjadi pekerja biasa, tanpa mendapatkan kesempatan untuk menjadi atasan atau mendapatkan pangkat tertinggi di pekerjaan yang hendak Anda jalani. Sikapi hal ini dengan tegas. Tolaklah secara halus dan sampaikan alasan-alasan penolakan Anda dengan tegas, penuh percaya diri, namun tidak dengan bahasa yang menyinggung perasaan pihak yang menawarkan pekerjaan.

  1. Gaji dan fasilitas tidak sesuai dengan beban kerja

Meski baru lulus dan belum memiliki pengalaman, Anda tetap harus berfikir penghasilan yang hendak Anda terima, termasuk fasilitas yang nantinya Anda nikmati, ketika mendapatkan tawaran kerja. Jika Anda merasa gaji dan fasilitas yang dijanjikan tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaannya, Anda sebaiknya menolak. Sebagai sarjana baru dengan penguasaan ilmu yang memadai, jangan relakan diri Anda bekerja tanpa mendapatkan penghargaan yang layak. Salah satu bentuk penghargaan yang layak tersebut dalam bentuk penghasilan atau gaji yang Anda terima, termasuk fasilitas yang Anda dapatkan.

Anda masih bisa memilih pekerjaan lain yang sesuai dengan latar belakang ilmu Anda, yang memiliki jenjang karier jelas, dan gaji serta fasilitas yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan Anda. Tolaklah tawaran kerja yang hanya akan membuat Anda tidak nyaman bekerja karena gaji kecil dan fasilitas minim, namun pekerjaan menumpuk. Sikapi dengan tegas, namun tetap dengan ketenangan hati dan pikiran, sehingga Anda bisa memberikan penolakan tanpa menyakiti pihak yang memberikan tawaran kerja.

  1. Lingkup pekerjaan yang terlalu luas

Menolak kerja juga bisa Anda lakukan jika lingkup pekerjaan yang ditawarkan terlalu luas. Misalnya, Anda diminta menguasai bidang produksi, sekaligus bekerja sebagai tenaga pemasaran, dan terlibat juga dalam pekerjaan periklanan. Meski mendapatkan tawaran gaji yang besar, sebaiknya pekerjaan jenis ini ditolak, apalagi Anda baru lulus atau sebagai sarjana baru. Lingkup pekerjaan yang terlalu luas mudah membuat Anda stres, bahkan frustrasi, apalagi jika Anda bekerja di bawah tekanan. Meski gaji besar, jika deskripsi pekerjaan Anda terlalu luas, energi dan kreativitas Anda mudah rontok. Anda mudah kelelahan dan pada akhirnya tidak fit sehingga aktivitas Anda terganggu.

Jika Anda mendapatkan tawaran kerja dengan lingkup tanggung jawab yang terlalu luas, lebih baik ditolak. Sikapi ini dengan tegas melalui cara Anda memberikan alasan penolakan. Sampaikan saja bahwa Anda ingin bekerja lebih fokus di satu bidang terlebih dahulu, baru kemudian, merambah ke bidang lain. Cara bertahap namun terarah dan terukur ini membuat Anda lebih bisa mempelajari seluk-beluk pekerjaan dan pada akhirnya Anda bisa mengembangkannya dengan baik.

Sering kali tidak mudah menolak kerja, apalagi di era yang membuat Anda sulit mendapatkan pekerjaan. Ungkapan “Yang penting kerja dulu” bisa memengaruhi keputusan Anda dan membuat Anda salah pilih, lalu terjebak pada rutinitas kerja yang tidak Anda sukai. Lebih buruk lagi, ketika Anda sudah terjebak pada ikatan kontrak kerja yang menyulitkan Anda untuk keluar dari pekerjaan sewaktu-waktu. Untuk itu, beranilah menolak tawaran kerja jika Anda merasa belum siap atau tawaran tersebut tidak masuk akal, dan hanya akan membuat Anda kecewa dan merasa dirugikan.

Pilihlah pekerjaan yang sesuai kemampuan dan kemauanmu, jangan sampai terpaksa untuk melakukan pekerjaan yang bukan kehendakmu! Jika kamu masih membutuhkan pilihan kerja lainnya, coba cari pekerjaan melalui Urbanhire. Jangan lupa juga untuk melengkapi profil Urbanhire-mu supaya perusahaan yang kamu lamar dapat dengan mudah mendapatkan informasi lengkap tentang dirimu!