Urbanhire Jobseeker

Kesalahan Fresh Graduate Yang Sering Dilakukan

8

Jul 2020

Blog

Urbanhire – Ada beberapa kesalahan fresh graduate yang dilakukan ketika mereka mulai memasuki dunia kerja. Mungkin kamu juga pernah melakukannya atau sedang melakukannya. Kesalahan ini dapat membuatmu sulit untuk mendapatkan karier impianmu. Dan terkadang kesalahan ini bisa dianggap sepele tapi sangat berpengaruh kedepannya. Nah apa saja kesalahannya?

Tidak Punya Rencana Karier

Kesalahan fresh graduate pertama yang sering dilakukan adalah tidak memiliki rencana karier yang matang. Pasti banyak diantara teman-temanmu atau bahkan kamu saat ini memiliki pemikirian “asal kerja”. Nah pemikiran ini sangat tidak bagus ya Urbangen, ini merupakan sebuah kesalahan. Kamu sebagai fresh graduate perlu memiliki rencana karier meski kamu belum memiliki pengalaman kerja. Kamu harus menargetkan jenjang karier kamu. Dimulai ingin bekerja dimana dan sebagai apa. Usahakan sejalan dengan apa yang kamu pelajari waktu kuliah. Jika rencana tersebut belum berhasil kamu harus memiliki rencana cadangan atau pilihan kedua, ketiga dan keempat. Ingat ya usahakan sejalan dengan apa yang kamu pelajari di bangku perkuliahan.

Cuma Menunggu

Kesalahan fresh graduate yang kedua adalah cuma menunggu saja tanpa berusaha apapun. Mungkin ini yang sering terjadi, menunggu dan bermalas-malasan jika sudah melamar di berbagai tempat. Ini juga salah ya UrbanGen. Sebaiknya kamu memanfaatkan waktu menunggu tersebut untuk meningkatkan keahlianmu dan mengeksplor diri kamu. Kamu juga bisa mengambil program magang yang banyak ditawarkan oleh perusahan-perusahaan. Jangan malu untuk memulai karier dari magang karena dari magang kamu bisa meningkatkan nilai dan keahlian kamu

CV/Resume Ala Kadarnya

CV/Resume yang ala kadarnya atau tidak relevan yang penting penuh adalah kesalahan fresh graduate yang masih sering dilakukan ketika ingin melamar pekerjaan. Jika kamu masih membuat CV/resume yang seperti ini, akan membuat rekruter atau HR bingung dan malas untuk membacanya. Karena informasi yang kamu berikan tidak padat dan terlalu melebar. Usahakan menuliskan informasi yang masih berhubungan dengan lowongan yang kamu lamar dan pengalaman terbaru.

Ekspektasi Yang Terlalu Tinggi

Kesalahan fresh graduate  yang sering dilakukan adalah terlalu berekspektasi. Ketika sedang interview sebaiknya kamu menjawab apa yang kamu kuasai dan jangan meminta gaji di luar standar gaji para fresh graduate di perusahaan tersebut. Ingat kalian masih menjadi fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja dan ingin langsung mendapatkan gaji yang tinggi. Semua butuh proses jadi kamu harus sabar dan tetap berusaha ya.Itulah empat kesalahan yang sering dilakukan oleh lulusan baru. Nah untuk memulai karier yang cemerlang kamu bisa memulai dengan membuat akun di Urbanhire. Kamu bisa membuat profilmu layaknya pekerja profesional dan tentunya banyak lowongan dari perusahaan yang terpercaya