Urbanhire Jobseeker

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Manajer

6

Nov 2019

Blog

Urbanhire – Posisi seorang manajer memang yang paling digemari dan dinanti-nantikan oleh karyawan di perusahaan manapun.  Posisi ini adalah awal proses untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi dalam dunia kepemimpinan.  Di posisi manajer ini lah kamu bisa mengembangkan bakat dan belajar untuk menjadi pimpinan dari tim kerja kamu.

Tak hanya itu, perlu kamu ketahui juga keterampilan manajer yang akan membantu kamu mengemban tugas-tugas perusahaan.  Seorang manajer bertanggung jawab untuk mengawasi dan memimpin pekerjaan sekelompok orang dalam banyak hal.  Kamu juga diberi kepercayaan lebih oleh atasan untuk tugas dan tanggung jawab lebih dan juga gaji yang lebih.

Jadi, apa saja keterampilan manajer yang harus kamu kuasai?  Ini akan memudahkan kamu untuk bekerja secara maksimal dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan dan juga menjadi pimpinan yang terbaik untuk tim kamu.

1. Keterampilan Berdelegasi

Delegasi adalah tindakan meneruskan tugas dan wewenang yang terkait dengan pekerjaan kepada tim kerja atau karyawan lainnya.  Dalam proses ini, melibatkan tugas-tugas kamu sendiri atau karyawan kamu untuk ditugaskan kembali atau dialokasikan kembali ke karyawan lain tergantung pada beban kerja saat ini.

Target kerja akan diberikan oleh pihak perusahaan untuk dikerjakan.  Tugas manajer adalah untuk mendelegasikan target kerja tersebut dengan cara menyerahkan tugas kepada tim member atau karyawan sesuai kemampuan masing-masing.  Jika sudah melaksanakan tugas masing-masing dengan baik, maka target kerja perusahaan akan tercapai.

Baca juga : Tips Kreativitas: Tips Mengelola Kreativitas Dalam Suatu Industri

2. Keterampilan Teknik

Seperti kata teknik, keterampilan ini tidak hanya melibatkan penggunaan komputer, membuat kode program, mesin operasi dan perangkat lunak, alat produksi, dan peralatan.  Keterampilan ini juga diperlukan untuk meningkatkan penjualan, merancang berbagai jenis produk dan layanan, dan memasarkan layanan dan produk.

3. Keterampilan Konseptual

Keterampilan manajer yang satu ini melibatkan pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir abstrak dan merumuskan ide-ide.  Selain itu, seorang manajer harus dapat melihat keseluruhan konsep, menganalisis dan mendiagnosis masalah, serta menemukan solusi kreatif atas tugas yang diberikan.

Keterampilan konseptual yang dimiliki seorang manajer yang baik adalah memberikan visi dan misi yang jelas kepada tim kerja atau karyawan lainnya.  Dengan visi dan misi tersebut diharapkan memberikan peluang kinerja yang terbaik untuk melaksanakan program kerja yang sukses.

4. Keterampilan Kepemimpinan

Bahkan untuk memimpin orang lain pun dibutuhkan keterampilan.  Keterampilan kepemimpinan yang perlu kamu terapkan adalah bagaimana cara agar tim kerja dan karyawan lainnya mempercayakan semua tugas kepemimpinan kepada kamu. 

Dengan keberanian, tanggung jawab tinggi, ketegasan, dan perilaku yang baik, maka orang-orang akan menghargai sikap kepemimpinan kamu.  Selain itu, kamu tidak boleh terpengaruh oleh apapun yang bukan menjadi visi dan misi tim khusus kamu.

5. Keterampilan Komunikasi

Nah, mengetahui cara berkomunikasi yang baik adalah salah satu keterampilan manajer yang sangat penting.  Mengapa?  Karena akan sangat berpengaruh pada kepercayaan tim member kamu atau karyawan lainnya agar kamu dapat memimpin mereka semua.

Keterampilan komunikasi yang baik ini juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan antara manajer dan tim kerja.  Tak kalah pentingnya adalah berinteraksi dengan klien ataupun orang lain selain tim kerja kamu.  Dengan kata-kata yang persuasif, sopan, dan bersahabat tentu saja akan meningkatkan rasa saling menghormati dengan semua orang yang terlibat.

Baca juga : Jadi, Keterampilan Apa yang Paling Penting Menurut HR?

6. Keterampilan Memotivasi

Memotivasi tim kerja kamu adalah keterampilan manajer berikutnya.  Agar semua member atau karyawan bekerja dengan baik dan maksimal, berikan motivasi yang kuat untuk mereka.  Memberikan semangat selalu agar mereka cepat menyelesaikan tugas dengan baik dan juga memberikan hadiah bagi yang berprestasi, adalah sedikit contoh dari keterampilan motivasi.  Tak lepas juga dari tanggung jawab kita untuk memberi contoh yang baik bagi tim member atau karyawan kita.

7. Keterampilan Membuat Keputusan

Manajer membuat banyak keputusan, baik secara langsung atau tidak langsung.  Membuat keputusan adalah komponen kunci dalam kesuksesan seorang manajer. 

Alhasil, keputusan yang buruk akan membuat citra perusahaan menjadi buruk.  Sebaliknya, keputusan yang bagus akan membuat sukses tim kamu sendiri dan juga keberhasilan itu akan membuat dampak yang baik untuk perusahaan.

8. Keterampilan Perencanaan

Membuat rencana akan sesuatu adalah salah satu keterampilan manajer yang sangat penting.  Perencanaan akan mengarahkan segala sesuatunya agar target kerja menjadi on schedule dan selesai tepat pada waktunya. 

Proses perencanaan termasuk mengidentifikasi dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai, mengembangkan strategi yang diperlukan, dan menguraikan tugas dan jadwal tentang cara mencapai tujuan yang ditetapkan.  Lalu, perencanaan tersebut harus disetujui bersama agar semua dapat melakukan tugasnya masing-masing dengan baik agar tidak ada miscommunication

Di dalam aturan manajemen yang sukses, semua keterampilan manajer disebutkan diatas sangat penting untuk menjalankan perusahaan dengan baik dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.  Namun, karena sesuatu dan lain hal, adanya perubahan strategi atau perencanaan terjadi secara mendadak, disinilah tantangan kamu sebagai manajer akan dinilai.

Kemampuan untuk mengatasi masalah demi masalah harus kamu atasi dengan sigap.  Dengan mengantisipasi adanya kemungkinan terjadi suatu masalah dalam melaksanakan suatu tugas, harus kamu pikirkan juga.  Buatlah dalam jadwal kerja kamu bagaimana akan mengatasi masalah jika terjadi.

Baca juga : 5 Kriteria Menjadi Bos Idaman

Nah, jika terjadi ketidaksepakatan antara kamu dan atasan kamu, bijaklah dalam berkomentar.  Apapun keputusan kamu, sebaiknya melaporkannya kepada atasan agar diberi tanggapan yang jelas. 

Jangan lupa setidaknya untuk mendapatkan feedback dari tim member kamu mengenai keterampilan manajer kamu.  Ini akan membuat kamu menjadi manajer yang lebih baik lagi. 

Cari pekerjaan? Cek lowongan pekerjaan di Urbanhire sekarang! Ada lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka dan siap untuk kamu lamar! Buat akun dan lengkapi profil Urbanhire mu juga ya!